ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Apa itu Teknologi NFC Yang di HP Android?

Redmi Note 8T NFC Feature

Gadgetren – Pada smartphone kelas menengah hingga atas masa kini biasanya sudah tersemat fitur yang bernama NFC. Meskipun sudah mulai populer di Indonesia, namun sebagian orang masih belum mengetahui fungsinya?

NFC sendiri adalah kepanjangan dari Near Field Communication yang memungkinkan terjadinya komunikasi antara dua smartphone atau perangkat dengan cara mendekatkan keduanya pada jarak dekat atau beberapa cm saja.

Dengan hadirnya NFC pada smartphone memungkinkan penggunanya melakukan transfer data, pembayaran digital, membuka kunci smartphone, melihat saldo e-money, dan mengisi saldo e-money.

Fungsi dan Cara Menggunakan NFC

Untuk mengaktifkan fungsinya sebagai mentransfer data ini cukup mudah dimana dua smartphone yang memiliki NFC disentuhkan satu sama lain sehingga fitur NFC aktif dan dapat langsung mentransfer data yang diinginkan oleh kedua penggunanya, misalnya video, foto, dokumen, hingga musik.

Bahkan penggunanya pun dapat mengubungkan lagu atau musik yang sedang dijalankan smartphone pada speaker maupun headset dengan teknologi NFC hanya dengan mendekatkannya saja. Selain itu, video atau presentasi yang sedang dijalankan di smartphone pun dapat dihubungkan ke Smart TV melalui koneksi NFC.

Sementara untuk pembayaran digital, biasanya smartphone dengan NFC ini memiliki beberapa layanan, seperti Google Wallet, Samsung Pay, Huawei Pay, dan masih banyak lagi untuk bisa mengintegrasikannya dengan mesin pembayarannya tersebut.

Meskipun sangat praktis menggunakan koneksi NFC untuk pembayaran, namun pengguna smartphone pun akan diminta memasukkan kata sandi, wajah untuk dipindai, atau sidik untuk dipindai agar dapat menjaga keamanan transaksi pembayaran digital tersebut.

Sementara itu, smartphone yang memiliki NFC pun bisa mengecek saldo e-money dari kartu beberapa Bank, seperti Mandiri, BCA, BNI, maupun BRI dengan menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di Google Play Store.

Menariknya, pengguna kartu e-money milik Mandiri bisa melakukan pengisian saldo hanya dengan menggunakan teknologi NFC di smartphone karena memiliki Bank Mandiri memiliki aplikasi yang mengizinkan hal tersebut.

Uniknya, smartphone dengan NFC ini pun bisa dibuka menggunakan eKTP karena memiliki fitur bawaan dari Android yang memungkinkan pembukaan kunci dengan menggunakan perangkat NFC yang sedang terhubung. Dengan kata lain NFC ini memiliki banyak fungsi yang memudahkan pengguna smartphone dalam melaksanakan aktivitas sehari-hari.

Biasanya sensor NFC ini hadir pada smartphone kelas menengah hingga atas, seperti Huawei P9, ASUS Zenfone 5, ASUS Zenfone 5Z, Huawei P20 Pro, Samsung Galaxy S9, Samsung Galaxy Note 9, dan masih banyak lagi. Sementara itu, iPhone pun memiliki fitur NFC yang biasanya hanya dapat digunakan untuk fasilitas pembayaran digital Apple Pay

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar