ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Menambah RAM Samsung Galaxy A24 Jadi Lebih Dari 8GB

Cara Menambah RAM Samsung Galaxy A24 Header

Gadgetren – Sebagai ponsel kelas menengah, Samsung Galaxy A24 hadir membawa berbagai fitur yang dapat membantu aktivitas rutin penggunanya menjadi lebih lancar.

Meskipun ponsel ini memiliki RAM yang berkapasitas besar mencapai 8 GB, namun Samsung tetap menyematkan fitur RAM Plus agar multitasking aplikasi dapat berjalan menjadi lebih lancar.

Pada saat aktif, RAM Plus akan mengizinkan sistem dari Samsung Galaxy A24 untuk meminjam ruang kosong dari penyimpanan internal menjadi RAM tambahan dengan pilihan 2 GB, 4 GB, 6 GB, atau 8 GB.

Dengan begitu RAM yang tersedia menjadi lebih banyak untuk digunakan multitasking sehingga aplikasi maupun game masih dapat berjalan di latar tanpa perlu ditutup.

Secara bawaan, fitur RAM Plus sendiri sudah aktif secara otomatis di Samsung Galaxy A24. Namun apabila kamu ingin mengatur kapasitas RAM tambahan sesuai dengan yang diinginkan dapat mengaturnya pada menu Settings bawaan ponsel.

Cara Menambah RAM Samsung Galaxy A24

  • Buka aplikasi Settings di Samsung Galaxy A24.
  • Pilih menu Battery and device care.
    Samsung Galaxy A24 - Tambah RAM - 1
  • Pilih opsi Memory.
    Samsung Galaxy A24 - Tambah RAM - 2
  • Pilih opsi RAM Plus.
    Samsung Galaxy A24 - Tambah RAM - 2-2
  • Selanjutnya, kamu dapat memilih kapasitas RAM Plus yang diinginkan.
    Samsung Galaxy A24 - Tambah RAM - 3
  • Lalu akan muncul menu pop-up Restart phone?
  • Tekan tombol Restart.
    Samsung Galaxy A24 - Tambah RAM - 4
  • Ponsel akan melakukan restart.
  • Tunggu hingga masuk ke sistem kembali.

Pada saat mengaktifkan fitur RAM Plus, bisa dibilang memang dapat membantu aktivitas multitasking agar aplikasi dapat berjalan menjadi lebih lancar. Dengan penyimpanan internal lega yang mencapai 128 GB, seharusnya tidak akan masalah ketika mengaktifkan RAM Plus hingga kapasitas tertinggi sekalipun.

Namun untuk berjaga-jaga, sebaiknya kamu tetap memperhatikan sisa dari kapasitas penyimpanan internal yang tersedia secara berkala. Apabila penyimpanan sudah tidak lagi banyak atau bahkan berada di titik kritis, sebaiknya jangan mengaktifkan fitur RAM Plus terlebih dulu agar tidak mengganggu kinerja sistem.

Oleh karena itu sebaiknya simpan data-data penting atau lainnya ke penyimpanan eksternal seperti laptop atau perangkat lain sehingga ponsel tidak penuh sambil membuat data lebih tertata. Penyimpanan yang penuh tentunya akan berdampak pada kinerja sehingga selalu pastikan ada ruang kosong mencukupi setidaknya 20% dari total kapasitas.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar