ASUS TUF Gaming FX507
Review Handphone

Review Redmi Note 12 – Ngebut dan Tahan Lama Buat Ngegame

Review Redmi Note 12 Header

Review Redmi Note 12
  • Layar - 9/10
    9/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 8/10
    8/10
  • Desain - 8/10
    8/10
8.5/10

Kesimpulan

Redmi Note 12 berhasil membawa performa tangguh di kelasnya yang dilengkapi layar besar 120Hz sehingga sangat cocok sekali untuk dibawa main game.

Yang Disukai

  • Kinerja bertenaga untuk main game
  • Baterai tahan lama
  • Desain kekinian
  • Ada NFC dan IP53

Yang Tidak Disukai

  • Belum adaptive refresh rate
  • Shutter kamera sering ada jeda

Gadgetren – Xiaomi telah menghadirkan Redmi Note 12 ke Indonesia dengan mengusung slogan Jawara Tanpa Batas.

Lini Redmi Note memang terkenal akan spesifikasinya yang bisa dikatakan sangat kompetitif untuk kelasnya khususnya di segi dapur pacu dan layar.

Tentunya dengan membawa slogan tersebut, Xiaomi percaya diri terhadap kemampuan Redmi Note 12 yang bisa menjadi jawara untuk diandalkan segala jenis kebutuhan.



Redmi Note 12 dari tampilan luarnya membawa desain yang modern dengan sudut pinggiran yang presisi dan terasa lebih kotak. Bodinya pun memiliki permukaan yang rata tanpa adanya lekukan maupun lengkungan pada sisinya.

Desain Redmi Note 12 bisa dikatakan sedikit mengingatkan saya pada iPhone 13. Apalagi modul kameranya juga memiliki rumah berbentuk persegi sebagai tempat bersemayamnya tiga lensa kamera di bagian belakang.

Pilihan warna yang tersedia meliputi Ice Blue, Mint Green, dan Onyx Gray yang masing-masing terlihat kekinian dengan polesan yang tidak cepat kotor akibat bekas jari maupun debu. Redmi Note 12 pun masih menghadirkan port 3.5mm audio jack untuk menghubungkan perangkat audio lewat kabel.

Redmi Note 12 (5)

Tak ketinggalan terdapat sensor pemindai jari yang kini diletakkan bersama dengan tombol Power untuk akses lebih cepat. Redmi Note 12 memiliki desain yang nyaman untuk digenggam, bahkan dalam waktu lama sekalipun. Apalagi ponsel ini pun sudah mendapatkan sertifikasi IP53.

Sebagai salah satu ponsel dari lini Redmi Note, bodinya memiliki dimensi yang tentu terbilang cukup besar mencapai 165,66×75,96×7,85 mm dengan bobot 183,5 gram. Ukurannya yang besar tersebut tentu bukan tanpa alasan.

Pasalnya Redmi Note 12 membawa layar AMOLED berukuran 6,67 yang sudah dilengkapi resolusi FHD+ 2400×1800 piksel dengan kecerahan layar maksimal hingga 1.200 nits dan cakupan warna DCI-P3. Namun yang paling penting, layarnya pun sudah mendukung refresh rate tinggi hingga 120Hz yang mana akan memberikan pengalaman visual lebih mulus.

Redmi Note 12 (2)

Pastinya refresh rate tinggi akan sangat terasa ketika bermain game, menggulir halaman sosial media seperti Instagram, hingga sekadar menavigasikan sistem. Tidak hanya itu saja, Redmi Note 12 pun dibenamkan dapur pacu yang dapat memaksimalkan layar dengan refresh rate tinggi tersebut.

Pada pusatnya terdapat chipset Qualcomm Snapdragon 685 yang diproduksi menggunakan fabrikasi 6nm untuk menghadirkan performa dan efisiensi yang lebih baik. Chipset tersebut membawa CPU delapan inti dengan kecepatan hingga 2,8 GHz yang ditemani oleh GPU Adreno 610 untuk olah grafisnya.

Pada model Redmi Note 12 yang diuji, chipset tersebut pun kemudian dikombinasikan dengan RAM LPDDR4X 8GB dan penyimpanan internal UFS 2.2 sebesar 128GB untuk memenuhi kebutuhan aplikasi masa kini yang semakin besar. Konfigurasi tersebut memastikan segala aplikasi favorit dapat dijalankan dengan mulus.

Redmi Note 12 Benchmark

Kinerja tangguh yang dimiliki oleh Redmi Note 12 dibuktikan lewat hasil benchmark yang telah tim Gadgetren lakukan. Pada AnTuTu V9, ponsel besutan Xiaomi ini mampu meraih skor mencapai 311.056 poin yang mana sangat bersaing dan setara dengan ponsel seperti vivo V25e dan Reno8 T.

Sementara untuk kemampuan dari chipset Qualcomm yang ada di dalamnya terlihat cukup tangguh dengan mendapatkan skor 438 poin untuk Single Core dan 1.803 poin untuk Multi Core ketika diuji menggunakan Geekbench 6. Pastinya dengan kemampuan yang dimilikinya, Redmi Note 12 dapat menjalankan berbagai aplikasi maupun game dengan lancar.

Misalnya saja Mobile Legends Bang Bang dapat dijalankan pada pengaturan grafis Ultra dengan refresh High dan HD Mode aktif dengan sangat lancar yang memberikan pengalaman bermain memuaskan. Pertarungan dapat berlangsung tanpa kendala bahkan ketika banyak efek sekalipun.

Redmi Note 12 Mobile Legends

Tentunya dalam penggunaan sehari-hari, Redmi Note 12 menyajikan kinerja yang rasanya sudah lebih dari cukup untuk sebagian besar orang. Aplikasi dapat dibuka secara cepat dan melakukan multitasking pun tidak terhambat masalah memori.

Apalagi Redmi Note 12 juga dibekali layar yang mendukung refresh rate hingga 120Hz sehingga setiap gerakan dan animasi yang tampil bakal terasa jauh lebih mulus dibandingkan ponsel pada umumnya yang menggunakan layar dengan refresh rate 60Hz saja.

Xiaomi pun menyediakan pengaturan refresh rate dengan opsi pilihan 60Hz dan 120Hz sehingga bisa diatur sesuai kebutuhan apakah ingin pengalaman visual lebih mulus atau baterai yang lebih tahan lama. Sayang memang belum ada opsi otomatis yang mengatur refresh rate sesuai dengan konten yang ditampilkan.

Redmi Note 12 Layar

Di samping refresh rate tinggi, tingkat kecerahan puncak mencapai 1.200 nit akan membuat konten yang tampil pada layar masih dapat dilihat dengan cukup jelas bahkan saat di bawah terik matahari sekalipun.

Dengan kombinasi layar dan performa tersebut, Redmi Note 12 berhasil memberikan pengalaman yang tidak mengecewakan ketika digunakan dalam keseharian. Baik itu menjalankan aplikasi favorit hingga berselancar internet dapat dilakukan dengan lancar.

Untuk menunjang seluruh aktivitas tersebut, baterai sebesar 5.000mAh dibenamkan di dalam Redmi Note 12 sebagai sumber energinya. Kapasitas yang bisa dikatakan sudah lumrah untuk ponsel pintar masa kini. Xiaomi mengklaim dengan baterai sebesar itu dapat bertahan untuk memutar video hingga 12 jam.

Redmi Note 12 Baterais

Dalam pengujian sintetis menggunakan PCMark for Android dengan kondisi tingkat kecerahan 50% dan refresh rate berbeda, Redmi Note 12 mampu bertahan selama 12 jam 19 menit pada 120Hz dan 16 jam 17 menit pada 60Hz. Angka yang bisa dibilang sangat bersaing untuk kelasnya.

Sementara saat digunakan secara normal, Redmi Note 12 mampu melewati keseharian dengan cukup mudah hingga malam hari. Dengan kondisi penggunaan untuk menjelajahi internet dan membuka sosial media, ponsel yang satu ini memiliki screen on time sekitar 7 jam 42 menit sebelum baterainya tersisa 15%.

Yang tidak kalah penting, Redmi Note 12 juga dilengkapi teknologi pengisian cepat 33W dengan charger turut tersedia dalam paket penjualan. Walaupun memiliki baterai berkapasitas besar, dayanya dapat diisi dengan cukup cepat karena hanya memakan waktu sekitar 68 menit saja agar kembali terisi penuh kembali.

Redmi Note 12 (4)

Jadi tidak perlu khawatir jika suatu saat terpaksa harus mengisi daya di tengah aktivitas karena tidak akan membutuhkan waktu lama. Dengan kemampuan baterai yang memadai tersebut, berkreasi maupun berfoto-foto ria pun dapat dilakukan dengan lebih leluasa.

Redmi Note 12 sendiri dipersenjatai dengan kamera belakang yang terbagi menjadi lensa utama 50MP, lensa Ultra-wide 8MP, dan lensa makro 2MP. Sementara pada bagian depan terdapat lensa selfie 13MP. Kamera tersebut mampu merekam video hingga kualitas 1080p 30fps.

Redmi Note 12 Kamera Belakang Kucing Auto

Redmi Note 12 Kamera Belakang Masjid Auto

Redmi Note 12 Kamera Belakang Mobil Auto

Redmi Note 12 Kamera Belakang Robot 50MP

50MP

Redmi Note 12 Kamera Depan Autos

Auto

Redmi Note 12 Kamera Depan Portraits

Portrait

Redmi Note 12 Kamera Belakang Malam Jalan Auto

Redmi Note 12 Kamera Belakang Malam Restoran Auto

Hasil foto dari kamera Redmi Note 12 terbilang cukup baik, terutama ketika diambil dalam kondisi pencahayaan optimal. Sementara untuk kondisi pengambilan yang lebih sulit seperti malam hari, Redmi Note 12 masih dapat menangkap suasana dengan baik.

Hanya saja memang untuk kamera depan di malam hari terlihat sedikit kesulitan untuk mendapatkan gambar yang jelas, terutama jika ada cahaya latar. Selain itu, kecepatan shutter juga tidak instan sehingga sering kali untuk menunggu beberapa saat setelah menjepret supaya gambar tidak buram.

Redmi Note 12 (8)

Berkat segala kemampuan yang dimilikinya, Redmi Note 12 menawarkan paket yang cukup lengkap bagi berbagai kalangan pengguna, baik yang ingin lancar untuk digunakan bermain game maupun sekadar digunakan secara umum dalam keseharian.

Ponsel pintar yang sudah menjalankan MIUI 14 berbasiskan Android 13 ini pun bahkan masih memboyong fitur IR Blaster yang mana memungkinkannya berfungsi untuk mengendalikan perangkat lewat sensor infra merah. Tak ketinggalan juga ada NFC yang kini semakin sering digunakan oleh berbagai layanan.

Ditambah lagi dukungan Dual SIM dengan microSD membuatnya lebih fleksibel bagi yang membutuhkan penyimpanan tambahan dan menggunakan dua operator secara bersamaan. Pastinya Redmi Note 12 patut untuk dipertimbangkan jika tengah mencari ponsel pintar di rentang harga Rp2 jutaan.

Tentang penulis

Fauzi Rasyad

Editor Gadgetren yang telah berkecimpung sebagai penulis seputar teknologi sejak tahun 2015. Dunia komputer hingga smartphone sudah cukup lama ia geluti karena memang tertarik melihat perkembangan teknologi yang semakin canggih dari tahun ke tahun.

Tinggalkan Komentar