Smartphone

Apa Itu App Vault yang Terinstal di Handphone Xiaomi?

Apa Itu App Vault Xiaomi - Header

Gadgetren – Perusahaan Xiaomi membekali berbagai macam model handphone buatan mereka baik itu Xiaomi, Redmi, hingga POCO dengan antarmuka sistem Android yang diberi nama dengan MIUI.

Dibandingkan dengan Android murni yang menawarkan antarmuka lebih bersih, setiap versi MIUI biasanya membawa sejumlah utilitas tambahan. Handphone-handphone buatan Xiaomi makanya bisa mempunyai dukungan yang lumayan lengkap.

Dari berbagai macam utilitas tambahan tersebut, terdapat sebuah fitur yang disebut dengan App vault. Dukungan yang diusung oleh MIUI ini menawarkan berbagai macam fungsi yang bisa menyederhanakan beberapa proses menggunakan handphone.

Meski bukan dukungan baru, tetapi mungkin banyak di antara kita yang akan penasaran dengannya. Pasalnya, fitur satu ini sekarang muncul dengan ikon aplikasi terpisah setelah pembaruan terakhirnya padahal sebelumnya disembunyikan oleh sistem.

Apa itu fitur App vault yang ada di handphone Xiaomi? Apa saja fungsinya? Adapun buat kamu yang belum pernah mendengarnya, berikut ulasan lengkap mengenai hal tersebut.

Apa Itu App Vault Xiaomi?

App vault merupakan dukungan yang dikembangkan Xiaomi untuk mempermudah para pengguna mengakses sejumlah fungsi tanpa perlu membuka aplikasinya. Di dalamnya terdapat berbagai macam pintasan, kartu informasi penting, hingga berita yang sedang populer.

Dengan App vault, kita misalnya bisa mengakses fitur pembuat pesan dari Gmail, menambahkan acara ke Calendar, atau menggunakan fungsi pembersih dari Cleaner dari satu tempat tanpa membuka aplikasi terkait.

Apa Itu App Vault Xiaomi

Tampilan App Vault Xiaomi

Di halaman utama App vault, kita nanti juga bisa menemukan berbagai macam informasi penting. Termasuk di antaranya seperti jumlah langkah dari fitur kesehatan, catatan yang sudah dibuat, cuaca, hasil pemindaian Security, maupun acara dari Calendar.

Untuk mengakses App vault, kita hanya perlu menggeser layar utama (home screen) ke kanan. Hanya saja perlu diingat bahwa cara ini hanya berlaku jika kita menggunakan launcher bawaan MIUI atau POCO.

Jika belum ada, maka kita pun bisa mengaturnya lewat halaman Settings > Home screen. Pastikan MIUI atau POCO Launcher sebagai Default launcher, lalu ubah bagian -1 screen menjadi App vault.

Sementara untuk pengguna launcher pihak ketiga seperti Nova Launcher atau Microsoft Launcher, kita bisa mengaksesnya langsung dengan mengetuk ikon App vault yang kini muncul di halaman daftar aplikasi.

Tinggalkan Komentar