Tips dan Trik

Cara Membersihkan Memori Internal Handphone Xiaomi yang Penuh

Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - Header

Gadgetren – Membersihkan memori internal dapat menjadi salah satu bentuk pemeliharaan yang bisa kita lakukan saat menggunakan berbagai macam handphone, termasuk perangkat buatan Xiaomi.

Seperti apa yang kita tahu, berkas dan data di dalam handphone soalnya akan terus bertambah seiring pemakaian. Biasanya disebabkan oleh pemasangan aplikasi, instalasi game, unduhan, pembaruan sistem, hingga penyimpanan foto atau video.

Membersihkan memori internal pun dapat menjadi salah satu solusi yang bisa ditempuh. Dengan melakukan hal tersebut, kita nantinya dapat kembali mengambil alih ruang penyimpanan dari berkas atau data yang sudah tidak terpakai.

Di handphone buatan Xiaomi, membersihkan memori internal untungnya tergolong sangat mudah. Perusahaan asal Tiongkok itu soalnya menyematkan fitur khusus seperti Cleaner dan Deep Clean yang bisa dipakai untuk melakukannya.

Kita bisa mengakses kedua fitur pembersih data ini melalui aplikasi bawaan Xiaomi yang bernama Security. Adapun buat kamu yang belum tahu cara menggunakannya, berikut penjelasan mengenai hal tersebut.

Cara Membersihkan Memori Internal di Handphone Xiaomi

Memakai Fitur Cleaner

  1. Cari dan buka aplikasi Security
    Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - 1
  2. Buka menu Cleaner
    Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - 2
  3. Tunggu proses pemindaian data sampai selesai
  4. Ketuk tombol Clean up
    Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - 3

Fitur Cleaner yang ditawarkan oleh Xiaomi dapat membantu kita memindai dan membersihkan data sampah maupun cache di dalam handphone. Termasuk juga berkas instalasi aplikasi APK (Android Package) jika ada.

Membersihkan data sampah dan cache hanya saja tidak akan cukup membantu bagi kita yang menggunakan handphone dengan media penyimpanan terbatas. Oleh karena itu, kita kadang kala perlu menghapus foto ganda, aplikasi yang jarang digunakan, berkas berukuran besar, atau video lama.

Menghapus foto ganda hingga berkas berukuran besar menariknya juga dapat dilakukan langsung melalui aplikasi Security. Kita dalam hal ini secara khusus hanya perlu menggunakan fitur Deep Clean.

Menggunakan Fitur Deep Clean

  1. Buka aplikasi Security
  2. Masuk ke menu Deep Clean
    Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - 4
  3. Ketuk tombol Clean Now pada kategori yang diinginkan (misalnya Photos)
    Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - 5
  4. Pilih sub kategori berkas lagi jika diminta (misalnya Duplicate photos)
    Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - 6
  5. Centang semua berkas yang mau dihapus
    Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - 7
  6. Klik tombol Delete atau Uninstall di bagian bawah
    Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - 8
  7. Konfirmasi dengan tombol Ok atau yang sesuai
    Cara Membersihkan Memori Internal HP Xiaomi - 9

Kurang lebih terdapat lima kategori berkas dan data yang bisa kita hapus menggunakan fitur Deep Clean di dalam aplikasi Security Xiaomi. Termasuk di antaranya meliputi Photos, Apps, App data, Big files, serta Delete videos.

Photos secara khusus akan berisi gambar-gambar yang dianggap mirip satu sama lain, foto tidak sengaja, dan screenshot. Apps menampilkan berbagai macam aplikasi yang terpasang di handphone lengkap dengan ukuran dan informasi pemakaiannya.

App data terdiri dari berkas-berkas dari aplikasi yang terpasang. Big files meliputi data berukuran besar seperti database cadangan WhatsApp. Sementara Delete videos berisi video-video yang kemungkinan bisa kita hapus.

Kita bisa menggunakan Deep Clean untuk membersihkan satu per satu berkas yang ada di dalam masing-masing kategori tersebut dengan cara yang serupa seperti langkah-langkah di atas. Hanya saja mungkin kita perlu sedikit menyesuaikannya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar