ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Hands-On Samsung Galaxy A34 5G – Lancar Untuk Main Game

Samsung Galaxy A34 5G Feature

Gadgetren – Baru-baru ini saya berkesempatan untuk mencoba Samsung Galaxy A34 5G secara langsung. Dalam dus penjualannya terdapat unit Samsung Galaxy A34 5G, Pin Ejector SIM, buku panduan, kartu garansi, dan kabel USB Type-C ke USB Type-C. Sayangnya tidak disertakan charger bawaan.

Berbeda dengan Galaxy A54 5G dengan yang menggunakan punch hole, Samsung Galaxy A34 5G mengusung layar yang memenuhi bagian depan lengkap dengan poni berbentuk waterdrop.

Selain untuk meminimalisir ukuran bezel di beberapa sisinya, poni waterdrop ini juga berguna untuk menjadi rumah bagi kamera depannya. Layar perangkat ini sendiri memiliki lebar 6,6 inci dengan teknologi Super AMOLED dan resolusi Full HD+ (2340 x 1080 piksel) sehingga konten dapat ditampilkan dengan jernih dan terang.

Samsung Galaxy A34 5G with Box

Tingkat kecerahan layar hingga 1.000 nits dapat membuat konten yang ditampilkan layar terlihat dengan jelas walaupun saya sedang berada di bawah terik matahari.

Secara bawaan, layar handphone ini akan diatur ke mode High Refresh Rate dengan kecepatan 120Hz yang membuat gerakan transisi antar menu, pembukaan menu, maupun animasi karakter serta lingkungan pada game terasa halus.

Namun apabila ingin lebih menghemat konsumsi daya baterai, maka kita dapat mengatur Refresh Rate ke mode Standard yang secara otomatis akan dikunci ke kecepatan 60Hz. Mode kecepatan refresh rate ini tentunya dapat dipilih sesuai dengan kenyamanan dan kebutuhan masing-masing.

Bodi belakang dari menggunakan finishing Glastic yang dirancang dari bahan Polikarbonat dibuat menyerupai kaca sehingga membuat tampilannya terlihat menarik. Apalagi warna Awesome Silver pada perangkat yang saya gunakan, mampu menghadirkan gradasi banyak warna seperti di prisma sehingga membuat Samsung Galaxy A34 5G tampak menawan.

Selain warna tersebut, handphone ini juga hadir dengan varian warna lain yang terdiri dari Awesome Violet dan Awesome Graphite. Desain belakangnya juga terlihat simpel dengan memperlihatkan tiga kamera belakang yang disusun secara vertikal didampingi LED Flash dan logo Samsung.

Bodi belakangnya pun tidak terasa licin sehingga nyaman ketika digenggam dengan menggunakan satu tangan. Dukungan sertifikasi IP67 membuktikan bahwa Samsung Galaxy A34 5G ini mampu bertahan di dalam air hingga kedalaman 1 meter dengan waktu maksimal 30 menit.

Samsung Galaxy A34 5G Back

Beralih ke bagian bawahnya, terdapat port USB Type-C dan lubang speaker. Adapun slot kartu SIM dan microSD terdapat di bagian atasnya. Untuk tombol Volume dan Power yang disusun secara vertikal.

Fitur NFC (Near Field Communication) yang hadir pada Samsung Galaxy A34 5G pun dapat membantu saya untuk mengecek atau mengisi saldo kartu emoney dengan cepat.

Dari sektor hardware, Samsung Galaxy A34 5G ini diotaki chipset MediaTek Dimensity 1080 (6nm) Octa-Core 2,6 GHz yang diklaim pihak Samsung mengalami peningkatan 17% CPU dan 14% GPU dibandingkan handphone generasi sebelumnya.

Samsung Galaxy A34 5G All Port

Sementara RAM 8 GB didaulat untuk mendampingi performa dari chipset tersebut sekaligus menangani aktivitas multitasking yang berjalan di Samsung Galaxy A34 5G.

Terdapat juga fitur RAM Plus yang dapat meminjam ruang kosong penyimpanan internal untuk menjadi RAM Virtual hingga 8 GB. Dengan begitu, kinerja multitasking pada handphone ini dapat berjalan dengan lebih lancar.

Pada saat dicoba, handphone ini memang mampu menjalankan aplikasi secara multitasking dengan mulus. Selanjutnya, saya juga menjajal perangkat ini dengan menjalankan game MOBA (Mobile Online Battle Arena), seperti Mobile Legends.

Samsung Galaxy A34 5G Gaming

Pada saat diatur dengan menggunakan grafis dan frame rate tinggi, game mampu berjalan dengan responsif, terutama ketika saya menekan tombol virtual untuk mengarahkan Hero dan mengaktifkan Skill ketika pertarungan sedang berjalan.

Ketika diuji menggunakan AnTuTu Benchmark V9.5.6, Samsung Galaxy A34 5G ini berhasil mendapatkan skor yang mencapai 475.456 poin. Sementara saat pengujian Geekbench 6, handphone ini berhasil mendapatkan skor 1.016 poin untuk Single-Core dan 2.463 poin untuk Multi-Core.

Dengan pengujian game dan aplikasi benchmark di atas, terlihat bahwa spesifikasi hardware yang dibawa oleh Samsung Galaxy A54 5G ini memiliki performa yang bertenaga untuk perangkat di kelas menengah.

Samsung Galaxy A34 5G Camera

Soal urusan fotografi, handphone ini sudah dilengkapi dengan tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 48 MP, ultrawide 8 MP, dan makro 5 MP. Dengan resolusi sebesar itu, membuat kamera utamanya mampu menghasilkan foto yang dapat dicetak pada media berukuran besar, seperti baliho, spanduk, maupun billboard.

Sementara kamera ultrawide dapat memudahkan pengambilan foto dengan area yang luas. Adapun kamera makronya mampu membidik objek dari jarak dekat antara 3 cm hingga 5 cm.

Untuk kamera depan 13 MP yang hadir pada produk ini dapat menghasilkan foto selfie dengan wajah objek yang mulus. Hadirnya fitur Portrait, membuat kamera belakang dan depannya mampu menghasilkan foto dengan efek bokeh secara instan.

Samsung Galaxy A34 5G - Sarinah - Ultrawide

Ultrawide

Samsung Galaxy A34 5G - Sarinah - 48 MP

48 MP

Samsung Galaxy A34 5G - Bawaslu - Ultrawide

Ultrawide

Samsung Galsaxy A34 5G - Bawaslu - 48 MP

48 MP

Samsung Galaxy A34 5G - Bunga - Makro

Makro

Samsung Galaxy A34 5G - Agan - Auto

Auto

Samsung Galaxy A34 5G - Agan - Portrait

Portrait

Samsung Galaxy A34 5G - Selfie - Auto

Auto

Samsung Galaxy A34 5G - Selfie - Portrait

Portrait

Dengan dukungan spesifikasi dan fitur yang ditawarkan ini, Samsung Galaxy A34 5G dibanderol dengan harga yang mencapai Rp4.999.000 untuk RAM 8 GB + ROM 128 GB dan Rp5.399.000 untuk RAM 8 GB + ROM 256 GB.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar