ASUS TUF Gaming FX507
Mading

Mengenal Apa Itu Fitur Digital Wellbeing yang Bisa Menyeimbangkan Pemakaian Handphone

Mengenal Digital Wellbeing Adalah - Header

Gadgetren – Banyak aktivitas sehari-hari yang perlu kita kerjakan kini bergantung pada handphone. Perangkat yang dulunya hadir sebagai alat komunikasi ini memang mempunyai fitur yang semakin lengkap.

Tak hanya sekadar untuk menikmati hiburan seperti menonton video atau bermain game, handphone kini bahkan sudah menjadi bagian tak terpisahkan dari pekerjaan sebagian orang. Misalnya untuk berjualan di marketplace atau membuat konten unggahan.

Sayangnya, sebagian di antara kita kadang-kadang lupa bahwa terlalu banyak menggunakan handphone pun sebenarnya kurang baik. Di samping bisa menyebabkan masalah kesehatan, kita bisa kehilangan waktu bersama keluarga.

Bukannya meningkatkan kualitas hidup, kita pun bisa merugi jika tidak mempunyai kontrol yang baik dalam menggunakan handphone. Kita dapat melewatkan berbagai macam hal penting dalam kehidupan sehari-hari.

Kabar baiknya, sejumlah perusahaan teknologi cukup mengerti akan hal ini di mana Google termasuk di antaranya. Mereka makanya mengembangkan sebuah fitur yang disebut dengan Digital Wellbeing untuk sistem Android.

Mengenal Apa Itu Digital Wellbeing

Digital Wellbeing adalah sebuah fitur yang memungkinkan kita menciptakan keseharian lebih sehat dalam menggunakan teknologi. Jadi mereka bisa membantu kita dalam meningkatkan kualitas hidup alih-alih mengganggu atau justru membuat rugi.

Fitur ini dirancang untuk membantu kita supaya bisa lebih fokus kepada hal-hal yang penting seperti pekerjaan atau keluarga. Kita makanya bisa menemukan berbagai macam alat yang bisa dipakai untuk mengontrol pemakaian handphone dalam setiap momen.

Mengenal Digital Wellbeing Adalah

Adapun beberapa di antaranya meliputi:

  • Dashboard untuk melihat waktu pemakaian handphone,
  • Bedtime Mode untuk memberikan waktu tidur berkualitas,
  • Work Profile untuk memisahkan antara pemakaian pribadi dan pekerjaan,
  • Focus Mode untuk mengurangi gangguan saat kita beraktivitas,
  • App timers untuk membatasi pemakaian aplikasi,
  • Parental Control untuk mengontrol aktivitas pemakaian handphone anak.

Umumnya, berbagai macam alat di atas bakal tersedia untuk sistem Android 9 Pie ke atas. Kita pun bisa mengatur dan menggunakannya secara langsung lewat halaman Settings > Digital Wellbeing & parental controls pada kebanyakan handphone.

Setiap orang tentu mempunyai kebutuhan yang cukup berbeda-beda dalam menggunakan handphone. Namun, fitur Digital Wellbeing bisa membantu kita menyeimbangkan antara kehidupan nyata dengan waktu kita menatap layar.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar