Berita Smartphone

9 Fitur Baru Android 9 Pie Yang Akan Mengubah Cara Kamu Pakai Smartphone

 Fitur Baru Android 9 Pie Header

Gadgetren – Setelah penantian dari akhir tahun 2017 silam, akhir Google secara resmi mengumumkan nama sistem operasi terbarunya, yakni Android 9.0 Pie. Sekilas, sistem operasi ini sudah diperkenalkan pada ajang Google I/O 2018 dengan nama Android 9.0 P.

Seperti biasanya smartphone terbaru dari Google yang akan segera diluncurkan, yakni Pixel 3, akan langsung menggunakan sistem operasi Android 9.0 Pie ini. Selanjutnya, smartphone dari beberapa vendor pun akan mendapatkan update sistem operasi ini.

Sebelum Gadgeter melakukan update sistem operasi dari Android 8.1 Oreo ke Android 9.0 Pie, ada baiknya mengetahui fitur-fitur yang hadir di dalamnya. Untuk itu, bagi Gadgeter yang ingin mengetahuinya maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Fitur Baru Android 9 Pie

Gesture

Bisa dibilang Android 9.0 Pie menawarkan fitur Gesture mirip dengan iPhone X, dimana penggunanya dapat masuk ke layar utama atau melihat recent app dengan menggeser layar dari bawah ke atas sehingga tidak perlu menekan tombol Home atau Recent App. Bisa dibilang fitur ini cukup segar hadir dalam sistem operasi Android.

Timer untuk Aplikasi

FItur Timer ini dapat membatasi waktu penggunaan aplikasi dalam aktivitas sehari-hari. Pengguna dapat membatasi penggunaan aplikasi mulai dari 15 menit, 30 menit, hingga 2 jam setiap harinya. Bisa dibilang fitur ini bisa dibilang berguna agar penggunanya tidak selalu fokus di smartphone dan melakukan pekerjaan lainnya.

Dashboard

Dalam fitur Dashboard aplikasi ini akan memberikan beragam informasi menarik seputar smartphone mulai dari informasi seberapa banyak pengguna membuka kunci, seberapa lama waktu ketika menggunakan smartphone, banyaknya aplikasi yang menyita waktu, dan masih banyak lag. Bahkan penggunanya juga bisa mengetahui informasi untuk membatasi waktu penggunaan aplikasi-aplikasi di smartphone miliknya.

Do not Disturb

Dengan fitur ini penggunanya dapat memilih agar notifikasi email, chat, SMS, dan lainnya tidak hadir pada smartphone. Biasanya hal ini dilakukan oleh orang apabila notifikasi yang tidak penting sudah sering muncul. Bisa dibilang fitur ini cukup membantu untuk menghilangkan notifikasi yang tidak penting.

Pengaturan cahaya lebih lanjut

Beberapa smartphone kini telah dibekali dengan fitur penghalang cahaya biru agar tidak merusak mata yang biasanya disebut Eye Comfort. Biasanya fitur ini diciptakan khusus oleh vendor pembuat smartphone dan bukan dari Google.

Namun kini Google telah menciptakan fitur yang bernama Wind Down sehingga dapat layar atau redup menjadi abu-abu dengan menghalangi cahaya biru. Tentu saja hal ini dapat membantu penggunanya dapat melihat layar smartphone dengan nyaman ketika malam hari atau kondisi minim cahaya.

Baterai lebih hemat

Google secara resmi telah menyematkan fitur Adaptive Battery pada Android 9.0 Pie yang memungkinkan smartphone dapat membuat aplikasi yang sedang digunakan dan diperlukan oleh pengguna saja yang mendapatkan daya baterai. Tentu saja hal ini akan membuat daya baterai lebih hemat dan tahan lama.

Pembatasan akses

Android 9.0 Pie ini menghadirkan fitur pembatasan akses untuk kamera, mikrofon, dan sensor lainnya dari aplikasi yang tidak aktif dalam SensorManager. Nantinya aplikasi yang tidak digunakan maka secara otomatis tidak akan mendapatkan akses tersebut agar menghemat baterai dan tentunya menjaga privasi.

Slice cepat

Fitur Slice ini memungkinkan penggunanya dapat mengakses fungsi dari aplikasi di Google dengan cepat. Misalnya saja Gadgeter sedang ingin pulang dari kantor maka dapat menggunakan shortcut dari Google untuk langsung memesan Go-jek atau Grab lengkap dengan harga dan lokasinya.

App Action

Fitur yang satu ini memungkinkan penggunanya dapat membuka aplikasi dengan pilihan cepat. Misalnya saja Gadgeter dapat membuat jalan pintas pada aplikasi Joox dengan membuat playlist Joox yang bisa diakses langsung pada menu di bagian depan smartphone.

Tinggalkan Komentar