Tips dan Trik

Biar Makin Sehat, Begini Lho Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Main Handphone

Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Bermain HP Header

Gadgetren – Handphone sekarang ini telah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari aktivitas harian pengguna karena dapat digunakan sebagai alat berkomunikasi, menikmati hiburan, maupun bekerja.

Menggunakan handphone terlalu lama sayangnya dapat mengakibatkan berbagai macam dampak negatif bagi kesehatan mulai dari mata lelah, sulit tidur, hingga peningkatan risiko kanker otak.

Agar dapat terhindar dari masalah-masalah tersebut, pengguna harus mulai mengelola pemakaian handphone. Bahkan kita perlu memantau hingga mengurangi aktivitas yang dilakukan pada perangkat jika memungkinkan.

Google, perusahaan handphone, hingga pengembang pihak ketiga untungnya telah mengembangkan ekosistem dalam bentuk fitur dan aplikasi yang dapat membantu pengguna mengelola hal tersebut, khususnya untuk mengetahui seberapa lama kita bermain handphone.

Bagaimana cara memanfaatkannya? Kamu yang sedang berencana untuk memantau pemakaian handphone, berikut informasi khusus mengenai beberapa langkah dalam menggunakan fitur dan aplikasi tersebut.

Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Bermain Handphone

Menggunakan Fitur Digital Wellbeing

  1. Masuk ke Settings
  2. Lalu cari menu Digital Wellbeing & parental controls
  3. Setelah halaman berikutnya terbuka, klik Show your data
  4. Nantinya akan muncul berbagai informasi penggunaan handphone
  5. Kamu juga bahkan bisa melihat diagram yang diberikan agar lebih mudah memantaunya
    Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Main HP - Digital Wellbeing Android

Digital Wellbeing merupakan sebuah fitur dasar yang disematkan oleh Google ke dalam sistem operasi Android versi baru guna mengurangi dampak negatif pemakaian handphone bagi kesehatan.

Dalam fitur baru ini, pengguna dapat mengecek data pemakaian handphone seperti seberapa sering mereka membuka kunci layar serta lama waktu pemakaian dari masing-masing aplikasi.

Setiap handphone sayangnya mempunyai penempatan dan penamaan yang berbeda-beda tergantung antarmuka dari pengembangnya. Oleh karenanya, kamu mungkin perlu sedikit menyesuaikan langkah di atas untuk menggunakan fitur Digital Wellbeing di handphone milikmu.

Selain itu, Digital Wellbeing juga masih tergolong sangat baru. Sebagaimana sempat disinggung di bagian atas, fitur khusus kesehatan digital ini hanya tersedia untuk handphone-handphone dengan sistem operasi Android baru.

Sistem operasi Android untungnya sudah sejak lama memiliki dukungan yang bisa digunakan untuk melihat pemakaian baterai. Dengan begitu kamu dapat memanfaatkan dukungan tersebut sebagai solusinya.

Menggunakan Fitur Pemakaian Baterai

  1. Buka Settings
  2. Klik opsi Battery
  3. Selanjutnya, ketuk Battery Usage
    Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Main HP - Battery Usage Android

Sama halnya dengan fitur Digital Wellbeing, penamaan dan penempatan dukungan untuk melihat pemakaian baterai juga tergantung pada versi sistem operasi dan antarmuka yang digunakan.

Langkah di atas hanya berlaku secara umum. Untuk handphone-handphone tertentu, kamu pun perlu menyesuaikan langkahnya agar bisa menemukan fitur Battery Usage tersebut.

Misalnya untuk pengguna perangkat Samsung dengan antarmuka Samsung Experience 9, kamu perlu membuka Settings lalu masuk ke dalam Device Maintenance, membuka opsi Battery, dan kemudian mengetuk Battery Usage.

Kelemahan dari metode ini adalah data-data yang akan ditampilkan akan dihitung semenjak baterai terisi penuh. Artinya, data-data akan reset (kembali ke 0) jika pengguna selesai mengisi daya.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu pun bisa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Dimana dalam hal ini, StayFree dapat menjadi salah satu aplikasi yang sangat bisa diandalkan.

Menggunakan Aplikasi StayFree

  1. Download aplikasi StayFree melalui Google Play Store
  2. Buka lalu masukkan tahun lahir dan tekan Continue untuk pemakaian pertama kali
    Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Main HP - StayFree 1
  3. Lanjutkan dengan membaca ketentuan layanan dan menyetujuinya dengan menekan tombol I Agree
    Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Main HP - StayFree 2
  4. Ikuti petunjuk yang muncul di layar
  5. Jangan lupa mengizinkan permohonan akses ke data penggunaan dengan menekan tombol Grant Permission
    Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Main HP - StayFree 3
  6. Setelah di halaman utama, kamu bisa langsung melihat data pemakaian secara keseluruhan atau per aplikasi
    Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Main HP - StayFree 4

Selain dapat memantau data pemakaian handphone dan aplikasi secara lebih rinci, aplikasi StayFree juga mendukung fitur alarm yang bisa digunakan untuk membatasi waktu pemakaian pengguna.

Dengan opsi alarm tersebut, kamu dapat mengatur lama waktu pemakaian handphone setiap sesi lalu aplikasi nantinya akan memperingatkan pengguna setelah melewati batas yang diterapkan.

StayFree tentu saja hanya satu contoh aplikasi yang bisa digunakan untuk hal ini. Kamu pun bisa menggunakan sejumlah aplikasi lain yang tak kalah bermanfaat sebagai alternatifnya.

Beberapa cara di atas merupakan metode yang bisa digunakan secara khusus untuk perangkat berbasis sistem operasi Android. Lalu, bagaimana dengan pengguna iPhone atau perangkat iOS?

Apple secara khusus juga membekali perangkat seluler buatannya dengan fitur digital wellbeing. Hanya saja dalam hal ini, mereka menggunakan sebuah fitur bernama Screen Time.

Menggunakan Screen Time di iOS

  1. Masuk ke dalam Settings
  2. Buka bagian Screen Time
  3. Untuk pemakaian pertama kali, tekan Continue
  4. Lalu atur perangkat sebagai milikmu atau milik anakmu

Cara Mengetahui Seberapa Lama Kita Main HP - Screen Time iOS

Setelah selesai mengaturnya, kamu hanya perlu masuk ke dalam halaman Screen Time untuk melihat data-data pemakaian aplikasi serta handphone secara keseluruhan. Kamu pun dapat mengatur batas waktu untuk pemakaian setiap aplikasi.

Setiap orang tentu punya metode andalan masing-masing. Kamu pun boleh membagikannya di kolom komentar jika memiliki cara yang lain atau bertanya jika menjumpai kesulitan dalam memanfaatkannya. Siapa tahu Tim Gadgetren mempunyai solusinya.

Tinggalkan Komentar