Berita

Apa Sih IGTV Itu dan Ada Fitur Apa Saja yang Bisa Digunakan?

IGTV fitur Header

Gadgetren – Instagram merupakan jejaring sosial yang paling populer digunakan oleh banyak orang di seluruh dunia. Bahkan beberapa hari lalu Instagram mengumumkan bahwa telah memiliki 1 Miliar pengguna.

Sekilas, Instagram sendiri merupakan salah satu jejaring sosial yang memungkinkan penggunanya dapat membagikan foto-foto momen berharganya terhadap orang lain. Selain foto menarik, penggunanya juga dapat menghadirkan beragam video pendek dalam bentuk Instagram Story untuk membagikan momen bergeraknya.

Namun sebagian orang banyak yang tidak puas dengan lamanya durasi video dalam Instagram Story yang hanya sebentar saja. Untuk itulah, Instagram baru saja meluncurkan layanan baru yang bernama Instagram TV atau IGTV.

Apa Itu IGTV?

IGTV adalah layanan baru yang memungkinkan penggunanya dapat menyematkan video berdurasi hingga 10 menit. Layanan ini sendiri dapat diakses melalui aplikasinya sendiri yang dapat diunduh di Google Play Store untuk smartphone Android dan Apple App Store untuk iPhone dengan nama IGTV.

Meskipun memiliki aplikasi tersendiri, namun pihak Instagram telah melakukan integrasi IGTV dalam aplikasi utamanya sehingga Gadgeter dapat membuat atau mengunggah video berdurasi hingga 10 menit langsung di aplikasi utamanya.

Namun integrasi IGTV dengan aplikasi utama ini baru tersedia di versi terbaru sehingga Gadgeter dapat melakukan update terlebih dahulu di Google Play Store maupun Apple App Store. Bisa dibilang Instagram sendiri sedang menguji apakah IGTV ini laris digunakan oleh orang banyak sehingga kemungkinan besar durasi videonya menjadi tidak terbatas apabila terdapat pengembangan lagi.

Buat kamu yang lebih suka menyaksikan video, tonton aja video tentang IGTV dari channel Gadgetren.

Fitur dari IGTV

Fitur utama dari IGTV ini memungkinkan pengguna Instagram dapat membuat, mengunggah, dan membagikan video berdurasi 10 menit kepada pengguna lainnya dalam posisi vertikal yang penuh dan memiliki kualitas yang bagus.

Bisa dibilang kini tren video vertikal penuh semakin marak di smartphone karena memang memudahkan penggunanya dalam menonton video tanpa perlu menguubah posisinya ke landscape atau horizontal untuk bisa menonton video yang memenuhi layar.

Nantinya pada halaman utama IGTV ini pengguna Instagram akan disajikan dengan video terbaru yang telah dibuat oleh pengguna Instagram lainnya. Nantinya akan terdapat 4 tab menu kategori video yang terdiri dari For You, Following, Popular, dan Continue Watch.

Sementara itu, terdapat juga menu Search yang akan membantu pengguna Instagram untuk mencari video berdasarkan username Instagram pengguna lainnya. Bisa dibilang ini merupakan salah satu fitur terbaru Instagram yang menarik. Tentunya kemungkinan besar akan menjadi saingan YouTube di masa mendatang.

Tinggalkan Komentar