ASUS TUF Gaming FX507
Smartphone

Inilah 5 Fitur Menarik ColorOS 11 yang Bisa Buat Handphone Makin Asik

OPPO Find X2 Pro Flat Lay

Gadgetren – ColorOS 11 merupakan sistem operasi modifikasi buatan OPPO berbasiskan Android 11. Tampilan antarmuka yang dibawa oleh sistem ini pun lebih menarik dibandingkan generasi sebelumnya.

Bahkan fitur-fitur yang dimiliki oleh ColorOS 11 akan bermanfaat digunakan oleh pengguna handphone OPPO dalam menunjang aktivitasnya sehari-hari. Pengguna dapat mempersonalisasikan tampilan antarmuka dari sistem ini agar sesuai dengan seleranya.

Bahkan kemampuan Dark Mode pada ColorOS 11 mempunyai skema dan kemampuan yang lebih menarik dibandingkan ColorOS 7. Bagi kamu yang penasaran dengan fitur-fitur menarik dari ColorOS 11 ini, maka dapat melihat informasinya sebagai berikut ini.

Ikon dan Home Screen yang Dapat Dikustomisasi

OPPO ART Icon ColorOS 11

Pada handphone masa kini, ikon dan home screen memberikan beragam tampilan menarik agar penggunanya betah berlama-lama ketika menatap layar dan beraktivitas sehari-hari. Pada ColorOS 11, pengguna dapat dengan bebas menentukan tata letak home screen, widget, transisi, wallpaper, dan tampilan ikon.

Untuk bisa mengatur ikon dan home screen ini, pengguna cukup masuk ke menu Personalizations yang ada Settings. Kamu dapat mengubah beragam elemen sesuai dengan kebutuhan. Apalagi jenis ikon terdiri dari beberapa varian, seperti Default, Material Style, Pebble, dan Custom.

Pilihan Skema Warna Lebih Menarik

Personalization ColorOS 11

Pada ColorOS 11, pengguna dapat menentukan skema warna pada sistem handphone sesuai dengan selera. Pengguna bisa memilih warna favorit dengan lima skema menarik yang terdiri dari Default, Cool, Warna, Pink, dan Normandi.

Apabila pengguna memilih salah satu skema, maka beragam warna tema akan diterapkan ke kontrol dan ikon untuk membuatnya terlihat dinamis. Namun jika pengguna hanya menginginkan satu warna tema saja, maka dapat memilih salah satu dari 10 pilihan warna di menu Single Color.

Always-On Display Jadi Lebih Unik

Always On Display ColorOS 11

Always-On Display merupakan fitur yang sering hadir pada layar berbasis OLED seperti yang digunakan pada Reno5. Fitur ini sendiri dapat menampilkan informasi jam, tanggal, persentase baterai, dan notifikasi pesan untuk memudahkan penggunanya.

Pada ColorOS 11, Always-On Display dapat dikustomisasi dengan sangat menarik. Pengguna diizinkan untuk memilih ornamen yang tersedia atau membuatnya pada kanvas hitam yang telah disediakan dengan beragam pilihan warna dan pola.

Dark Mode Tingkat Lanjut yang Lebih Nyaman

Dark Mode ColorOS 11

Dark Mode merupakan salah satu fitur andalan yang sudah ada sejak Android 10. Hadirnya fitur ini memungkinkan sistem pada handphone menjadi berlatar belakang hitam atau gelap sehingga membuat penggunanya nyaman ketika melihat konten pada layar dalam kondisi ruang redup atau gelap.

Menariknya, Dark Mode yang hadir pada ColorOS 11 berbasiskan Android 11 hadir dengan kemampuan canggih dimana penggunanya dapat mengatur tema gelap sesuai dengan keinginan berdasarkan tiga pilihan skema yang terdiri dari Enhanced, Medium, dan Gentle.

Apabila pengguna memilih Enhanced, maka latar belakang di sistem dan aplikasi akan menjadi berwarna hitam pekat. Sedangkan pada Medium, pengguna dapat menemukan latar hitamnya sedikit lebih terang dibandingkan gaya Enhanced.

Terakhir pada skema Gentle menghadirkan warna latar belakang hitam yang paling terang dibandingkan kedua skema lainnya. Untuk pemilihan skema Dark Mode dapat disesuaikan dengan selera pengguna dan tentunya kondisi pencahayaan pada lokasi sekitar.

Bahkan Dark Mode yang hadir di ColorOS 11 dapat diterapkan pada aplikasi bawaan dan pihak ketiga. Sementara itu, fitur ini dapat diatur untuk mengurangi kontras ketika pengguna sedang berada di tempat redup atau gelap.

Wallpaper Dari Foto Bisa Jadi Lebih Gaya

OPPO Find X2 Pro Feature

Pada ColorOS 11, pengguna dapat mengambil sebuah foto dan menjadikannya sebuah wallpaper yang menarik dengan warna dan pola yang dikreasikan. Algoritma buatan OPPO akan mengatur ulang serta menganalisis warna untuk menghasilkan wallpaper kreatif denga gaya berbeda berdasarkan referensi foto yang dihasilkan pengguna.

Untuk itu, pengguna cukup mengambil foto dengan menggunakan kamera handphone. Nantinya pada aplikasi Photos, pengguna dapat memilih foto dan mengaktifkan menu Create wallpaper untuk menghasilkan sebuah latar unik dengan warna-warna yang sudah dianalisis.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar