Tips dan Trik Handphone

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 – Yakin Gak Mau Upgrade?

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 - Header

Gadgetren – Bulan September 2022 kemarin, Apple resmi meluncurkan pembaruan sistem iOS 16 secara publik setelah memperkenalkannya pada ajang WWDC (Worldwide Developers Conference).

Sistem operasi generasi baru tersebut kini pun sudah dapat diunduh. Kita dalam hal ini bisa mengecek ketersediaan iOS 16 melalui halaman, Settings > General > Software updates lalu mengetuk Install Now untuk memasangnya.

Sebagai pembaruan, iOS 16 tentu membawa sejumlah peningkatan dan penyesuaian. Berikut ini beberapa perbedaan yang ditawarkan oleh sistem operasi generasi baru ini jika dibandingkan iOS 15 yang meluncur sebelumnya.

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16

Layar Kunci

Layar kunci menjadi sebuah perubahan besar yang diusung oleh iOS 16 jika dibandingkan generasi sebelumnya, termasuk iOS 15 di dalamnya. Sistem operasi seluler teranyar Apple tersebut soalnya menawarkan dukungan kustomisasi.

Berbeda dengan iOS 15, kita kini bisa menambahkan widget hingga mengganti teks maupun warna tulisan. Kita bahkan dapat menggunakan orientasi layar berbeda di mana tak hanya vertikal melainkan juga horizontal.

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 - 1

Yang tak kalah menarik, iOS 16 kini memungkinkan kita membuat lebih dari satu pengaturan layar kunci. Kita juga bisa berganti-ganti dengan mudah seperti mengubah watch face di gelang atau arloji pintar.

Mode Fokus

Diperkenalkan pertama kali lewat iOS 15, Fokus yang memungkinkan iPhone beralih ke mode tertentu sesuai dengan aktivitas pengguna juga membawa sejumlah hal cukup berbeda di iOS 16. Salah satu di antaranya dukungan ini kini dapat ditautkan ke layar kunci.

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 - 2

Jadi nanti perubahan layar kunci dapat menjadi pemicu untuk mengaktifkan salah satu mode fokus yang diinginkan. Ini tentu saja lebih praktis karena kita tidak perlu membuka handphone saat ingin mengubahnya.

Pemicu mode fokus kini juga semakin beragam di sistem operasi iOS 16. Tak hanya lewat layar kunci, kita juga bisa mengeset pengaktifan fitur ini berdasarkan lokasi, waktu, maupun aplikasi yang sedang di jalankan.

Di samping itu, sistem penyaringan yang dapat digunakan pun semakin baik. Kita kini bahkan bisa mengatur aplikasi atau konten berdasarkan mode fokus yang digunakan. Misalnya, Safari hanya akan menampilkan tab berkaitan dengan pekerjaan saat menggunakan Work Focus.

iMessage

Lewat iOS 16, Apple juga membawa sejumlah dukungan baru untuk aplikasi iMessage. Termasuk di antaranya opsi untuk menyunting pesan hingga lima kali sebelum 15 menit atau bahkan membatalkannya jika belum ada dua menit.

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 - 7

Aplikasi iMessage kini juga mendapatkan dukungan SharePlay yang memungkinkan pengguna membagikan musik atau film untuk dinikmati secara bersama-sama. Di iOS 15, hal ini padahal hanya dapat dilakukan dengan melakukan panggilan FaceTime.

Dukungan untuk memulihkan pesan yang terhapus sebelum 30 hari juga tersedia di iMessage iOS 16. Di dalam aplikasi anyar ini juga terdapat fitur untuk menandai seluruh percakapan menjadi Unread (Belum Dibaca).

Photos

Peningkatan Photos juga dilakukan oleh Apple lewat iOS 16. Dibandingkan iOS 15, aplikasi ini kini mempunyai sejumlah dukungan baru seperti mengunci atau menyembunyikan album, deteksi foto ganda, hingga mematikan konten unggulan.

Ada juga fitur anyar bernama iCloud Photo Library, yakni sebuah dukungan yang memungkinkan pengguna iPhone membagikan library foto ke anggota keluarga. Bahkan bisa berjalan secara otomatis sejak kita mengambil gambar dengan aplikasi Camera.

Fitur Live Text

Apple juga membawa peningkatan pada fitur Live Text yang bisa dipakai untuk menyalin dari sebuah berkas. Jika di iOS 15 hanya mendukung gambar, iOS 16 kini menyempurnakannya dengan menambahkan kemampuan untuk mendeteksi tulisan di video.

Perbedaan iOS 15 dan iOS 16 - 4

Fitur Live Text kini juga dilengkapi dengan Quick actions yang bisa diakses secara langsung. Jadi kita bisa lebih mudah misalnya untuk mengonversi mata uang atau menerjemahkan tulisan dari teks yang berhasil dipindai.

Safari

Safari juga mendapatkan peningkatan dukungan lewat iOS 16. Misalnya, fitur penerjemah laman web ke Bahasa Indonesia yang semula belum tersedia pada iOS 15 kini sudah bisa digunakan oleh pengguna di Tanah Air.

Peramban bawaan iOS ini kini juga membawa dukungan Shared tab groups. Jadi kita tak hanya membuat grup tab seperti iOS 15, melainkan juga membagikannya supaya orang lain pun dapat melihat maupun menyuntingnya jika diperlukan.

Terdapat juga fitur sinkronisasi seperti Extension syncing dan Website Settings syncing yang dapat mempermudah para pengguna mengatur peramban Safari di berbagai macam perangkat yang dimiliki.

Selain beberapa perbedaan pada sejumlah aspek di atas, iOS 16 juga mempunyai berbagai macam fitur baru yang sebelumnya sama sekali belum ada di iOS 15 seperti aplikasi Freeform. Ke depannya bahkan kemungkinan akan semakin lengkap.

Tinggalkan Komentar