ASUS ROG G22CH
Smartphone

Apa yang Baru di iOS 16.4? Ini Deretan Daftar Fiturnya

Apa yang Baru di iOS 16.4 - Header

Gadgetren – Apple kembali menambahkan sejumlah fitur baru dan peningkatan untuk sistem operasi seluler buatan mereka lewat pembaruan iOS 16.4 yang baru diluncurkan belum lama ini.

Fitur dan peningkatan baru tersebut pun sudah bisa dicicipi oleh para pengguna yang memakai iPhone 8 ke atas. Untuk memasang pembaruannya, kita bisa mengecek halaman Settings > General > Software Updates lalu mengetuk tombol Download and install.

Pembaruan mayor keempat untuk iOS 16 ini setidaknya membawa lima fitur baru dan peningkatan utama. Kita pun bisa melihatnya terlebih dahulu jika masih ragu-ragu untuk mengunduh dan memasang versi mutakhir ini.

1. Emoji Baru

Dalam daftar fitur dan peningkatan baru iOS 16.4, Apple memasukkan 21 buah emoji baru yang dapat memperkaya respons percakapan di aplikasi pesan instan. Jumlahnya pun bisa meningkat sampai 31 buah jika kita memasukkan variasi warna yang disediakan.

Lini emoji yang ditambahkan memuat sejumlah bentuk binatang seperti keledai, rusa besar, hingga ubur-ubur. Terdapat juga beberapa instrumen alat musik anyar di mana termasuk maracas dan seruling. Kita pun bisa menjumpai wajah gemetar maupun hati dalam tiga pilihan warna baru.

2. Web Push Notifications

Lewat pembaruan iOS 16.4, Apple juga menambahkan kemampuan pada aplikasi web yang kita pasang ke Home Screen supaya bisa mengirimkan notifikasi ke iPhone. Jadi kita tidak akan ketinggalan pemberitahuan penting dari mereka.

Seperti apa yang kita tahu, pembaruan iOS sebelumnya sudah memungkinkan kita untuk memasang sejumlah web ke Home Screen sebagai sebuah pintasan. Penambahan fitur Web Push Notifications tentu akan membuatnya semakin mirip dengan aplikasi biasa yang kita pasang dari Apple Apps Store.

3. Voice Isolation Untuk Panggilan Seluler

Bersama iOS 15 yang meluncur sebelumnya, Apple memperkenalkan fitur bernama Voice Isolation untuk FaceTime. Dukungan menarik ini pun kini akhirnya juga tersedia untuk panggilan telepon seluler lewat pembaruan iOS 16.4.

Dengan dukungan ini, suara kita bakalan terdengar dengan lebih jelas meskipun melakukan panggilan telepon seluler di tempat yang ramai. Voice Isolation nantinya akan berusaha memblokir berbagai macam gangguan atau kebisingan dari lingkungan sekitar.

4. Peningkatan Fitur Duplicates albums

Duplicates albums adalah sebuah fitur yang memungkinkan perangkat iPhone mendeteksi dan menghapus berkas-berkas gambar maupun video ganda di berbagai library secara lebih mudah. Dukungan ini meluncur pertama kali bersama pembaruan iOS 16.

Apple pun meningkatkan kemampuan dari dukungan ini melalui pembaruan iOS 16.4. Duplicates albums kini mendukung deteksi berkas-berkas ganda pada iCloud Shared Photo Library sehingga kita bisa mengosongkan lebih banyak ruang penyimpanan.

5. Dukungan Lebih Luas untuk VoiceOver

VoiceOver yang bisa membantu kita mengoperasikan perangkat dengan mudah meskipun tidak bisa melihat tampilan layar juga mendapatkan peningkatan dukungan di iOS 16.4. Kita kini dapat memakainya untuk membaca peta di aplikasi Weather.

6. Fitur Anyar Apple Podcast

Sejumlah fitur anyar untuk aplikasi Apple Podcast juga ikut meluncur bersama pembaruan iOS 16.4. Termasuk di antaranya meliputi Channels menu yang memuat daftar saluran dalam satu tempat serta Up Next di mana kini juga memasukkan episode dari Library tersimpan maupun acara yang tidak diikuti.

Yang tak kalah menarik, iOS 16.4 tak hanya menambahkan fitur baru untuk Apple Podcast di iPhone melainkan juga CarPlay. Kita kini bisa mengakses daftar episode dari Up Next dan Recently Played melalui tab Listen Now serta podcast rekomendasi di tab Browse.

7. Optimalisasi Fitur Crash Detection

Lini keluarga iPhone 14 membawa sebuah fitur menarik bernama Crash Detection yang akan secara otomatis berusaha menghubungi layanan dan nomor kontak darurat ketika terjadi kecelakaan dan pengguna tidak bisa menjangkau perangkatnya.

Sayangnya, fitur ini memang belum sempurna karena kadang-kadang masih salah mendeteksi situasi dengan pergerakan sangat cepat sebagai kecelakaan. iOS 16.4 pun hadir sebagai solusi dengan memberikan optimalisasi supaya Crash Detection bisa berfungsi dengan lebih baik.

8. Beta Updates Menu

Mengunduh pembaruan sistem beta juga bisa semakin mudah setelah iOS 16.4. Menu Beta Updates pasalnya kini akan ikut muncul di halaman Settings > General > Software Updates. Jadi kita bisa memasangnya tanpa perlu memasang configuration profile terlebih dahulu.

Menu Beta Updates akan memuat baik itu versi Developer yang tersedia bagi para pengembang terdaftar di Apple’s Developer Program maupun versi Public Beta. Bahkan di masa depan, seluruh distribusinya akan dilakukan lewat saluran ini untuk mencegah configuration profile dibagikan secara bebas.

9. Sejumlah Peningkatan Minor

Selain beberapa fitur dan peningkatan utama di atas, pembaruan iOS 16.4 juga membawa sejumlah penyesuaian minor untuk iPhone. Termasuk di antaranya meliputi perbaikan-perbaikan kecil yang mungkin tidak dapat kita sadari.

Berdasarkan release note yang diterbitkan oleh Apple, salah satunya adalah pengaturan aksesibilitas yang dapat meredupkan tayangan video secara otomatis ketika perangkat iPhone mendeteksi kilatan cahaya atau efek strobo.

Ada juga perbaikan untuk permintaan Ask to Buy dari anak yang semula tidak muncul di perangkat iPhone orang tua maupun peralatan termostat yang menjadi kurang responsif saat dihubungkan dengan Apple Home.

Meskipun iOS 16.4 membawa lumayan banyak fitur baru dan peningkatan, sayangnya hanya sebagian saja yang akan tersedia di semua wilayah. Beberapa secara khusus soalnya baru didukung oleh sistem di negara-negara tertentu seperti Amerika Serikat.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar