Aplikasi

Apa Itu Freeform yang Jadi Unggulan iOS 16.2?

Apa Itu Freeform iOS 16.2 - Header

Gadgetren – Bersama dengan pembaruan iOS 16.2 maupun iPadOS 16.2, Apple tak hanya memberikan peningkatan atau perbaikan sistem saja melainkan juga membawa beberapa fitur baru ke dalamnya.

Salah satu di antaranya turut menyematkan sebuah aplikasi baru bernama Freeform lewat pembaruan tersebut. Jadi perangkat-perangkat berbasis sistem iOS maupun iPadOS bisa dipakai secara lebih produktif.

Freeform sendiri termasuk salah satu fitur iOS 16.2 dan iPadOS 16.2 yang cukup menarik. Bagi kamu yang belum pernah mendengarnya, bisa menyimak penjelasan berikut untuk mengenal aplikasi ini secara lebih jauh.

Apa Itu Freeform yang Ada di iOS 16.2?

Freeform adalah aplikasi papan tulis atau kanvas digital yang memungkinkan pengguna mengatur dan menata konten virtual secara fleksibel. Kita bisa memakainya untuk berkolaborasi tanpa perlu mempertimbangkan tata letak maupun ukuran halaman.

Aplikasi ini dapat digunakan untuk menuangkan ide atau inspirasi dalam bentuk corat-coret, peta konsep, hingga presentasi. Kita bisa memakainya secara mandiri atau bersama-sama dengan orang lain untuk menyelesaikan sebuah pekerjaan.

Apple melengkapi aplikasi ini dengan dukungan yang relatif cukup lengkap. Di antaranya kita bisa menemukan berbagai macam gaya kuas dan pilihan warna yang bisa dipakai untuk membuat sketsa, catatan, hingga diagram.

Apa Itu Freeform iOS 16.2 - 1

Dukungan Kuas dan Warna Freeform

Dirancang sebagai perlengkapan untuk berkolaborasi, aplikasi ini juga akan menyimpan seluruh hasil pekerjaan ke iCloud. Kita makanya bisa mengaksesnya dengan mudah lewat berbagai macam perangkat Apple selama tersinkronisasi.

Selain itu, aplikasi ini pun dapat dipakai secara bersamaan saat kita melakukan panggilan video menggunakan FaceTime. Jadi kita tetap bisa bersama-sama menuangkan ide meskipun tidak dalam satu tempat.

Konten yang didukung oleh Freeform juga sangat luas. Kita dapat menambahkan foto, video, audio, dokumen, PDF, tautan, catatan tempel, hingga diagram. Kita bahkan bisa langsung menggunakan hasil kamera dari iPhone and iPad.

Apa Itu Freeform iOS 16.2 - 2

Freeform Dengan FaceTime

Kanvas digital ini juga mendukung berbagai macam gambar bentuk dasar dengan lebih dari 700 kemungkinan yang bisa digunakan. Kita pun diizinkan untuk mengubah warna, tulisan, ukuran, hingga bentuknya.

Saat menggunakan Freeform, kita pun bisa menambahkan hingga 100 kolaborator yang bisa diajak bekerja sama. Membuat undangan apalagi juga sangat mudah karena kita hanya perlu menarik kanvas yang diinginkan ke salah satu percakapan di aplikasi Messages.

Hingga saat tulisan diterbitkan, aplikasi Freeform sudah bisa digunakan secara gratis melalui iPhone, iPad, maupun Mac. Hanya saja kita memerlukan minimal sistem iOS 16.2, iPadOS 16.2, atau macOS Ventura 13.1.

Tinggalkan Komentar