Smartphone

Ini Fitur Baru iOS 16.2, Tak Hanya Bawa Peningkatan

Fitur Baru iOS 16.2 - Header

Gadgetren – Tak hanya berhenti sampai memamerkan iOS 16 dengan segala fitur dan dukungan barunya, Apple juga masih terus mengembangkan sistem operasi anyar tersebut seiring berjalannya waktu.

Belum lama ini, mereka bahkan meluncurkan pembaruan iOS 16.2 sebagai salah satu buktinya. Kita pun sudah bisa mengunduhnya secara resmi melalui halaman Settings > General > Software updates dengan mengetuk tombol Download and Install.

Yang cukup menarik, pembaruan iOS 16.2 tak hanya membawa perbaikan dan peningkatan saja. Sistem operasi terbaru tersebut juga menawarkan sejumlah fitur baru untuk melengkapi pengalaman pemakaian pengguna.

Fitur Baru iOS 16.2

Aplikasi Freeform

Sistem iOS 16.2 salah satunya membawa dukungan baru yang disebut dengan Freeform. Aplikasi yang juga tersedia lewat iPad OS 16.2 maupun macOS 13 ini memungkinkan kita berkolaborasi pada sebuah papan tulis digital.

Aplikasi ini dapat dimanfaatkan oleh pelajar, mahasiswa, maupun pegawai untuk membagikan berbagai macam hal seperti sketsa, catatan, file, link web, dokumen, foto, video, dan audio.

Apple Music Sing

Selain Freeform, iOS 16.2 juga menawarkan sebuah dukungan bernama Apple Music Sing. Aplikasi yang bisa diakses menggunakan iPhone, iPad, and Apple TV ini dapat digunakan untuk berkaraoke bersama-sama.

Apple Music Sing mempunyai fitur-fitur yang sangat lengkap seperti lirik real-time, vokal yang dapat disesuaikan, pengubah volume penyanyi aslinya, opsi vokal penyanyi latar, hingga tampilan duet untuk trek multi-penyanyi.

Advanced Data Protection

Diperkenalkan beberapa waktu lalu, Advanced Data Protection juga diimplementasikan ke dalam iOS 16.2. Dukungan ini secara khusus dirancang untuk memperluas enkripsi end-to-end ke kategori data iCloud tambahan.

Dengan dukungan tambahan ini, enkripsi kini juga akan diterapkan pada cadangan iCloud, cadangan Pesan, konten iCloud Drive, Catatan, Foto, Pengingat, Memo Suara, Penanda Safari, Pintasan Siri, dan Pass Dompet.

Arsitektur Aplikasi Home Baru

Sama seperti macOS Ventura 13.1, iOS 16.2 pun memperkenalkan arsitektur baru untuk aplikasi Home yang menghadirkan kinerja lebih cepat dan andal. Hanya saja kita juga perlu memasangkannya dengan software HomePod 16.2 untuk memakainya.

Setelan AirDrop Baru

Bersama dengan peluncuran iOS 16.2, Apple pun menambahkan setelan baru untuk AirDrop. Pengaturannya kini akan disetel ke Contact Only secara mendasar dengan opsi ke semua orang yang dibatasi selama 10 menit saja.

Setelan Always on Display

Setelan untuk layar Always on Display juga semakin lengkap dengan adanya pembaruan iOS 16.2. Kini tersedia opsi untuk mengatur wallpaper maupun notifikasi yang bisa diakses melalui halaman Settings > Display & Brightness > Always On Display.

Widget Sleep dan Medication untuk Layar Kunci

Setelah mendapat opsi kustomisasi yang lebih baik, layar kunci di sistem iOS 16.2 juga memperoleh dua widget baru. Keduanya adalah Sleep yang dipakai untuk melihat data tidur terbaru pengguna dan Medications untuk pengingat jadwal meditasi.

Tinggalkan Komentar