Tekno

Deretan Fitur Baru One UI 5 yang Bisa Bikin Handphone Lebih Personal

Fitur Baru One UI 5 - Header

Gadgetren – Samsung sudah mulai mendistribusikan pembaruan antarmuka One UI 5 secara bertahap ke berbagai macam perangkat yang mendukungnya di seluruh penjuru dunia, termasuk Indonesia.

Seperti pembaruan-pembaruan sebelumnya, antarmuka baru dari Samsung tersebut juga menawarkan berbagai macam fitur dan dukungan anyar yang mana menawarkan kebebasan kepada para pengguna untuk memilih pengalaman pemakaiannya sendiri.

Mulai dari kustomisasi tampilan hingga berbagai macam fungsi cerdas, kita dapat menjumpainya pada antarmuka sistem tersebut. Kamu yang penasaran dengan fitur-fitur baru dari One UI 5 dapat menyimaknya pada penjelasan berikut.

Fitur Baru One UI 5

Implementasi Material You Lebih Baik

Meskipun sudah diimplementasikan sejak One UI 4, desain Material You masih terasa setengah matang karena perubahan palet warnanya belum menyeluruh. One UI 5 pun hadir untuk mencoba memperbaiki hal tersebut.

Lewat antarmuka baru tersebut, perubahan palet warna akan berlaku untuk seluruh sistem termasuk pengatur volume. One UI 5 dalam hal ini nanti akan menyediakan 16 tema preset berdasarkan wallpaper yang dipasang atau 12 tema dasar.

Selain akan berlaku untuk seluruh sistem, perubahan palet warna di One UI 5 juga terjadi pada ikon aplikasi buatan pihak ketiga. Ada juga opsi untuk mematikannya yang bisa ditemukan di halaman Settings > Wallpaper and style > Color palette.

Pengaturan Widget Anyar

One UI 5 juga turut menyempurnakan fitur Widget Stacking dari One UI 4. Jika sebelumnya memerlukan proses yang lumayan panjang, kini kita hanya perlu mengetuk Smart Widget beberapa detik, mengetuk opsi Widget Stacking, lalu memilih widget yang ingin ditumpukkan.

Peningkatan fitur Widget Stacking pun diikuti dengan sebuah kemampuan bernama Smart Suggestion. Dengan begitu, sistem nanti akan menyarankan aplikasi dan tindakan tertentu dalam bentuk sebuah widget sesuai pola pemakaian dan konteks aktivitas pengguna.

Penyegaran Panel Notifikasi

Samsung juga menyempurnakan panel notifikasi lewat One UI 5. Tampilannya dibuat semakin intuitif sehingga kita bisa lebih mudah mengidentifikasi aplikasi atau layanan yang mengirim pemberitahuan ke handphone.

Pengaturan Layar Kunci

Menyalin fitur yang dibawa oleh iOS 16, Samsung pun menambahkan pengaturan layar kunci yang semakin praktis. Kita kini hanya perlu menekan tampilan selama beberapa detik untuk menambahkan widget, mengubah wallpaper, atau mengatur notifikasi tanpa perlu membuka Settings.

Dukungan Multi-pengguna

Penambahan dukungan multi-pengguna akhirnya juga hadir setelah sekian lama berkat antarmuka One UI 5. Dengan begitu, kita kini dapat menambahkan beberapa pengguna dengan pengaturan homescreen, kumpulan aplikasi, maupun akun Google yang tidak saling berkaitan.

Pengaturan multi-pengguna ini bisa ditemukan di halaman Settings > Accounts and backup > Users. Kita kemudian hanya perlu mengaktifkan setelannya lalu mengetuk opsi Add user untuk menambahkan pengguna baru.

Gesture Multitasking Baru

Bersama dengan peluncuran One UI 5, Samsung juga menguji dua gesture anyar untuk mempermudah pengguna melakukan multitasking. Keduanya adalah Swipe for pop-up view untuk mengubah jendela aplikasi ke tampilan melayang dan Swipe for split screen untuk membagi layar.

Karena masih bersifat eksperimental, kedua gesture anyar ini belum masuk ke pengaturan gesture melainkan Labs. Kita bisa mengaktifkan setelannya dengan membuka halaman Settings > Advanced features > Labs.

Security and Privacy Hub

Untuk mempermudah para pengguna mengamankan handphone dan data pribadinya, One UI 5 pun menggabungkan bagian Security dan privacy menjadi satu tempat. Tidak ada fitur baru tetapi tampilannya kini lebih praktis untuk digunakan.

Modes and Routines

One UI 5 pun turut mendesain ulang Bixby Routines menjadi Modes and Routines. Tak hanya berganti nama, fitur otomatisasi rutinitas di dalamnya pun semakin baik dengan penambahan aksi dan pemicu baru.

Ditambah dengan dukungan bernama Modes, kita kini pun bisa membuat pengaturan khusus untuk berbagai macam aktivitas yang berbeda dari kehidupan kita. Kita misalnya bisa membuat mode berkendara dengan opsi meluncurkan aplikasi Google Maps dan membisukan notifikasi secara otomatis.

Text Recognition di Gallery

Jika sebelumnya hanya tersedia lewat Bixby Vision, One UI 5 kini membawa fitur Optical Character Recognition (OCR) ke aplikasi Gallery. Kita kini makanya bisa semakin mudah untuk menyalin atau membagikan teks dari sebuah gambar.

Peningkatan Fungsi Call Background

Antarmuka baru tersebut juga membawa peningkatan fungsi Call Background. Apabila sebelumnya terbatas pada opsi tertanam di dalam sistem, kita kini dapat mengubah gambar sesuai keinginan untuk setiap basis kontak.

Peningkatan Aplikasi Kamera

Aplikasi kamera pun tak luput dari peningkatan. One UI 5 misalnya sekarang akan menampilkan histogram saat kita mengakses mode pro sehingga bisa lebih mudah dalam mengidentifikasi sebaran cahaya atau exposure.

Di halaman pengaturan aplikasi kamera, kita kini juga akan menemukan setelan baru untuk watermark. Kita dalam hal ini bisa memakainya untuk menambahkan nama perangkat, teks khusus, atau tanggal dan waktu. Samsung bahkan memungkinkan kita menyesuaikan font dan perataannya.

Opsi Menonaktifkan RAM Plus

Yang tak kalah menarik, One UI 5 juga menghadirkan setelan untuk mematikan RAM Plus. Fitur ini memang bisa bermanfaat jika kita kekurangan memori tetapi tidak akan berarti apa-apa saat handphone mempunyai kapasitas RAM besar.

RAM Plus justru bisa mengurangi sebagian ruang penyimpanan di handphone. Di One UI 5, kita untungnya bisa mematikan fitur ini melalui halaman Settings > Battery & Device care > Memory > RAM Plus.

Tinggalkan Komentar