Tips dan Trik Aplikasi

Cara Membagikan Catatan di Instagram Lewat Fitur Note

Cara Membagikan Catatan di Instagram - Header

Gadgetren – Instagram telah menghadirkan fitur baru yang memungkinkan kita bisa mengunggah status dalam tulisan dan emoji. Fitur baru ini disebut Note atau catatan.

Mungkin banyak yang mengartikan fitur catatan bisa berisi banyak karakter sehingga bisa menjadi cerita. Akan tetapi fitur ini sebenarnya hanya memberikan fasilitas agar pengguna bisa membagikan pikiran dalam bentuk tulisan dan emoji.

Dengan fitur Note, kita bisa menuliskan atau mencatat apa yang sedang kita pikirkan dalam jumlah karakter maksimal 60 kata. Jika melebihi jumlah karakter tersebut, maka catatan yang kita buat tidak bisa diunggah dan dibagikan.

Fitur catatan ini memberikan cara lain buat kita berinteraksi dengan pengikut dan teman selain menggunakan fitur Instagram Story, mengunggah foto dan video, maupun membagikan Reels maupun siaran langsung Instagram.

Sama seperti Instagram Story, fitur catatan sifatnya tidak permanen melainkan akan tayang selama 24 jam. Setelah itu catatan akan hilang dengan sendirinya. Menurut pantauan saya, saat ini tidak ditemukan arsip khusus catatan itu sendiri setelah kita mengunggahnya.

Seperti biasa arsip di Instagram hanya menyimpan unggahan story, feed, dan siaran langsung. Fitur catatan ini tidak ada di halaman beranda Instagram melainkan bisa ditemukan pada halaman inbox atau pesan langsung (direct message).

Deretan pesan di bagian atas tampilan fitur catatan menyerupai Instagram Story dimana kita termasuk pengikut akan muncul ketika mengunggah status catatan. Kamu cukup mengetuk foto profil mereka untuk membalas catatan yang dibuat dan nantinya akan masuk ke pesan.

Di sana kita bisa membalas kembali apa yang dikomentari teman pada catatan yang telah kita buat sebelumnya. Kamu yang belum mengetahui cara menggunakan fitur catatan dan membagikannya di Instagram bisa menyimak langkah-langkahnya di bawah ini.

Cara Membagikan Catatan di Instagram

  • Masuk ke aplikasi Instagram di handphone.
  • Ketuk tombol ikon pesan di pojok kanan atas layar. cara-bagikan-catatan-di-IG-1
  • Ketuk tombol ikon Your note dengan foto profil di sebelah kiri layar. cara-bagikan-catatan-di-IG-2
  • Ketuk tombol Leave a new note. cara-bagikan-catatan-di-IG-3.
  • Tulis catatan baru. cara-bagikan-catatan-di-IG-4
  • Ketuk tombol Share atau Bagikan.

Setelah maupun sebelum membaginya, kamu juga bisa mengatur apakah catatan hanya bisa dibaca oleh teman terdekat saja yang dipilih atau untuk semua pengikut.

Apabila jumlah karakter yang disediakan tidak mencukupi menampung pikiran kamu, maka kamu bisa membuat beberapa kali status catatan. Apalagi tidak ada batasan untuk mengunggah catatan sehingga kamu bisa sewaktu-waktu membuat catatan kembali dalam satu hari.

Tinggalkan Komentar