Tekno

MediaTek Helio G99 Setara dengan Chipset Snapdragon Berapa ya?

MediaTek Helio G99 Setara Dengan Snapdragon Berapa - Header

Gadgetren – MediaTek Helio G99 kini telah menjadi chipset andalan sejumlah perusahaan dalam mengembangkan handphone-handphone kelas menengah, khususnya untuk kisaran harga Rp2-4 jutaan.

Chipset menengah buatan MediaTek ini bahkan sudah digunakan oleh beberapa model handphone yang dipasarkan di Indonesia. Termasuk di antaranya meliputi Infinix Zero 20, seri TECNO POVA 4, maupun vivo V25e.

Dipakainya chipset ini di beberapa handphone tersebut tentu bisa membuat sebagian di antara kita penasaran dengan kemampuannya. Bahkan mungkin ada yang ingin tahu MediaTek Helio G99 setara dengan Qualcomm Snapdragon berapa.

Spesifikasi Dasar MediaTek Helio G99

MediaTek Helio G99 merupakan chipset yang dikembangkan berdasarkan arsitektur ARM big.LITTLE. Intinya terdiri dari 2x ARM Cortex-A76 berkecepatan hingga 2,2GHz dan 6x ARM Cortex-A55 hingga 2,0GHz.

Untuk menunjang kemampuan grafisnya, chipset ini dilengkapi dengan GPU ARM Mali-G57 MC2. MediaTek pun mendorongnya dengan menyematkan dukungan resolusi layar hingga 2520 x 1080 piksel dengan refresh rate hingga 120Hz.

Helio G99 TECNO POVA

Pengelolaan datanya pun sudah menggunakan memori berkinerja tinggi. RAM bertipe LPDDR4X dan media penyimpanan UFS 2.2 yang dipakainya tentu mampu memberikan akses data cepat untuk memaksimalkan kemampuan saat bermain game dan beraktivitas sehari-hari.

Kita pun tak perlu khawatir dengan efisiensi pemakaian dayanya karena chipset ini sudah dibangun memakai manufaktur TSMC N6 yang mempunyai ukuran 6nm. Makanya tak mengherankan jika MediaTek Helio G99 juga tidak akan cepat panas.

ISP (Image Signal Processor) yang dipakai MediaTek Helio G99 juga tergolong mumpuni. Handphone yang menggunakan chipset ini mampu mendukung kamera tunggal hingga 108MP atau ganda hingga 16MP + 16MP.

MediaTek Helio G99 Setara dengan Qualcomm Snapdragon Berapa?

Berdasarkan hasil benchmark yang dilakukan tim JagatReview pada vivo V25e, MediaTek Helio G99 mampu mendapatkan skor AnTuTu V9 hingga 376.676 poin. Kita bisa menyetarakannya dengan Qualcomm Snapdragon 695 jika melihat data tersebut.

Meskipun basis arsitektur yang sedikit lebih mutakhir, Snapdragon 695 berdasarkan catatan kami hanya mampu mengumpulkan 375.370 poin pada saat diuji dengan AnTuTu V9. Pengujian tersebut secara khusus kami lakukan pada OPPO Reno7 Z 5G.

Sedikit informasi bagi kamu yang belum tahu, Snapdragon 695 sebenarnya mempunyai arsitektur yang lebih anyar. Chipset tersebut dibangun berdasarkan Qualcomm Kryo 660 (2x ARM Cortex-A78 berkecepatan hingga 2,2GHz + 6x ARM Cortex-A55 hingga 1,7GHz) dengan manufaktur serupa.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar