Tekno Tips dan Trik

Kapan FUP IndiHome Direset Untuk Mengembalikan Kecepatan Internet?

Kapan FUP IndiHome Di-reset Header

Gadgetren – Untuk menciptakan lingkungan yang adil tanpa pelanggan dengan penggunaan berlebihan, IndiHome menerapkan batas pemakaian wajar atau FUP (Fair Usage Policy) untuk produk-produknya.

Dengan ketentuan berbeda-beda untuk paket yang ditawarkan, FUP akan melindungi pelanggan dari orang-orang yang sering menggunakan layanan seenaknya. Termasuk di antaranya mereka yang gemar mengunduh video atau game berukuran besar.

Seperti apa yang kita tahu, proses mengunduh berkas biasanya akan membutuhkan bandwidth yang lebih besar. Jadi kualitas internet di jaringan yang digunakan pun bisa menurun sehingga akan memengaruhi kenyamanan pelanggan lain jika dilakukan secara terus-menerus.

Hanya saja di sisi lain, kita pun wajib mematuhi ketentuan batas pemakaian wajar yang diterapkan oleh IndiHome. Kecepatan akses internet soalnya akan disesuaikan menjadi lebih rendah saat kita sudah melebihinya.

Untungnya kita tidak perlu khawatir karena IndiHome akan mengeset ulang (reset) FUP untuk produk-produknya setiap bulan. Adapun berikut ini ketentuan waktunya bagi kamu yang masih belum tahu.

Kapan FUP IndiHome Direset Setiap Bulannya?

Sesuai dengan kebijakan yang berlaku, FUP untuk setiap paket yang ditawarkan oleh IndiHome akan direset secara otomatis setiap awal bulan. Biasanya akan dilakukan tepat pada tanggal 1 untuk seluruh pelanggan.

Setelah dilakukan reset, kuota pemakaian bulanan dari paket yang dipilih akan berubah menjadi 0GB. Kecepatan akses internet pada jaringan IndiHome juga akan normal lagi sehingga setiap aktivitas yang dikerjakan pun bisa kembali berjalan lancar.

Bagi kamu yang belum tahu, setiap paket internet IndiHome sendiri akan mengalami dua kali penyesuaian kecepatan. Hanya saja masing-masing mempunyai ketentuan dan batas pemakaian wajar yang cukup berbeda.

Misalnya untuk paket internet 10Mbps, kita akan memperoleh FUP pertama sebesar 300GB dan kedua 350GB. Kecepatan akses internet akan diturunkan secara berturut-turut menjadi 7,5Mbps dan 3Mbps setelahnya.

Sementara untuk paket internet 20Mbps, FUP akan dikenakan setelah pemakaian melewati 500GB dan 750GB sedangkan kecepatan akses internet setelahnya pun akan disesuaikan menjadi 10Mbps dan 4Mbps.

Selain menunggu waktu reset, kita sebenarnya juga bisa mengembalikan kecepatan akses internet IndiHome dengan membeli paket tambahan Speed On Demand atau menggunakan fitur Renew. Keduanya bisa menjadi solusi jika FUP sudah terlewati padahal masih berada di pertengahan bulan.

Supaya bisa mengakses internet secara lebih nyaman, kita makanya perlu rajin-rajin mengecek kuota pemakai IndiHome. Kita dalam hal ini dapat melakukannya melalui aplikasi myIndiHome maupun halaman webnya secara langsung.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar