ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik

Cara Cek FUP IndiHome Biar Pemakaian Tidak Bablas

Cara Cek FUP IndiHome Header

Gadgetren – Berbeda dengan sejumlah penyedia layanan internet unlimited, IndiHome memang menerapkan sistem batas pemakaian wajar atau FUP (Fair Usage Policy) ke dalam ekosistem jaringannya.

Hal ini ditunjukkan agar para pelanggan bisa memperoleh layanan yang adil. Sistem FUP soalnya akan melindungi kita dari heavy user atau pengguna yang memanfaatkan jaringan secara berlebihan di mana umumnya bisa mempengaruhi kualitas internet.

Sistem FUP akan membatasi heavy user agar menggunakan jaringan secara normal. Mereka akan dipaksa memanfaatkan akses internet lebih bijak karena kecepatan akan diturunkan ketika kuota batas pemakaian wajar sudah tercapai.

Sayangnya, penerapan sistem FUP di dalam layanan IndiHome bisa berbeda-beda untuk setiap paket internet. Walaupun dalam hal ini, mereka secara umum akan menurunkan kecepatan hingga sebanyak dua kali sesuai batas kuotanya.

Mengecek FUP atau sisa kuota di layanan IndiHome untungnya bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Kita makanya bisa mengatur pemakaian dengan lebih mudah agar senantiasa mendapatkan layanan internet yang maksimal.

Cara Cek FUP Indihome Lewat Web

  • Catat ID pelanggan atau nomor internet IndiHome
  • Buka peramban seperti Chrome
  • Kunjungi halaman https://subsystem.indihome.co.id/prepaid-system/sisakuota
  • Masukan ID pelanggan atau nomor internet ke kolom atas untuk cek FUP
  • Ketik kode sesuai captcha yang muncul
  • Ketuk tombol Submit
  • Informasi mengenai sisa kuota FUP akan muncul jika data benar

Apabila membutuhkan cara yang praktis untuk mengecek sisa kuota FUP IndiHome, maka metode di atas jadi salah satu opsi yang bisa dicoba. Kita soalnya tidak perlu lagi memasang aplikasi atau bahkan login ke dalam layanan.

Namun jika membutuhkan opsi yang lebih lengkap, kita pun perlu mempertimbangkan untuk menggunakan aplikasi myIndiHome. Kamu dapat menyimak pemaparan berikut apabila belum tahu cara memakainya.

Cara Cek FUP Indihome Lewat Aplikasi

  • Pasang aplikasi myIndiHome
  • Login dengan akun yang sudah ditautkan ke ID pelanggan IndiHome terkait
  • Setelah masuk ke halaman utama, geser kotak Total Tagihan Anda ke kanan
  • Ketuk kotak Penggunaan Bulan Ini

Berbeda dengan pengecekan lewat halaman pemakaian kuota IndiHome, informasi mengenai FUP akan ditampilkan dalam bentuk bar yang diletakkan di bawah total penggunaan bulanan. Batas pemakaian wajar sudah tercapai apabila seluruh garis sudah berwarna merah.

Selain untuk mengecek FUP IndiHome, aplikasi yang kini bisa diunduh dari Google Play Store maupun Apple Apps Store ini memungkinkan kita membeli paket Renew untuk mengembalikan kecepatan akses internet. Hal ini bisa dilakukan jika kita tidak mau menunggu reset kuota bulanan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar