ASUS TUF Gaming FX507
Tekno

Berapa Batas FUP IndiHome 30 Mbps dan Lainnya? Ini Daftar Rincinya

Berapa Batas FUP IndiHome Header

Gadgetren – Saat memerlukan layanan internet rumahan, IndiHome memang bisa menjadi salah satu alternatif pas karena mempunyai jaringan fiber optik yang sudah tersebar ke berbagai penjuru Indonesia.

Penyedia layanan internet pelat merah tersebut apalagi juga mempunyai sejumlah produk seperti telepon kabel dan televisi interaktif sebagai tambahan. Pilihan paket yang mereka tawarkan juga sangat beragam sehingga lebih mudah disesuaikan dengan kebutuhan.

Sayangnya, layanan internet yang mereka sediakan masih menggunakan sistem batas pemakaian wajar atau Fairly Usage Policy (FUP). Tujuannya untuk menciptakan ekosistem yang adil dan melindungi pelanggan dari heavy user dengan pemakaian berlebihan.

Dengan penerapan sistem FUP ini, pelanggan pun harus berlaku bijak dalam memanfaatkan layanan IndiHome. Kecepatan akses internet soalnya bakalan diturunkan hingga 80 persen apabila pemakaian sudah melebihi batas kuota yang ditentukan.

Penerapan batas FUP pun bisa berbeda-beda untuk setiap pelanggan tergantung paket internet yang digunakannya. Hanya saja secara umum biasanya akan ditetapkan sesuai bandwidth walaupun memang bisa berubah karena beberapa hal seperti promo atau ketentuan khusus.

Berapa Batas FUP IndiHome

Paket Internet 10Mbps

  • Batas FUP pertama: 300GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 7,5Mbps
  • Batas FUP kedua: 350GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 3Mbps

Paket Internet 20Mbps

  • Batas FUP pertama: 500GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 10Mbps
  • Batas FUP kedua: 750GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 4Mbps

Paket Internet 30Mbps

  • Batas FUP pertama: 700GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 15Mbps
  • Batas FUP kedua: 1.100GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 6Mbps

Paket Internet 40Mbps

  • Batas FUP pertama: 800GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 20Mbps
  • Batas FUP kedua: 1.500GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 8Mbps

Paket Internet 50Mbps

  • Batas FUP pertama: 1.200GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 25Mbps
  • Batas FUP kedua: 1.800GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 10Mbps

Paket Internet 100Mbps

  • Batas FUP pertama: 1.800GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 50Mbps
  • Batas FUP kedua: 2.000GB dengan kecepatan akses disesuaikan menjadi 20Mbps

Secara umum, IndiHome mempunyai dua batas FUP dalam layanan mereka dengan kuota tambahan sebagai bonusnya. Jadi pelanggan nantinya akan mengalami hingga sebanyak dua kali penyesuaian kecepatan akses internet karena hal itu.

Pada penyesuaian pertama, kecepatan akses internet pelanggan IndiHome hanya akan diturunkan hingga 50 persen. Selanjutnya nanti baru disesuaikan sampai 80 persen setelah melewati batas FUP yang kedua.

Apabila melambat sebelum mencapai batas FUP maka kemungkinan besar sedang terjadi gangguan. Kita secara khusus secara khusus dapat mengecek pemakaian internet IndiHome dengan menggunakan aplikasi MyIndiHome maupun situs resminya.

Kita yang terkena penyesuaian pun dapat menunggu kuota di-reset setiap awal bulan. Hanya saja jika memerlukan layanan internet berkecepatan tinggi sebelum itu maka kita bisa menggunakan fitur Renew atau membeli paket add-on Speed On Demand.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar

2 Komentar

  • Kok beda ya dgn info yg sy terima utk FUP 100mbps ?
    Kalo yg sy denger FUP nya bertahap. Kuota Totalnya 2000Gb.
    Kecepatan akan turun 25% jika sdh memakai 1000Gb lalu akan turun lagi menjadi 50% setelah menggunakan 2000Gb.

    • Terkadang indihome punya kebijakan berbeda untuk setiap daerah, jadi memang selalu harus pastikan lagi lewat customer service indihome