Tips dan Trik Aplikasi

Ini Alasan Kenapa Foto WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri Handphone

WhatsApp Feature Diagonal

Gadgetren – WhatsApp telah menjadi salah satu aplikasi chat yang digunakan oleh banyak orang di berbagai negara, termasuk Indonesia.

WhatsApp memungkinkan proses chat hingga mengirimkan foto, video, dan dokumen dapat dilakukan secara real time dalam ruang obrolan bersama orang lain maupun grup.

Bahkan kamu pun dapat memantau status penerima chat apakah sedang online, membalas pesan, atau tidak aktif. Meskipun fiturnya banyak yang menarik untuk digunakan, namun ada kalanya foto-foto yang diterima di ruang chat aplikasi ternyata tidak dapat tersimpan langsung ke galeri handphone.

Jika mengalami hal tersebut, jangan panik terlebih dulu karena kamu dapat melihat beberapa alasan dan solusinya berikut.

Alasan Kenapa Foto WhatsApp Tidak Tersimpan di Galeri

1. Auto Save Dinonaktifkan

Terkadang untuk menghemat kapasitas penyimpanan internal agar tidak cepat penuh, maka fitur Auto Save dari aplikasi WhatsApp justru dimatikan sehingga membuat foto yang diterima di WhatsApp tidak akan disimpan secara langsung.

Dengan begitu, kamu sebaiknya mengaktifkan kembali fitur Auto Save di WhatsApp yang bisa ditemukan pada pengaturan Chat agar foto-foto yang diunggah pada ruang chat juga dapat terlihat di Galeri handphone.

2. Hari dan Tanggal Tidak Sesuai Waktu Nyata

Terkadang pada beberapa pengguna tidak menyetel hari dan tanggal yang ada di sistem handphone sesuai dengan waktu nyata saat itu. Hal ini membuat server WhatsApp kesulitan untuk sinkronisasi akibat perbedaan waktu tersebut.

Hal ini tentunya menyebabkan foto yang muncul di ruang chat WhatsApp tidak dapat diunduh maupun disimpan di Galeri. Untuk itulah pastikan bahwa hari dan tanggal di perangkat sudah sesuai dan benar dengan wilayah kamu berada.

3. Koneksi Internet Lambat

WhatsApp merupakan aplikasi chat yang membutuhkan koneksi internet. Apabila kamu berada di lokasi dengan jaringan tidak stabil atau lambat, maka kemungkinan besar foto tidak dapat tersimpan secara langsung.

Sebaiknya kamu mencari lokasi yang memiliki koneksi internet yang stabil dan cepat agar bisa mengunduh dan menyimpan foto-foto yang ada di WhatsApp.

4. Kapasitas Penyimpanan Hampir Penuh

Pada saat kapasitas penyimpanan di handphone hampir penuh, maka secara otomatis sistem akan menolak permintaan untuk menyimpan foto dari WhatsApp. Hal ini dilakukan oleh sistem untuk mencegah terjadi hang atau freeze pada perangkat ketika penyimpanan benar-benar penuh.

Bahkan kapasitas penyimpanan handphone yang hampir penuh juga bisa menyebabkan beberapa aplikasi tidak berjalan dengan mulus atau Force Close. Sebaiknya kamu pun membersihkan atau menghapus beberapa file tidak penting agar handphone dapat berjalan lancar kembali.

Tinggalkan Komentar