Aplikasi Tips dan Trik

Cara Agar Foto Dan Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis di Galeri

Cara Agar Foto Dan Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis Header

Gadgetren – WhatsApp merupakan aplikasi chat yang banyak digunakan orang untuk saling bertukar pesan, berkirim file, maupun komunikasi lewat video call.

Dengan proses chat yang dilakukan secara real time, berkirim file seperti foto dan video menjadi salah satu penyebab pemakaian kapasitas penyimpanan handphone semakin tinggi.

Apalagi pada saat kamu menerima foto dan video, maka aplikasi WhatsApp akan menyimpannya secara otomatis agar dapat langsung dilihat di Galeri tanpa perlu membuka WhatsApp lagi. Namun, semakin banyak foto dan video yang masuk akan membuat kapasitas penyimpanan menjadi cepat habis.

Untungnya pada WhatsApp terdapat fitur yang dapat mengaktifkan dan mematikan fitur pengunduhan otomatis baik itu untuk foto, video, audio, dan dokumen.

Cara Agar Foto Dan Video Whatsapp Tidak Tersimpan Otomatis

  1. Buka aplikasi WhatsApp di handphone
  2. Pada halaman utama aplikasi, pilih menu More Options yang berikon tiga titik di bagian kanan atas
  3. Pilih menu Settings lalu masuk ke Storage and Data
    WhatsApp Off Auto Download Part1
  4. Gulir ke kategori Media auto-download yang berisikan opsi When using mobile data, When connected on Wi-Fi, dan When Roaming
  5. Masuk ke opsi tersebut satu per satu
  6. Hilangkan tanda checklist pada Photos, Audio, Videos, Documents dan tekan tombol OK
  7. Apabila telah selesai, maka akan muncul tulisan No media pada ketiga opsi tersebut
    WhatsApp Off Auto Download Part2

Sebagai catatan, opsi When using mobile data dimaksudkan ketika handphone kamu terhubung lewat jaringan selular dari kartu SIM maka foto, video, audio, dan dokumen akan diunduh secara otomatis.

Sementara When connected on Wi-Fi menandakan bahwa file akan diunduh ketika handphone sedang terhubung dengan koneksi Wi-Fi dan When Roaming dimaksudkan data masih bisa diunduh ketika jaringan sedang roaming.

Setelah fitur Media auto-download pada ketiga opsi telah dinonaktifkan, maka WhatsApp tidak akan lagi secara otomatis mengunduh foto atau video langsung ke Galeri atau penyimpanan handphone. Dengan kata lain, kamu harus lebih dulu memberikan izin sebelum data diunduh.

Bisa dibilang fitur ini sangat cocok bagi kamu yang menggunakan handphone dengan kapasitas penyimpanan kecil atau terbatas.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar