Tips dan Trik Handphone

Apakah Bisa Screenshot Handphone Samsung dengan Fitur Swipe 3 Jari?

Cara Screenshot Handphone Samsung Dengan 3 Jari Header

Gadgetren – Handphone-handphone buatan Samsung dilengkapi dengan fitur screenshot yang sangat mudah untuk digunakan melalui antarmuka sistem operasi bernama One UI di dalamnya.

Dengan menggunakan fitur ini, kita pun bisa mengabadikan tampilan dari aplikasi, web, hingga sistem lalu menggunakannya sesuai kebutuhan. Misalnya untuk membagikan pengaturan atau detail kemampuan karakter sebuah game.

Selain screenshot biasa, Samsung apalagi secara khusus melengkapi handphone-handphone buatannya dengan fitur Scroll Capture. Jadi kita pun dapat mengambil tampilan layar berukuran panjang seperti artikel web atau percakapan di aplikasi chat.

Samsung sendiri menyediakan beberapa cara yang bisa dipakai untuk mengakses fitur screenshot di handphone miliknya agar bisa disesuaikan dengan preferensi masing-masing pengguna. Walaupun dalam hal ini untuk setiap model bakal membawa opsi berbeda-beda sesuai dengan spesifikasinya.

Berkaitan dengan fitur screenshot Samsung, beberapa waktu belakangan banyak yang mencari-cari cara menggunakannya dengan gesture usapan 3 jari yang mana biasanya menjadi salah satu cara alternatif untuk mengambil screenshot di handphone tertentu.

Namun apakah metode ini bisa dipakai di handphone buatan perusahaan asal Korea Selatan tersebut?

Apakah Ada Cara Screenshot di Handphone Samsung Dengan 3 Jari?

Secara mendasar, screenshot dengan gesture tiga jari belum tersedia di handphone-handphone milik Samsung. Perusahaan teknologi tersebut soalnya memilih metodenya sendiri dalam menghadirkan fitur ini yang mana cukup berbeda dibandingkan lainnya.

Berdasarkan penelusuran yang saya lakukan, fitur screenshot ini bahkan belum bisa kita dapatkan dengan aplikasi atau layanan pihak ketiga. Memang ada beberapa metode yang diklaim dapat dipakai tetapi setelah saya coba hasilnya tetap nihil, mungkin dikarenakan tergantung dengan versi OneUI yang digunakan.

Screenshot dengan tiga jari memang umum dipakai di beberapa merek handphone seperti realme. Hanya saja untuk perangkat buatan Samsung, kita harus mengandalkan beberapa metode yang mana memang sedikit berbeda namun tidak kalah praktisnya.

Bagi kamu yang belum tahu, setidaknya ada tiga cara yang dapat digunakan. Termasuk di antaranya meliputi screenshot dengan tombol fisik, menggunakan gesture usapan layar, serta memanfaatkan dukungan tambahan bernama Assistant Menu.

Cara Screenshot Samsung dengan Tombol Fisik

  1. Buka halaman yang mau di-screenshot
  2. Pencet tombol Volume Down dan Power bersamaan lalu lepaskan
  3. Jika berhasil, akan muncul pratinjau gambar hasil screenshot

Meskipun menjadi metode paling praktis karena tidak memerlukan pengaturan apapun, screenshot dengan tombol fisik sayangnya dapat membuat komponen tombol power dan volume menjadi lebih cepat aus. Kita makanya perlu mempertimbangkan metode gesture untuk mengurangi pemakaian jika sering membutuhkan tangkapan layar.

Walaupun begitu, tidak masalah jika kamu hanya sesekali mengambil screenshot menggunakan kombinasi tombol karena memang dibuat untuk tahan terdahap tekanan berulang kali. Namun tentu tidak ada salahnya untuk berupaya untuk membuat umur komponen perangkat lebih awet.

Cara Screenshot Samsung dengan Gesture

  1. Buka Settings di handphone
  2. Kunjungi halaman Advanced features
  3. Masuk ke menu Motions and Gestures
  4. Pastikan fitur Palm swipe to capture menyala
  5. Cari dan buka halaman yang ingin diabadikan
  6. Gunakan sisi samping telapak tangan mengusap layar dari samping kanan ke kiri atau sebaliknya
  7. Screenshot berhasil jika layar berkedip atau muncul pratinjau hasilnya

Fitur palm swipe to capture Samsung sayangnya hanya tersedia di handphone dengan layar Super AMOLED sehingga untuk handphone lawas atau yang masih menggunakan panel IPS perlu menggunakan cara lain. Jika belum memakai panel jenis itu maka kita bisa menggantinya dengan menggunakan bantuan Assistant menu.

Cara Screenshot Samsung dengan Assistant Menu

  1. Masuk ke halaman Settings
  2. Buka bagian Accessibility
  3. Ketuk menu Interaction and dexterity
  4. Nyalakan fitur Assistant menu
  5. Setelah menyala, akan muncul tombol Assistant menu melayang di sisi samping layar
  6. Kunjungi halaman yang ingin diabadikan
  7. Ketuk tombol Assistant menu melayang
  8. Ketuk opsi Screenshot

Untuk halaman-halaman yang mempunyai ukuran lebih dari satu layar seperti artikel web, percakapan di aplikasi chat, atau halaman pengaturan, kita nantinya juga akan menjumpai opsi Scroll capture setelah melakukan screenshot di handphone Samsung.

Nantinya area screenshot akan diambil memanjang sesuai dengan yang kamu inginkan. Cocok untuk mengambil tangkapan dari konten seperti suatu artikel maupun lainnya. Jadi kita pun dapat memanfaatkannya sesuai kebutuhan.

Tinggalkan Komentar