Tips dan Trik

Cara Screenshot Samsung Galaxy A23 Buat Kamu yang Mau Abadikan Layar

Cara Screenshot Samsung A23 - Header

Gadgetren – Mengambil screenshot atau tangkapan layar di Samsung Galaxy A23 bisa dilakukan dengan cukup mudah sama seperti handphone-handphone buatan Samsung masa kini.

Para pengguna kini bahkan dapat melakukannya tanpa perlu memasang aplikasi pihak ketiga seperti dulu. Antarmuka sistem Samsung Experience dan One UI soalnya sudah mendukung fitur screenshot secara mendasar.

Pada Galaxy A23, Samsung bahkan menyematkan beberapa metode yang bisa dipakai untuk mengaksesnya. Kita pun dapat memilih salah satu yang dianggap paling mudah dan praktis supaya bisa dilakukan dengan cepat.

Adapun termasuk di antaranya menggunakan tombol fisik dan fitur Assistant menu. Selain itu, terdapat juga opsi untuk melakukan screenshot panjang yang bisa dipakai untuk mengabadikan tampilan web atau percakapan di aplikasi pesan.

Untuk beberapa cara screenshot di atas, kita sayangnya tak jarang perlu melakukan sedikit pengaturan. Kamu yang belum bisa melakukan hal tersebut pun bisa mengikuti langkah-langkah berikut.

Cara Screenshot di Handphone Samsung Galaxy A23

Menggunakan Tombol Fisik

  1. Buka halaman yang mau di-screenshot
  2. Letakkan jari pada tombol Volume Down dan Power
  3. Tekan kedua tombol bersamaan lalu lepaskan
  4. Jika berhasil, akan muncul pratinjau hasil screenshot

Cara mengambil screenshot dengan tombol fisik tentu saja dapat menjadi opsi yang paling praktis untuk dipakai di Galaxy A23. Hanya saja perlu diingat bahwa komponen perangkat keras bakal lebih cepat aus jika sering digunakan.

Dalam rangka mengurangi risiko penurunan komponen, kita pun bisa beralih ke bentuk digital seperti salah satu di antaranya memanfaatkan fitur Assistant menu. Kita hanya saja perlu mengaktifkannya terlebih dahulu supaya bisa digunakan.

Memakai Assistant Menu

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke bagian Accessibility
  3. Cari dan pilih menu Interaction and Dexterity
  4. Aktifkan fitur Assistant menu
  5. Nantinya akan muncul tombol Assistant menu melayang
  6. Kunjungi halaman yang mau diabadikan
  7. Ketuk tombol Assistant menu melayang
  8. Klik Screenshots
  9. Akan muncul pratinjau hasil screenshot jika berhasil

Menggunakan Assistant menu tentu dapat menjadi alternatif yang cukup menarik. Selain screenshots yang bisa diakses dari mana saja, kita pun dapat memanfaatkannya untuk menggantikan beberapa tombol lain seperti navigasi, screen off (mematikan layar), serta volume.

Yang cukup menarik, kedua cara screenshot di Galaxy A23 di atas sama-sama mendukung pengambilan tangkapan layar berukuran panjang. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengabadikan halaman yang perlu digulirkan untuk melihat seluruh isinya seperti halaman web.

Screenshot Panjang

  1. Buka web atau halaman panjang yang mau ditangkap
  2. Gunakan salah satu cara screenshot di Galaxy A23
  3. Ketuk tombol Scroll capture (anak panah ke bawah) pada menu yang muncul bersama gambar pratinjau
  4. Lakukan beberapa kali hingga seluruh tampilan yang dimaksud berhasil diabadikan

Hasil screenshot bisa dilihat langsung dengan mengetuk gambar pratinjau yang muncul. Jika melewatkannya, kita pun bisa mengaksesnya melalui aplikasi Gallery, My Files, maupun aplikasi-aplikasi pengolah gambar seperti Snapseed, Lightroom, hingga VSCO.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar