Tips dan Trik Handphone

Cara Screenshot realme C3 Untuk Menyimpan Bukti Pembayaran Atau Lainnya

Cara Screenshot realme C3 Header

Gadgetren – Meskipun realme C3 telah diluncurkan tahun 2020 silam, namun perangkat ini masih digunakan oleh sebagian orang karena mempunyai spesifikasi yang menarik untuk kisaran harga yang ditawarkan.

Bahkan sebagian orang masih masih bertanya hal-hal seputar realme C3, seperti bagaimana cara untuk melakukan screenshot pada layar handphone tersebut agar bisa mengabadikan sebuah konten atau menyimpan suatu bukti seperti transaksi keuangan.

Untuk melakukan screenshot pada realme C3 pun dapat dilakukan dengan beberapa metode seperti kombinasi tombol fisik, menggunakan gesture 3 jari, hingga memanfaatkan fitur Google Assistant.

Sebenarnya kombinasi tombol fisik sudah tersedia pada handphone berbasis Android pada umumnya sehingga ini merupakan metode yang paling mudah dilakukan karena akan membuat kamu familiar walaupun terus berganti handphone.

Cara Screenshot realme C3

Menggunakan Kombinasi Tombol Fisik

  1. Buka kunci layar dari realme C3
  2. Pilih area yang akan diambil screenshot
  3. Tekan tombol power + volume bawah selama beberapa saat
  4. Pada saat layar berkedip dan suara shutter terdengar, maka screenshot sudah berhasil diambil
  5. Hasil gambar dapat dibuka pada aplikasi Gallery dan File Manager

Kombinasi tombol fisik tidak memerlukan sama sekali pengaturan di handphone dan kamu dapat langsung memakainya. Namun sebaiknya kamu juga harus berhati-hati agar tidak membuat tombol power dan volume bawah menjadi lebih cepat rusak.

Kita ketahui bersama bahwa tombol power sangat penting untuk menghidupkan atau menonaktifkan realme C3 sementara tombol volume bawah juga berguna untuk mengecilkan Apalagi tombol volume dan power juga terkadang berguna untuk menjadi tombol untuk navigasi dan memilih di Recovery Mode.

Untuk itulah kamu dapat memanfaatkan fitur gesture 3 jari yang secara bawaan sudah aktif sejak pertama kali realme C3 dinyalakan sebagai alternatif untuk mengambil screenshot.

Melalui Gesture 3 Jari

  1. Tentukan area yang akan kamu screenshot
  2. Sapu layar dari bagian atas ke bawah menggunakan tiga jari yang dirapatkan
  3. Selanjutnya suara shutter berbunyi dan layar berkedip yang berarti menandakan bahwa screenshot telah dilakukan
  4. Kamu dapat langsung melihat hasil screenshot tersebut melalui aplikasi Gallery maupun File Manager

Bisa dibilang hampir semua handphone besutan realme pun sudah memiliki fitur Gesture 3 jari yang telah aktif secara bawaan tanpa perlu melakukan pengaturan terlebih dulu. Namun jika kamu ingin mencoba cara lainnya, maka dapat menggunakan perintah suara melalui Google Assistant

Mengandalkan Google Assistant

  1. Cari terlebih dulu area yang akan diambil sebagaiscreenshot
  2. Selanjutnya, ucapkan OK Google
  3. Setelah Google Assistant aktif, maka ucapkan Take a Screenshot
  4. Apabila screenshot berhasil diambil, maka layar akan berkedip dan suara shutter terdengar

Itulah ketiga metode yang dapat memudahkan kamu dalam mengambil screenshot di realme C3 ketika kamu ingin menyimpan konten yang tampil di layar dalam bentuk gambar.

Tinggalkan Komentar