Tips dan Trik Aplikasi

Ini Ukuran Reels dan Story Instagram yang Benar Agar Terlihat Rapi Saat Dilihat

Cara Membuat Reels di Instagram Dengan Lirik - Header

Gadgetren – Reels dan Story di Instagram kini semakin sering digunakan oleh banyak orang, baik untuk membagikan kegiatan mereka maupun untuk sekadar berinteraksi dengan pengikut hingga memberi impresi untuk menambah follower.

Keduanya pun memiliki ukuran konten tersendiri agar pada saat diunggah bisa enak dilihat, rapi, dan menarik sehingga penonton pun ingin mengomentari setiap postingan Reels dan Story yang dibuat atau bahkan memberikan tanda like.

Jika Reels dan Story dibuat dengan ukuran yang tepat, maka video maupun gambar akan terlihat jelas dan tidak terpotong. Oleh karena itu penting sekali kita mengetahui berapa sih ukuran yang tepat untuk memposting Reels dan Story yang baik.

Untuk membuat Reels dan Story di Instagram dengan hasil yang bagus dan tidak berantakan kamu perlu mengetahui standar ukuran rasio dan resolusinya.

Ukuran Reels dan Story Instagram yang Pas

Sebenarnya Reels dan Story mengikuti ukuran layar handphone Android maupun iOS kebanyakan. Ukuran rasio keduanya untuk gambar dan video adalah 9:16 sedangkan untuk ukuran resolusi sebaiknya 1080 x 1920 piksel.

Selain bisa posting video dan foto, Reels dan Story juga bisa menyematkan jenis konten lainnya seperti gif, stiker, efek, musik, dan teks. Untuk akun yang sudah memiliki pengikut dalam jumlah besar, Story pun bisa ditautkan link tertentu sehingga pengunjung bisa mengetuk link tersebut dan akan diarahkan ke halaman link.

Perbedaan antara Reels dan Story hanya pada durasi penayangannya saja. Postingan Reels bisa dibilang permanen akan tampil di Feed, halaman profil kamu, dan tab Reels. Sementara Story akan otomatis terhapus selama 24 jam, namun masih bisa kamu lihat kembali lewat Arsip Story.

Aplikasi Untuk Mempercantik Instagram Reels - Header

Adapun rasio merupakan perbandingan antara lebar dan tinggi gambar. Biasanya rasio ditulis x:y yang mana x berarti lebar dan y berarti tinggi. Apabila rasionya 1:1, maka lebar dan tingginya sama. Begitu juga rasio 16:9, maka lebarnya hampir dua kali dari tingginya tidak.

Sementara resolusi menjadi tolak ukur yang sangat penting pada sebuah gambar dan video. Jika resolusinya rendah, maka gambar yang dihasilkan pun akan tidak enak dilihat, buram, pecah-pecah, dan sebagainya.

Sebaliknya bila resolusinya tinggi, maka semakin bagus gambar yang dihasilkan sehingga yang melihatnya akan puas menikmati konten yang disajikan di Feed Instagram.

Resolusi merupakan susunan sebuah pixel yang merangkai lebar dan tinggi pada gambar. Hal tersebut akan mempengaruhi kualitas gambar. Ada banyak contoh resolusi yang digunakan seperti 1080 x 1920 piksel, 1080 x 1080 piksel, 600 x 600 piksel, dan masih banyak lagi.

Tinggalkan Komentar