Tips dan Trik

Mengenal Advanced Features Samsung – Utilitas yang Bikin Pengoperasian Lebih Mudah

Mengenal Advanced Features Samsung - Header

Gadgetren – Samsung melengkapi berbagai macam perangkat seluler buatannya dengan banyak fitur mutakhir lewat dukungan bernama advanced features yang diperkenalkan dalam antarmuka sistem One UI.

Kita dapat memakai berbagai macam fitur di dalamnya untuk mempermudah pemakaian perangkat atau mendapatkan dukungan-dukungan tertentu di luar fungsi utama yang ditawarkan oleh sistem Android secara umum.

Ketersediaan dukungan di dalam advanced features sendiri tergantung model perangkat maupun versi antarmuka One UI. Satu dengan lainnya bisa sangat berlainan karena adanya perbedaan kemampuan peranti keras maupun sistem yang dipakai.

Model perangkat Samsung di lini kelas menengah ke bawah biasanya akan mempunyai dukungan yang lebih terbatas dalam hal ini. Sementara untuk kelas menengah ke atas berlaku sebaliknya, yakni akan membawa fitur yang lebih komplit.

Meskipun begitu, dukungan-dukungan yang ditawarkan oleh advanced features Samsung secara mendasar kurang lebih sama. Kamu yang belum tahu mengenai hal itu bisa mengenalnya lewat ulasan berikut.

Mengenal Advanced Features di Perangkat Samsung

Advanced features merupakan sekumpulan dukungan yang ditawarkan oleh Samsung untuk memberikan utilitas tambahan ke dalam perangkat-perangkat buatannya supaya bisa lebih mempermudah aktivitas para pengguna.

Dengan menggunakan fitur-fitur tersebut, kita misalnya bisa mengatur fungsi tombol perangkat, mengubah gestur layar, menghubungkan handphone dengan laptop, hingga mengakses pemberitahuan secara lebih cepat.

Setidaknya ada 11 buah fitur yang ditawarkan oleh advanced features handphone Samsung. Di antaranya meliputi Side Key, Bixby Routines, Link to Windows, Smart pop-up view, Motion and gesture, Screenshots and screen recorder, One-hand mode, Game Launcher, Video enhancer, SOS Message, hingga Dual Messenger.

Jenis Dukungan yang Ditawarkan Advanced Features Samsung

Fitur Fungsi
Side KeyMengubah-ubah fungsi tombol samping apakah hanya akan dipakai sebagai tombol daya atau lainnya
Bixby RoutinesMembuat pengaturan otomatis berdasarkan rutinitas pemakaian harian pengguna
Link to WindowsMemungkinkan pengguna mengakses pemberitahuan, teks, panggilan, foto, hingga tampilan layar perangkat Samsung dari komputer berbasis Microsoft Windows secara langsung
Smart pop-up viewMengatur pemberitahuan sejumlah aplikasi supaya bisa langsung ditampilkan atau dibuka dalam jendela mengambang
Motion and gestureMengelola fungsi dari gerakan dan gestur usapan layar perangkat seperti mengambil screenshot atau membisukan panggilan telepon
Screenshots and screen recorderMengaktifkan screenshot toolbar (menu peralatan yang akan muncul bersama gambar pratinjau) dan mengelola pengaturan perekaman layar
One-hand modeMengaktifkan dan mengatur supaya perangkat bisa dipakai dengan lebih mudah menggunakan satu tangan
Game LauncherMengaktifkan peluncur khusus yang akan mengumpulkan koleksi game di handphone dalam satu tempat
Video enhancerMeningkatkan kualitas gambar dari sebuah video supaya lebih cerah dan jelas
SOS MessageMemungkinkan pengguna lebih cepat mengirimkan pesan darurat
Dual MessengerMenggandakan aplikasi supaya bisa dipakai dengan dua akun sekaligus

Selain beberapa fitur di atas, advanced features Samsung juga menawarkan fungsi dukungan terbatas untuk beberapa perangkat kelas atas. Termasuk di antaranya meliputi Samsung Dex maupun S-Pen.

Samsung Dex berfungsi untuk mengubah tampilan antarmuka ke mode desktop supaya bisa dipakai selayaknya komputer. Sementara S-Pen berisi pengaturan aksesori stylus untuk perangkat yang mendukungnya.

Berbagai macam dukungan di atas bisa diakses secara langsung lewat pengaturan. Kita dapat membukanya lewat Settings > Advanced features lalu memilih menu sesuai dengan fitur yang dimaksud.

Tinggalkan Komentar