Tips dan Trik

Cara Merekam Layar Handphone Samsung dengan Maupun Tanpa Aplikasi Tambahan

Cara Merekam Layar HP Samsung - Header

Gadgetren – Semakin ke sini semakin banyak perangkat yang dilengkapi secara mendasar dengan dukungan untuk merekam tampilan layar. Termasuk di antaranya handphone-handphone buatan Samsung.

Dukungan untuk merekam layar memang menjadi salah satu yang cukup berguna di masa sekarang. Kita soalnya dapat berbagi mulai dari tips dan trik memakai aplikasi hingga mekanisme permainan dari sebuah game secara lebih mudah.

Antarmuka sistem One UI pun ikut mengadopsi dukungan tersebut. Kita pengguna handphone buatan Samsung pun kini dapat merekam tampilan layar dari aplikasi, sistem, maupun game tanpa perlu memasang layanan pihak ketiga.

Dukungan yang ditawarkan oleh Samsung juga terbilang komplit karena memuat beberapa setelan tambahan seperti integrasi dengan kamera perangkat guna menambahkan rekaman wajah kita hingga fitur pensil untuk corat-coret secara langsung.

Memakai perekam layar di handphone Samsung apalagi lumayan mudah. Kita bahkan dapat melakukannya seperti fitur serupa pada umumnya sebagaimana langkah-langkah berikut.

Cara Merekam Layar Handphone Samsung

Memakai Fitur Bawaan

  1. Usap layar dari atas ke bawah untuk membuka panel Quick Settings
  2. Cari dan pilih Screen recorder
  3. Ubah setelan audio ke opsi yang diinginkan
  4. Ketuk tombol Start recording

Yang cukup menarik, terdapat tiga opsi setelan audio yang bisa dipakai saat melakukan merekam layar di handphone Samsung. Termasuk di antaranya meliputi No sound (tanpa suara), Media sound (suara dari aplikasi atau sistem), maupun Media sound and mic (suara dari aplikasi dan mikrofon).

Proses merekam layar pun akan langsung berjalan setelah kita menekan tombol Start recording. Setelah itu, akan muncul menu kontrol melayang yang memuat ikon pensil untuk corat-coret, ikon orang buat menambah rekaman wajah, hingga tombol Pause maupun Stop.

Sayangnya, fitur perekam layar di handphone Samsung ini tersedia cukup terbatas pada antarmuka sistem baru. Kita bahkan hanya dapat menemukannya pada perangkat dengan One UI 2 ke atas. Kita pun dapat memakai aplikasi pihak ketiga sebagai alternatifnya.

Memakai Aplikasi Pihak Ketiga

  1. Pasang aplikasi Sceen Recorder – Xrecorder
  2. Buka aplikasi setelah berhasil dipasang
  3. Lakukan pengaturan awal seperti izin akses ke media dan
  4. Di halaman utama, ketuk Add (tanda Plus) di menu bawah
  5. Pastikan Floating ball menyala untuk mempermudah proses rekaman
  6. Atur Gesture Control dan Voice Changer jika diperlukan
  7. Tutup aplikasi jika selesai melakukan pengaturan
  8. Buka tampilan layar yang mau direkam
  9. Ketuk Floating ball (lingkaran melayang dengan gambar kamera) yang muncul di sisi samping layar
  10. Pilih tombol Record video (ikon lingkaran merah)
  11. Penghitung mundur akan muncul
  12. Rekaman akan dimulai setelah penghitung mundur habis
  13. Ketuk Floating ball sekali lagi untuk mengelola rekaman
  14. Tekan tombol Pause (ikon dua garis sejajar) untuk menjeda rekaman
  15. Tekan tombol Stop (ikon kotak persegi) untuk berhenti
  16. Tekan ikon kuas untuk corat-coret
  17. Tekan Tools (ikon tas dengan logo kunci pas) untuk melakukan pengaturan lebih lanjut

Sceen Recorder – Xrecorder merupakan layanan buatan InShot. Selain menawarkan fitur perekam layar, terdapat juga beberapa dukungan tambahan seperti Live stream untuk siaran langsung ke YouTube, Edit video, Edit photo, hingga Merge video & photo yang dapat diakses di aplikasi utamanya.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar