Tips dan Trik

Cara Mengaktifkan Bixby Rountines Biar Pemakaian Handphone Lebih Efisien

Cara Mengaktifkan Bixby Rountine - Header

Gadgetren – Lewat antarmuka sistem One UI, Samsung membekali handphone-handphone buatannya dengan asisten virtual bernama Bixby yang bisa memudahkan setiap aktivitas kita saat memakai perangkat.

Dengan memakai asisten virtual ini, handphone-handphone di lini Samsung Galaxy salah satunya dapat membuat pengaturan pemakaian harian secara otomatis berdasarkan kebiasaan-kebiasaan yang kita lakukan.

Saat akan mulai bekerja di waktu pagi, Bixby misalnya bisa membantu kita mematikan notifikasi supaya lebih fokus. Asisten virtual ini juga dapat menghidupkan WiFi secara otomatis saat kita sampai di lokasi tertentu seperti kantor atau kafe sehingga kita bisa langsung mengerjakan tugas.

Kemampuan bernama Bixby Routines ini merupakan sebuah fitur berbasis machine learning (pembelajaran mesin) yang diharapkan mampu beradaptasi dengan kehidupan kita supaya nanti pemakaian handphone bisa lebih efisien.

Fitur Bixby Routines biasanya akan aktif secara mendasar di berbagai macam handphone Samsung yang mendukung. Namun jika belum, kita bisa menghidupkannya secara mandiri dari halaman pengaturan perangkat.

Cara Mengaktifkan Bixby Routines

  1. Buka Settings dengan salah satu cara yang tersedia
  2. Gulir ke bawah jika diperlukan
  3. Masuk menu Advanced features
  4. Aktifkan tombol di samping menu Bixby Routines

Kita selanjutnya bisa mengetuk menu Bixby Routines jika ingin melakukan pengaturan atau membuat setelan rutinitas secara lebih lanjut. Termasuk di antaranya menambahkan ikon ke daftar aplikasi supaya nanti bisa lebih mudah untuk diakses.

Cara Menambahkan Ikon Bixby Routines ke Daftar Aplikasi

  1. Masuk ke halaman Bixby Routines
  2. Ketuk More options (ikon titik tiga) di pojok kanan atas
  3. Pilih Settings
  4. Ketuk opsi Show Bixby Routines on the apps screen

Setelah berhasil ditambahkan, kita nanti akan menjumpai ikon Bixby Routines di daftar aplikasi. Kita pun tidak perlu masuk ke dalam halaman pengaturan lagi saat perlu menambahkan atau menghapus rutinitas harian.

Cara Membuat Rutinitas di Bixby Routines

  1. Buka halaman Bixby Routines
  2. Ketuk opsi Add routine dari baris menu di bagian bawah
  3. Tekan tombol Plus (+) pada bagian If
  4. Pilih pemicu rutinitas yang ingin digunakan
  5. Gunakan lebih dari satu pemicu jika diperlukan
  6. Klik tombol Plus di bagian Then setelah selesai
  7. Cari dan pilih tindakan yang diinginkan
  8. Tambahkan beberapa tindakan jika mau
  9. Klik tombol Next
  10. Ubah nama dan ikon untuk rutinitas yang dibuat
  11. Klik Done

Untuk rutinitas dengan pemicu manual, kita nantinya akan diminta untuk menambahkan widget ke layar utama. Tekan tombol Add untuk melakukannya. Jangan lupa mengatur letak dan ukuran tombol supaya nanti terlihat lebih menarik.

Setiap rutinitas yang berhasil dibuat nanti juga akan dimasukkan ke tab My routines. Apabila perlu melakukan pengaturan ulang, menghapus, atau menonaktifkannya, kita pun bisa mengaksesnya di halaman tersebut.

Cara Menghapus atau Menonaktifkan Bixby Routines

  1. Masuk ke pengaturan Bixby Routines
  2. Buka tab My routines
  3. Pilih rutinitas yang mau dihapus
  4. Ketuk tombol More options (ikon titik tiga)
  5. Ketuk Delete untuk menghapus rutinitas
  6. Ketuk Disable this routine untuk menonaktifkannya saja
  7. Konfirmasi dengan tombol yang sesuai

Langkah-langkah di atas hanya berlaku untuk rutinitas yang diinginkan saja. Jika mau menonaktifkan seluruhnya, maka kita pun dapat mengetuk tombol di samping menu Bixby Routines seperti saat mengaktifkannya.

Perlu diingat bahwa setiap versi One UI mempunyai antarmukanya sendiri-sendiri. Jadi tidak menutup kemungkinan, kita nantinya masih perlu menyesuaikan beberapa langkah di atas supaya berhasil memanfaatkan Bixby Routines pada perangkat yang digunakan.


Dapatkan berita teknologi pilihan dari Gadgetren langsung ke handphone kamu di aplikasi Telegram: https://t.me/gadgetren

Tinggalkan Komentar