Smartphone Tips dan Trik

Cara Mengetahui Kapasitas RAM di Handphone Samsung Biar Gak Ketipu

Cara Mengetahui RAM HP Samsung - Header

Gadgetren – Melihat kapasitas RAM (Random Access Memory) yang tersemat di handphone Samsung kadang kala memang sangat diperlukan. Kita untungnya bisa cukup mudah melakukan hal tersebut.

Tidak bisa dipungkiri bahwa kapasitas RAM memang termasuk salah satu aspek penting yang perlu dipertimbangkan ketika kita akan menggunakan sebuah handphone. Tanpa besaran yang sesuai dengan kebutuhan, perangkat bakal kesulitan untuk menangani berbagai macam tugas.

Memori bertipe volatile ini secara sederhana berfungsi untuk menampung sementara berbagai macam data yang sedang diproses oleh prosesor supaya aplikasi atau sistem mampu beroperasi dengan lebih lancar.

Jika kekurangan kapasitas memori, sebuah perangkat kemungkinan tidak akan berjalan normal. Proses yang dikerjakan bisa jadi bakal tersendat-sendat (lag) atau bahkan aplikasi maupun fitur tiba-tiba berhenti begitu saja.

Besaran kapasitas RAM oleh karena itu sangat penting untuk diketahui, misalnya untuk memastikan apakah spesifikasi perangkat yang dibeli sudah sesuai atau belum. Pada handphone-handphone Samsung, kita untungnya bisa mengecek hal ini tanpa perlu aplikasi.

Cara Mengetahui Kapasitas RAM di Handphone Samsung

Melalui Pengaturan

  1. Buka Settings
  2. Masuk ke menu Device maintenance atau Device care
    Cara Mengetahui RAM HP Samsung - 1
  3. Ketuk opsi Memory
    Cara Mengetahui RAM HP Samsung - 2
  4. Informasi mengenai kapasitas RAM akan muncul di halaman selanjutnya
    Cara Mengetahui RAM HP Samsung - 3

Selain informasi mengenai total kapasitas yang dimiliki oleh perangkat Samsung, kita di halaman Memory tersebut juga dapat melihat beberapa data tambahan seperti pemakaian RAM, sisa ruang memori, maupun aplikasi yang sedang berjalan.

Yang sangat menarik, terdapat juga tombol Clean now di halaman tersebut. Kita bisa memanfaatkannya untuk mengosongkan sebagian ruang memori dengan menyetop sejumlah aplikasi atau layanan yang berjalan di belakang layar.

Apabila masih merasa kurang puas dengan hasil yang ditampilkan oleh halaman Memory di pengaturan, kita pun selanjutnya dapat mengecek kapasitas RAM di handphone Samsung dengan memakai aplikasi tambahan seperti AIDA 64 atau CPU-Z.

Menggunakan Aplikasi AIDA 64

  1. Pasang aplikasi AIDA 64 dari Google Play Store
  2. Jalankan aplikasi setelah terpasang
  3. Masuk ke bagian System
    Cara Mengetahui RAM HP Samsung - 4
  4. Cari bagian Installed RAM, Total Memory, dan Available Memory
    Cara Mengetahui RAM HP Samsung - 5

Dengan cara yang kurang lebih hampir sama seperti langkah-langkah di atas, kita pun bisa melihat kapasitas RAM di handphone Samsung menggunakan CPU-Z. Hanya saja penempatan dan antarmukanya memang akan sedikit berbeda.

Menggunakan Aplikasi CPU-Z

  1. Download aplikasi CPU-Z dari halaman Google Play Store
  2. Buka aplikasi tersebut
  3. Ketuk tab Device
    Cara Mengetahui RAM HP Samsung - 6
  4. Cari keterangan Total RAM dan Available RAM
    Cara Mengetahui RAM HP Samsung - 7

Ada keuntungan lain saat kita menggunakan aplikasi pihak ketiga baik AIDA 64 maupun CPU-Z untuk mengetahui kapasitas RAM di handphone Samsung. Termasuk di antaranya kita bisa mengecek sejumlah spesifikasi perangkat secara lebih lengkap seperti SoC, layar, hingga kamera.

Tinggalkan Komentar