ASUS Zenbook DUO UX8406
Tips dan Trik Handphone

Cara Melihat Kapasitas RAM dan Penyimpanan Internal dari Handphone Samsung

Cara Melihat RAM dan Penyimpanan HP Samsung - Header

Gadgetren – Kapasitas RAM dan media penyimpanan adalah dua hal penting yang perlu dipertimbangkan saat kita akan membeli berbagai macam perangkat komputasi, termasuk handphone di dalamnya.

Tanpa didukung dengan RAM dan media penyimpanan yang mumpuni, sebuah handphone soalnya tidak akan bisa berjalan dengan baik. Kadang-kala bahkan bisa membuat aplikasi menyajikan layanan yang menjadi tersendat-sendat.

Kekurangan kapasitas RAM dan media penyimpanan pun dapat mengakibatkan kita tidak dapat memasang aplikasi tertentu karena perangkat tidak memenuhi persyaratan atau sistem minimumnya.

Mengecek kapasitas RAM dan media penyimpanan saat membeli sebuah handphone untungnya cukup mudah untuk dilakukan. Terutama jika perangkat masih dalam keadaan baru di mana umumnya ada keterangan mengenai hal itu pada kotak kemasan.

Jika membeli handphone bekas pakai yang tidak menggunakan kotak kemasan, kita pun juga bisa dengan mudah untuk melakukannya. Kita bisa menggunakan beberapa cara berikut untuk perangkat-perangkat buatan Samsung.

Cara Melihat Kapasitas RAM dan Penyimpanan Handphone Samsung

Lewat Pengaturan

  • Akses halaman Settings
  • Cari dan buka menu Battery and device care atau Device care
  • Cek bagian Storage untuk melihat kapasitas penyimpanan
  • Cek bagian Memory untuk melihat RAM
  • Ketuk Storage atau Memory untuk melihat secara lebih detail

Melihat kapasitas RAM dan media penyimpanan handphone Samsung salah satunya bisa dilakukan melalui halaman pengaturan sebagaimana langkah di atas. Cara ini paling praktis karena kita tidak perlu memasang aplikasi apapun.

Hanya saja, langkah-langkahnya mungkin perlu sedikit disesuaikan untuk beberapa model perangkat. Setiap versi antarmuka buatan Samsung di mana meliputi One UI maupun Samsung Experience mempunyai tampilan dan penamaan fitur yang bisa saja berbeda.

Apabila memang kesulitan untuk menemukannya maka kita pun bisa memanfaatkan aplikasi pihak ketiga jika ingin melihat kapasitas RAM dan penyimpanan di handphone Samsung.

Menggunakan Aplikasi

  • Pasang aplikasi seperti CPU-Z atau Device Info HW dari Google Play Store
  • Buka aplikasi setelah terpasang
  • Masuk ke tab Device jika memasang CPU-Z
  • Masuk ke tab Memory jika memakai Device Info HW
  • Cek bagian RAM dan Storage

Saat menggunakan aplikasi pihak ketiga seperti CPU-Z atau Device Info HW, informasi yang ditampilkan adalah kapasitas RAM dan media penyimpanan sebenarnya. Kita makanya tak perlu kaget jika nantinya tertulis sedikit lebih kecil ketimbang spesifikasi yang diungkapkan.

Satu hal yang perlu menjadi catatan, kapasitas RAM maupun penyimpanan terlihat akan langsung terpakai, misalnya RAM hanya 7,3GB dari 8GB. Hal ini dikarenakan memang sistem sudah memesan untuk digunakan berbagai hal sehingga tidak bisa benar-benar kosong.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar