ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Handphone

Cara Menonaktifkan Aplikasi di Perangkat Samsung yang Tidak Digunakan

Cara Menonaktifkan Aplikasi di Perangkat Samsung Header

Gadgetren  Pada perangkat Samsung terdapat beragam aplikasi bawaan yang sudah terpasang secara bawaan dengan tujuan untuk membantu aktivitas sehari-hari dari penggunanya.

Biasanya aplikasi bawaan berupa Kalkulator, Kalender, Kontak, Telepon, SMS, Kompas, dan masih banyak lagi. Tentunya kamu tetap dapat menambahkan aplikasi lain bahkan yang serupa dari Google Play Store.

Semakin banyak aplikasi yang terpasang, maka kapasitas penyimpanan yang terpakai pun semakin besar. Bahkan bisa saja membuat ponsel Samsung menjadi tidak berjalan mulus karena kapasitas RAM maupun penyimpanan yang sudah hampir penuh.

Untuk benar-benar memastikan bahwa aplikasi yang tidak terpakai tersebut berjalan di latar, kamu dapat menonaktifkannya melalui halaman pengaturan.

Cara Menonaktifkan Aplikasi di Samsung

  • Buka aplikasi Settings di perangkat Samsung
  • Pilih menu Apps
  • Cari aplikasi yang akan kamu nonaktifkan
  • Tekan aplikasi untuk masuk melihat informasi detail
  • Tekan tombol Force Stop untuk dihentikan paksa
  • Atau tekan tombol Disable untuk dinonaktifkan

Tombol Force Stop akan membuat aplikasi dihentikan secara paksa sehingga tidak akan berjalan di latar. Dengan begitu konsumsi daya dari menjadi lebih hemat dan kapasitas RAM juga tidak cepat penuh.

Sementara itu untuk beberapa aplikasi bawaan atau pre-load yang sudah terpasang sejak awal di perangkat Samsung, kamu bisa pilih nonaktifkan lewat fitur Disable jika memang benar-benar dirasa tidak pernah dipakai.

Dengan menggunakan Disable, aplikasi akan dinonaktifkan selamanya sampai kamu menekan kembali tombol Turn on untuk menghidupkannya. Aplikasi tersebut pun tidak akan dimunculkan pada halaman Home Screen maupun App Drawer.

Namun apabila aplikasi tersebut didapat dengan mengunduh dari Google Play Store, maka kamu hanya menemukan tombol Uninstall dan Force Stop saja di halaman App Info.

Samsung sendiri tidak menyediakan tombol Uninstall pada aplikasi bawaan karena memang aplikasi-aplikasi tersebut tidak dapat dihapus sembarangan karena biasanya sudah terikat dengan sistem.

Namun dengan menggunakan Disable, aplikasi tersebut tidak akan terlalu memakan banyak kapasitas dan tidak akan muncul lagi selama tidak diaktifkan kembali sehingga seharusnya bisa dianggap seperti sudah dihapus karena tidak akan mengganggu.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar