Tips dan Trik Handphone

Cara Lihat RAM dan Penyimpanan di Handphone OPPO Tanpa Pasang Aplikasi

OPPO Find X3 Pro

Gadgetren – RAM merupakan salah satu bagian terpenting yang hadir di handphone OPPO karena memiliki fungsi untuk menyimpan berbagai file sistem atau aplikasi yang sedang dipakai untuk sementara waktu.

Dengan semakin besarnya kapasitas RAM yang dimiliki oleh sebuah handphone, maka kinerja multitasking dari aplikasi yang dijalankan menjadi lebih lancar dan mulus. Sementara penyimpanan internal yang besar pun berpengaruh untuk dapat menampung banyak aplikasi, game, maupun file sekaligus.

Ada kalanya setelah membeli handphone OPPO, kamu ingin melihat apakah kapasitas RAM dan penyimpanan internal yang dibawanya sesuai dengan yang tertera di informasi penjualan agar kamu tidak tertipu.

Untuk melihat kapasitas RAM dan penyimpanan internal di handphone OPPO pun untungnya dapat dengan mudah dilakukan melalui aplikasi Settings bawaan.

Cara Melihat RAM dan Penyimpanan di Handphone OPPO

  • Masuk ke halaman Home Screen di handphone OPPO
  • Akses aplikasi Settings
  • Pilih menu About Phone
  • Lamu akan melihat informasi di menu RAM dan Storage
    OPPO - RAM Capacity

Beberapa handphone OPPO masa kini sudah dibekali fitur RAM Expansion sehingga menu RAM pada halaman About Phone akan menampilkan kapasitas RAM utama + RAM Virtual sekaligus.

Kamu dapat menuju halaman RAM Expansion yang memungkinkan kamu untuk memilih kapasitas RAM Virtual yang diinginkan. Misalnya pada OPPO Reno8 akan terdapat pilihan kapasitas 4 GB, 6 GB, hingga 8 GB.

Opsi pilihan yang tersedia akan berbeda untuk setiap handphone. Perlu diingat bahwa fitur RAM Expansion memanfaatkan ruang kosong dari penyimpanan internal sehingga sebaiknya kamu mengaktifkan fitur ini apabila kapasitas internalnya sedang dalam kondisi lega.

Sementara itu jika kamu membuka menu Storage di halaman About Phone, maka akan diarahkan pada halaman yang memperlihatkan informasi kapasitas yang sudah digunakan dari total kapasitas serta rincian file apa saja yang tersimpan di penyimpanan internal.

Pada halaman Storage, kamu juga dapat melihat rincian dari kapasitas microSD apabila menyematkannya pada handphone OPPO. Dengan hadirnya informasi bawaan ini memungkinkan kamu tidak perlu mengunduh aplikasi pihak ketiga hanya untuk sekadar mengetahui kapasitas RAM dan penyimpanan.

Tinggalkan Komentar