Tips dan Trik Handphone

Cara Mengatasi Handphone Samsung Lemot Jika Sudah Lama Digunakan

Cara Mengatasi Handphone Samsung Lemot Header

Gadgetren – Meskipun handphone Samsung memiliki kualitas dan spesifikasi yang lebih baik dibandingkan beberapa tahun lalu, namun layaknya perangkat elektronik lain tetap akan ada penurunan kinerja apabila sudah digunakan dalam waktu yang lama.

Hal ini pun bisa disebabkan oleh beraneka macam masalah seperti sistem yang error, kapasitas penyimpanan mulai habis, penurunan performa karena usia, kerusakan komponen akibat benturan, dan lainnya.

Bahkan kamu juga harus mewaspadai aplikasi yang semakin memakan banyak sumber daya RAM. Jika handphone Samsung sudah terasa lemot, ada beberapa hal yang mungkin bisa kamu lakukan.

Cara Agar Handphone Samsung Tidak Lemot

Kosongkan Penyimpanan Internal

Biasanya pada saat penyimpanan internal hampir kehabisan kapasitas, maka sistem akan menjadi melambat dan kesulitan untuk bekerja optimal karena tidak ada ruang cukup untuk bekerja.

Sebaiknya kamu pun memindahkan data pribadi seperti foto, video, lagu, dokumen, dan lainnya ke penyimpanan lain. Setidaknya penyimpanan internal memiliki kapasitas kosong 15% dari keseluruhan atau minimal 4 GB agar bisa memberikan ruang kepada sistem untuk menggunakannya dengan leluasa.

Bersihkan Data dan Cache Aplikasi

Pada beberapa aplikasi terutama media sosial dan game biasanya menyimpan data tidak sedikit sehingga membuat penyimpanan penuh dan banyak yang harus diolah sistem. Kamu pun dapat melakukan Clear Data dan Clear Cache pada aplikasi untuk menyegarkannya kembali.

  • Buka aplikasi Settings bawaan handphone Samsung
  • Pilih menu Application atau App
  • Cari dan pilih aplikasi yang akan dibersihkan
  • Pada halaman App Info, pilih menu Storage
  • Selanjutnya, pilih Clear Cache atau Clear Data sesuai kebutuhan

Hapus Aplikasi Yang Menjadi Beban

Beberapa aplikasi media sosial biasanya banyak yang memakan sumber daya dengan membutuhkan RAM dan penyimpanan yang bisa dibilang besar. Bahkan daya baterai hingga koneksi internet akan terus dikuras.

Jika jarang digunakan, sebaiknya kamu menghapus beberapa aplikasi media sosial tersebut dan sebagai alternatifnya dapat menggunakan browser untuk mengaksesnya agar lebih hemat sumber daya.

Jangan Terlalu Banyak Menjalankan Aplikasi

Pada handphone Samsung dengan RAM kecil seperti kurang dari 3 GB akan membuat kapasitasnya cepat digunakan sehingga sistem menjadi lemot atau kesulitan membuka banyak aplikasi sekaligus. Kamu sebaiknya membatasi banyaknya aplikasi yang berjalan saja agar perangkat dapat bekerja dengan lancar.

Gunakan Aplikasi Cleaner

Kamu dapat memanfaatkan aplikasi Cleaner bawaan Samsung maupun dari pihak ketiga yang dapat diunduh Google Play Store. Nantinya aplikasi ini dapat memindai, mengidentifikasi, dan menghapus file-file sampah yang tidak berguna di handphone.

Update Sistem Operasi

Ada kalanya kamu membiarkan handphone Samsung melewati beberapa kali update sistem operasi. Padahal dengan adanya update akan membawa keamanan, fitur, dan kestabilan terbaru yang membuat penggunaan perangkat menjadi lebih nyaman.

Apabila handphone Samsung kamu mulai lemot, mungkin bisa saja diakibatkan oleh sistem operasi yang mulai ketinggalan. Kamu dapat langsung mengecek apakah ada update terbaru untuk memastikan sudah menggunakan versi teranyar..

Mungkin Saatnya Ganti Handphone Baru

Apabila handphone Samsung milikmu sudah berusia setidaknya lebih dari 4 tahun, maka mau tidak mau pasti akan terjadi penurunan performa yang dibandingkan kondisi primanya. Begitu juga dengan kebutuhan aplikasi yang meningkat sehingga chipset maupun RAM mungkin sudah tidak lagi memadai.

Dikarenakan masalah usia, maka tidak banyak yang bisa kamu lakukan selain membeli perangkat yang baru. Jika hanya sekedar baterai, mungkin masih bisa diperbaiki untuk kembali normal. Namun jika memang performa secara keseluruhan, besar kemungkinan suda tidak memadai lagi.

Tinggalkan Komentar