Aplikasi Tips dan Trik

Cara Buat Twitter Wrapped Untuk Cuitan Kilas Balik 2021 yang Lagi Trending

Twitter Wrapped - Header

Gadgetren – Meskipun layanan tidak menghadirkan fitur untuk merangkum aktivitas sepanjang tahun 2021, para pengguna Twitter tetap ikut meramaikan tren dengan membuat cuitan bertagar #TwitterWrapped.

Tagar #TwitterWrapped dalam pantauan kami bahkan sempat memuncaki trending topic Twitter di Indonesia dengan mencatatkan lebih dari 6.600 cuitan yang mana kemungkinan akan bertambah beberapa waktu ke depan.

Lalu apa maksud sebenarnya dari cuitan bertagar #TwitterWrapped? Bagaimana cara membuat unggahan dengan tema serupa? Berikut penjelasan secara lebih rinci mengenai beberapa hal tersebut.

Apa Itu Twitter Wrapped?

Cuitan bertagar #TwitterWrapped sebenarnya merupakan konten Twitter biasa. Hanya saja isinya mirip seperti fitur kilas balik milik beberapa layanan media sosial lain seperti Spotify Wrapped 2021, YouTube Music 2021 Recap, maupun Instagram 2021 Playback.

Kita secara khusus bisa ikut menggunakan tagar #TwitterWrapped untuk membagikan rangkuman aktivitas selama menggunakan layanan Twitter pada periode setahun terakhir ke dalam sebuah cuitan.

Pengguna yang sudah mengunggah tagar #TwitterWrapped umumnya memakai sebuah gambar untuk merangkumnya dengan bentuk mirip seperti kaligrafi tulisan karena terdiri dari sekumpulan kata-kata dengan berbagai macam ukuran.

Uniknya, sekumpulan kata-kata tersebut tampaknya diambil dari cuitan yang pernah dilakukan. Sebagian di antaranya juga merujuk kepada daftar akun mutual yang sering berinteraksi selama tahun 2021.

Sama seperti kaligrafi, susunan kata-kata tersebut juga membentuk hal-hal tertentu. Beberapa orang dalam hal ini ada yang menggunakan gambar Larry (logo burung biru Twitter), bola, rambu-rambu lalu lintas, pohon cemara, hingga lambang peta.

Sayangnya karena Twitter tidak menyediakan fitur khusus untuk membuat #TwitterWrapped, maka kita perlu membuatnya sendiri. Kita bisa menggambarnya secara manual menggunakan aplikasi gambar atau memanfaatkan layanan pihak ketiga seperti Floom.

Cara Membuat Twitter Wrapped dengan Floom

  1. Buka halaman https://floom.app/service/twitter-wrapped
  2. Login atau buat akun (ketuk Sign in jika diperlukan)
  3. Jika sudah cari bagian ORDER FROM
  4. Masukkan username Twitter
    Twitter Wrapped - 1
  5. Atur warna pada menu Background Color
    Twitter Wrapped - 2
  6. Ubah bentuk pada menu Shape
    Twitter Wrapped - 3
  7. Ketuk tombol Order for Free
  8. Tunggu beberapa saat
  9. Jika gambar # TwitterWrapped sudah selesai, klik Download
  10. Download sesuai perangkat yang digunakan
  11. Setelah selesai, bagikan di Twitter seperti konten biasanya

Supaya berhasil membuat gambar # TwitterWrapped, perlu diingat bahwa akun Twitter yang dimiliki harus bersifat publik atau jangan sampai dikunci. Penulisan huruf besar dan kecilnya juga harus sesuai.

Tinggalkan Komentar