ASUS TUF Gaming FX507
Aplikasi Tips dan Trik

Cara Melihat Trending Twitter Dunia dan Berbagai Negara Agar Tidak Ketinggalan

Cara Melihat Trending Twitter Dunia dan Berbagai Negara [Ilustrasi: Pixabay]

Gadgetren – Dengan karakter yang terbatas, pengguna Twitter biasanya secara kreatif dapat membuat status yang dapat menarik perhatian pengguna lainnya.

Tak hanya itu saja, terkadang orang-orang memanfaatkan Twitter untuk mendapatkan berita atau topik hangat menarik terbaru dari media terkenal maupun influencer terpercaya.

Mention pengguna dan hashtag masih menjadi kekuatan yang dimiliki oleh Twitter untuk menyebarkan sebuah isu atau konten secara cepat antar pengguna. Bahkan dengan kekuatan hashtag ini, sebuah topik atau berita bisa menjadi trending di Twitter.

Misalnya saja pada halaman Search muncul topik #BatikIndonesia pada peringkat 1 di bagian Indonesia trends menandakan bahwa konten dengan hashtag tersebut sedang banyak dibahas oleh pengguna Twitter pada waktu tersebut.

Sayangnya kamu tidak akan bisa melihat sesuatu yang sedang trending Twitter yang secara keseluruhan di dunia. Kamu hanya bisa memantau topik terpopuler dunia dengan melihatnya per negara saja.

Cara Melihat Trending Twitter

Di Aplikasi

    1. Buka aplikasi Twitter dan login akun
    2. Pilih halaman Search yang berikon kaca pembesar di bagian bawah
    3. Kamu akan dihadapkan langsung dengan Trending Topic sesuai negaramu berada
    4. Apabila ingin melihat trend negara lainnya, tekan menu Explore Settings berikon gerigi di bagian kanan aplikasi
    5. Nonaktifkan fitur Show content in this location
    6. Pilih negara yang ingin dilihat konten terpopulernya di bagian Explore Locations
    7. Apabila kamu kembali ke halaman Search di aplikasi, maka bahasan terpopuler akan diperlihatkan sesuai dengan negara yang dipilih tadi

Twitter Trending App

Di Situs

  1. Akses situs Twitter dari browser dan login akun
  2. Pada halaman Home berikon rumah, kamu akan langsung ditunjukkan Trending Topic di bagian kanan halaman Home
  3. Secara bawaan, Indonesia trends muncul karena Twitter mendeteksi langsung lokasi
  4. Untuk melihat trending di negara lainnya, tekan tombol Explore Settings berikon gerigi tepat di sebelah tulisan Indonesia trends
    Twitter Trending Web Part 1
  5. Matikan fitur Show content in this location di halaman Explore Settings
  6. Selanjutnya, buka Explore Locations
  7. Pilih negara yang ingin dilihat topik populernya
    Twitter Trending Web Part 2
  8. Setelah kembali ke halaman Home, topik yang trending akan berubah sesuai negara yang dipilih
    Twitter Trending Web Part 3Twitter Trending Web Part 4

Dalam aplikasi Twitter, Trending Topic tidak tampil langsung di halaman Home sehingga kamu harus mengakses halaman Search terlebih dulu.

Perlu dicatat bahwa trending Twitter biasanya tidak dapat bertahan lama karena setiap jamnya akan bermunculan konten-konten menarik yang tentunya akan mengubah urutan topik terpopuler. Bahkan hari berikutnya kemungkinan sudah berubah.

Selain itu tidak harus menggunakan hashtag, biasanya sebuah kata kunci seperti Libur Tahun Baru bisa menjadi trending di Twitter apabila terdapat banyak orang yang membuat tweet, retweet, like, dan melakukan aktivitas yang berhubungan dengan kata kunci tersebut pada waktu tertentu.

Terkadang pun menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi pengguna Twitter apabila topik yang mereka bahas berhasil masuk ke dalam trending di Twitter.

Tentang penulis

Adhitya W. P.

Penulis pertama di Gadgetren yang biasa dikenal dengan Agan Adhit. Pengalaman belasan tahun menulis membuatnya hafal berbagai keunggulan dan kelemahan produk teknologi terutama handphone.

Tinggalkan Komentar