ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Operator Seluler

Cara Berbagi Kuota Telkomsel Buat Transfer ke Kerabat

Cara Berbagi Kuota Telkomsel - Header

Gadgetren – Berbagi kuota internet bisa dilakukan secara mudah di layanan Telkomsel. Mereka soalnya mempunyai layanan tambahan (Value Added Services) yang dirancang khusus untuk tujuan ini.

Bernama Transfer Kuota, layanan tambahan tersebut bisa dinikmati oleh para pelanggan Telkomsel PraBayar. Kita pun dapat memanfaatkannya untuk mengirimkan sebagian kuota dari paket data yang kita miliki ke salah satu anggota keluarga, kerabat, atau teman.

Layanan tambahan tersebut kini pun semakin fleksibel. Kita tak hanya dapat memakainya untuk membagikan Kuota Utama atau Semua Jaringan saja melainkan juga Kuota OMG, Kuota GamesMAX Mingguan maupun Bulanan, hingga Kuota MAXstream.

Kita dapat memakainya untuk mengirimkan kuota hingga lima kali dengan total 3GB setiap hari. Hanya saja masing-masing transaksi memang dibatasi di mana antara 50 – 500MB untuk Kuota Semua Jaringan dan 500MB – 3GB untuk Kuota OMG, Kuota GamesMAX, maupun Kuota MAXstream.

Dari beberapa metode yang disediakan oleh Telkomsel, kini sayangnya hanya ada satu saja yang berhasil saya gunakan untuk memanfaatkan layanan tersebut. Kamu yang tertarik pun dapat menyimak langkah-langkahnya sebagai berikut.

Cara Berbagi Kuota Telkomsel

  • Buka dialpad (aplikasi panggilan telepon).
  • Ketik kode UMB *500*2#.
    Cara Berbagi Kuota Telkomsel - 1
  • Tekan tombol Panggil.
  • Ketik angka sesuai kuota yang ingin dibagikan.
    Cara Berbagi Kuota Telkomsel - 2
  • Ketuk tombol Kirim.
  • Pilih opsi Ya dengan memasukkan angka yang sesuai.
  • Ketuk Kirim untuk mengonfirmasi pengiriman.
    Cara Berbagi Kuota Telkomsel - 3
  • Masukkan nomor penerima transfer kuota lalu tekan tombol Kirim.
    Cara Berbagi Kuota Telkomsel - 4
  • Masukkan jumlah kuota yang ingin dibagikan kemudian ketuk tombol Kirim.
    Cara Berbagi Kuota Telkomsel - 5
  • Konfirmasi dengan memasukkan angka yang sesuai lalu ketuk Kirim jika masih diperlukan.

Jika proses pengiriman berhasil dilakukan maka kita sebagai pengirim umumnya akan memperoleh sebuah notifikasi yang akan dikirim oleh Telkomsel melalui sebuah SMS. Sementara di sisi penerima, kita bisa mengecek kuotanya dengan mengirim pesan berisi FLASH INFO ke 3636.

Selain kini hanya terbatas untuk berbagi ke sesama pelanggan PraBayar, setiap transaksi yang menggunakan layanan Transfer Kuota Telkomsel sayangnya juga akan dikenai biaya administrasi. Dalam hal ini tarifnya berbeda-beda mengikuti jenis maupun besarnya kuota.

Pelanggan dalam hal ini perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp5.000 per transaksi untuk Kuota Semua Jaringan. Sementara untuk Kuota OMG, Kuota GamesMAX, dan Kuota MAXstream, kita harus membayar Rp1.000 untuk transfer kurang dari 1GB atau Rp2.000 jika lebih dari itu.

Apa pun jenis kuota yang ditransfer juga hanya berlaku selama 3 hari. Layanan pun hanya dapat digunakan jika paket data pelanggan mempunyai masa aktif lebih dari 4 hari dengan syarat sisa pulsa setidaknya Rp1.000 dan kuota minimal 500MB setelah dibagikan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar