ASUS TUF Gaming FX507
Operator Seluler

Kuota Multimedia Telkomsel – Untuk Aplikasi Apa, Cara Menggunakan, dan Penjelasannya

Kuota Multimedia Telkomsel - Header

Gadgetren – Sudah bukan rahasia lagi bahwa Telkomsel juga termasuk salah satu di antara operator yang menawarkan sistem pembagian kuota dalam mendistribusikan paket internet miliknya.

Saat membeli paket internet Telkomsel, kita makanya sering kali juga akan memperoleh sejumlah kuota tambahan sebagai benefit yang mana secara umum hanya dapat dimanfaatkan apabila pemakaian sudah memenuhi ketentuan dan persyaratan.

Kuota multimedia pun akan menjadi salah satu yang mungkin sering kita jumpai. Jenis data ini soalnya tersedia pada banyak pilihan paket yang disediakan oleh Telkomsel seperti Paket Internet Sakti, GigaNet, Combo SAKTI, maupun Internet OMG! dengan berbagai jenis kuota di dalamnya.

Bahkan untuk menunjang kebutuhan para pelanggannya, Telkomsel pun menawarkan produk yang memuat secara khusus kuota multimedia. Kita dalam hal ini dapat menemukannya pada paket-paket hiburan seperti GigaMAX, GamesMAX, MAXstream, atau MusicMAX.

Seperti apa yang sudah kami singgung di bagian atas, kuota multimedia Telkomsel pun tidak selalu bisa langsung digunakan. Jenis data ini pun mempunyai ketentuan dan persyaratan pemakaiannya sendiri-sendiri sehingga perlu diketahui jika berencana untuk menggunakannya.

Apa Itu Kuota Multimedia Telkomsel?

Sesuai dengan penamaannya, kuota multimedia Telkomsel merupakan jenis data internet yang memungkinkan para pelanggan lebih leluasa dalam menikmati konten-konten multimedia. Kita dapat memakainya untuk mengakses sejumlah layanan mulai dari game, video, hingga musik secara daring.

Hanya saja perlu digarisbawahi, layanan yang bisa diakses dengan kuota ini kadang-kadang cukup berbeda antara paket internet satu dengan lainnya. Kita makanya perlu memastikan ketentuan dan persyaratannya terlebih dulu pada detail produk supaya tidak salah beli.

Guna mempermudah pelanggan memahami layanan apa saja yang dapat diakses menggunakan kuota ini, Telkomsel untungnya memberikan nama yang lebih spesifik pada beberapa paket. Di antaranya meliputi kuota nonton, YouTube, MAXstream, GamesMAX Booster, hingga MusicMAX.

Misalnya dalam hal ini, kuota nonton secara umum bisa dipakai untuk mengakses layanan LINE, WhatsApp, MusicMAX, GamesMAX, Facebook, Instagram, YouTube, TikTok, VIU, Netflix, Lionsgate Play, Amazone Prime Video, Vidio, dan Zoom.

Kuota YouTube hanya untuk layanan YouTube. MAXstream untuk MAXstream, TikTok, Disney+ Hotstar, Amazon Prime Video, CATCHPLAY+, Lionsgate Play, Netflix, Genflix, HBO GO, RCTI+, Sushiroll, SnackVideo, TrueID, UseeTV Go, Vidio, Vision+, VIU, dan weTV.

GamesMAX Booster khusus untuk game Arena of Valor, Mobile Legends: Bang Bang, Free Fire, ShellFire, PUBG MOBILE, Ragnarok X, Roblox, Pokemon Go, dan termasuk juga mengunduh aplikasi di Google Play Store. MusicMAX untuk Spotify, JOOX, Smule, Deezer, WeSing, Langit Musik, SoundCloud dan Starmaker.

Meskipun memakai istilah yang sama, tak jarang kuota multimedia pada beberapa paket internet Telkomsel pun mempunyai ketentuan yang sedikit berbeda. Maka dari itu kita perlu memastikannya terlebih dahulu pada halaman produk sebelum dibeli supaya tidak salah dalam menggunakannya.

Cara Menggunakan Kuota Multimedia Telkomsel

Kabar baiknya, tidak ada pengaturan khusus yang perlu dilakukan untuk memakai kuota multimedia Telkomsel. Pemakaian internet akan langsung dialihkan dengan menggunakannya selama layanan yang diakses sudah sesuai.

Yang tak kalah menarik, kuota multimedia Telkomsel pun umumnya bisa dipakai sepanjang waktu selama 24 jam penuh asalkan masih dalam masa berlaku seperti kuota utama. Tidak ada sistem pembagian waktu seperti kuota malam yang memiliki batas waktu penggunaan tertentu.

Selain itu, kuota multimedia pun bisa dipakai secara nasional. Yang mana berarti tidak seperti kuota lokal yang hanya dapat digunakan pada lokasi-lokasi tertentu di mana umumnya adalah tempat mengaktifkan paket internet terkait sehingga tidak perlu khawatir saat berpindah lokasi.

Jenis kuota untuk mengakses berbagai macam konten multimedia ini biasanya juga akan menempati urutan pertama dalam prioritas pemakaian data walaupun memang tetap ada beberapa paket yang kadang-kadang justru meletakkannya setelah kuota utama yang mana tentu sedikit merepotkan.

Hanya saja memang terkadang ada yang melaporkan bahwa kuota multimedia Telkomsel tidak bisa digunakan walaupun tengah mengakses layanan yang berkaitan. Jika itu terjadi, maka sebaiknya langsung menghubungi pihak Telkomsel melalui sosial media seperti Twitter atau Facebook untuk memastikan tidak ada kesalahan dari kartu yang digunakan.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar