Perangkat Pintar Review Smart Home

Review IT Smart CCTV Camera – Pantau Rumah Lebih Pintar, Bisa Deteksi Manusia

IT Smart CCTV Camera - 1

Gadgetren – Immersive Tech (IT) telah memperluas deretan produk-produk yang ditawarkan untuk menunjang kehidupan modern.

Setelah sebelumnya IT menghadirkan aksesoris gadget seperti powerbank dan multiport, kini giliran segmen smart home yang menjadi sasaran. Salah satunya melalui IT Smart CCTV Camera yang bisa digunakan untuk memantau sebuah lokasi.

Sebagai produk smart home yang dihargai Rp499.000, tentunya IT Smart CCTV Camera sudah dapat terhubung ke internet dan dapat dikontrol melalui aplikasi di handphone. Seperti apa kinerjanya? Berikut ulasan IT Smart CCTV Camera dari tim Gadgetren.

Review IT Smart CCTV Camera
  • Kamera - 8/10
    8/10
  • Audio - 8/10
    8/10
  • Fitur - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.5/10

Kesimpulan

IT Smart CCTV Camera membawa ragam fitur pintar yang membuatnya menjadi pilihan lebih menarik dibandingkan kamera pengawas konvensional yang memiliki fitur terbatas.

Pros

  • Desain minimalis
  • Deteksi gerakan dan suara baik
  • Fitur pintar dan automation
  • Kualitas gambar memadai

Cons

  • Kunci mounting terasa kurang kuat
  • Lapisan matte mudah tergores

Dari tampilan luarnya, IT Smart CCTV Camera membawa desain gaya modern dengan balutan warna hitam matte menyelimuti keseluruhan bodinya. Bodinya secara keseluruhan terbuat dari plastik dengan tekstur halus yang terlihat berkualitas. Sayangnya, lapisan matte tersebut mudah sekali tergores sehingga jika terkena benda kasar.

Sementara pada bagian tengah terdapat bukaan memanjang yang mana di dalamnya terdapat rumah kamera yang kali ini bermaterial glossy. Tidak banyak yang menghiasi bagian luar dari IT Smart CCTV Camera selain tulisan IT di sebelah kanan dan lubang speaker di bagian belakang.

IT Smart CCTV Camera - 4

Uniknya, tombol reset serta slot microSD tersembunyi di bawah kamera sehingga perlu memutarnya secara vertikal terlebih dahulu jika ingin mengakses keduanya. Namun ini berarti harus melakukan pairing terlebih dahulu untuk menggerakkan kamera sebelum bisa memasukkan microSD ke dalamnya.

Tak ketinggalan pada bagian bawah terdapat port microUSB yang digunakan untuk memasok daya menggunakan kabel sepanjang 2 meter dan adaptor (keduanya sudah tersedia dalam paket penjualan). Tersedia pula alas mounting jika ingin memasangnya ke tembok. Namun mekanisme kunci alas mounting ke bodi terasa kurang kuat, sehingga ada sedikit rasa kekhawatiran akan terlepas dengan sendirinya.

IT Smart CCTV Camera - 5

Bodinya sendiri punya ukuran yang terbilang mungil, hanya sebesar genggaman orang dewasa saja sehingga akan mudah untuk diletakkan di mana saja. Desainnya pun akan membaur secara mudah dengan segala gaya tempat, perabotan rumah, maupun lainnya.

Desain yang menarik bukan satu-satunya daya tariknya karena IT Smart CCTV Camera mempunyai mekanisme motorik yang dapat membuatnya bergerak. Bukaan memanjang yang ada di tengah bodinya tentu bukan tanpa alasan.

IT Smart CCTV Camera - 3

Kamera dari IT Smart CCTV Camera dapat bergerak secara vertikal dari -90 derajat hingga 75 derajat. Sementara untuk bodinya dapat berputar secara horizontal dari 0 derajat hingga 355 derajat. Hanya saja, perputaran vertikal terasa lebih kasar dan motoriknya pun sedikit lebih berisik. Bukan masalah besar, namun patut untuk dicatat.

Pastinya, dukungan motorik tersebut memungkinkan IT Smart CCTV Camera dapat menangkap gambar secara lebih luas tanpa perlu harus kita ubah posisinya secara fisik. Gerakan horizontal atau vertikal tersebut dapat dilakukan secara manual menggunakan aplikasi IT Smart yang tersedia untuk diunduh dari Google Play Store dan Apple App Store.

Untuk bisa menggunakan IT Smart CCTV Camera, tentunya harus membutuhkan pairing terlebih dahulu. Untungnya, proses pairing IT Smart CCTV Camera tergolong mudah dan singkat untuk dilakukan. Hanya cukup menambahkan Smart Camera dari daftar yang ada, memastikan lampu di kamera berkedip, lalu mengarahkan QR Code ke kamera maka proses pairing pun selesai dilakukan.

IT Smart CCTV Camera Pairing

Selanjutnya, seluruh pengaturan dapat langsung di lakukan lewat aplikasi IT Smart di handphone. Salah satunya seperti menggerakkan kamera secara manual untuk mendapatkan sudut pandang yang optimal. Fitur ini sangat bermanfaat sekali dalam pemasangan pertama maupun saat ingin melihat lokasi lebih menyeluruh.

Menariknya, IT Smart CCTV Camera memiliki teknologi Auto Tracking yang mana kamera akan mengikuti suatu obyek maupun subyek yang tertangkap agar dapat selalu terfokus di tengah gambar. Tentunya ada juga Motion dan Sound Detection yang akan memberikan notifikasi ke handphone ketika kamera mendeteksi suara atau gerakan mencurigakan.

Tingkat sensitivitas pendeteksian suara dan gerakan dapat diatur melalui menu Detection Alarm Settings. Begitu juga dengan Auto Tracking yang dapat dimatikan atau dihidupkan di dalam menu yang sama. Tersedia pula fitur bernama Human Body Filtering yang akan memberikan notifikasi secara khusus jika mendeteksi manusia.

IT Smart CCTV Camera Settings

Kemampuannya dalam mendeteksi gerakan tergolong cukup akurat dan selalu membuat subyek berada di tengah agar terus terfokus. Bahkan pendeteksian pun terbilang handal karena jarang sekali ada gerakan yang tidak tertangkap.

Deretan fitur tersebut tentunya akan sangat bermanfaat dalam memberikan rasa lega dan keamanan lebih baik ketika meninggalkan rumah atau ruangan dalam waktu lama. Jika kamera IT Smart CCTV mendeteksi ada sesuatu khususnya manusia dapat langsung memberikan notifikasi ke handphone secara instan.

Ditambah lagi IT Smart CCTV Camera juga dibekali IR Sensor untuk memberikan kemampuan melihat dalam kegelapan dengan lebih jelas serta dukungan audio dua arah yang mana dapat digunakan sebagai sarana mendengarkan dan berbicara kepada orang yang ada di ruangan tersebut.

Untuk kualitas gambarnya sendiri, IT Smart CCTV Camera dipersenjatai oleh lensa 2MP dengan sensor CMOS 3.6mm f/20 yang mendukung resolusi gambar Full HD 1080p serta ditemani oleh Intelligent Image Processing.

IT Smart CCTV Camera Gambar

Alhasil gambar yang disajikan tergolong sangat baik dalam keadaan pencahayaan optimal. Detail dapat tertangkap dengan cukup jelas dan warna pun terlihat memadai tanpa terlalu pudar. Tentunya kualitas kejernihan gambar juga akan terpengaruh dengan kualitas jaringan mengingat IT Smart CCTV bekerja secara nirkabel.

Tentunya IT Smart CCTV Camera juga dapat melakukan perekaman untuk disimpan secara lokal ke microSD maupun penyimpanan awan. Hanya saja jika ingin menggunakan fitur penyimpanan awan perlu berlangganan layanan tambahan dengan harga sekitar Rp 75 ribu per bulan untuk Basic Plan atau Rp 140 ribu untuk Premium Plan.

IT Smart CCTV Camera Langganan

Namun untungnya tanpa perlu berlangganan, IT Smart CCTV Camera sudah mendukung fitur Automation lewat aplikasi IT Smart yang memungkinkannya melakukan perintah tertentu jika memenuhi kondisi tertentu.

Contoh automation yang bisa dilakukan seperti jika kamera mendeteksi suatu gerakan, maka akan menyalakan lampu ruangan dengan tingkat kecerahan maksimal. Tentunya perangkat tersebut harus sudah terhubung ke aplikasi IT Smart juga.

IT-Smart-CCTV-Camera-2

Dengan hanya mengonsumsi daya sebesar 4,5 Watt, IT Smart CCTV Camera bisa dikatakan merupakan kamera pengawas pintar yang sudah dilengkapi berbagai fitur canggih yang dapat membuat rumah menjadi semakin modern.

Jika kamu ingin mencoba sebuah perangkat kamera pengawas pintar untuk merasakan seperti apa terjun ke dunia smart home, maka IT Smart CCTV Camera bisa menjadi pilihan karena sudah menawarkan fitur-fitur dasar yang dibutuhkan.

Tinggalkan Komentar