Berita Tekno

Rumah Masa Depan, Ini Bagaimana Immersive Tech Bikin Rumah Jadi Pintar

IT - Verina Winata

Gadgetren – Pada acara Experience IT Smart Home System, tim Gadgetren berkesempatan untuk melihat langsung implementasi perangkat IT (Immersive Tech) pada sebuah Show Unit untuk Rumah Millenial PIK 2 yang dikembangkan Agung Sedayu Group.

Verina Winata sebagai Product Manager IT menjelaskan mengenai kerja sama bundling perangkat IT dengan rumah yang dikembangkan Agung Sedayu Group saat ini sedang berjalan di Apartemen Tokyo Riverside PIK 2 dan sudah mulai memasuki proyek kerja sama dengan Rumah Milenial PIK 2.

Verina mengatakan kini IT sudah memiliki 35 jenis produk Smart Home yang kategorinya mulai dari keamanan, penerangan, hingga perangkat rumah tangga (seperti kelistrikan, memasak, Air Purifier).

IT - Rumah Millenials PIK 2

Untuk itu Verina mengajak tim Gadgetren untuk mengetahui bagaimana pengalaman sebuah rumah yang telah menggunakan perangkat Smart Home untuk membantu kebutuhan sehari-hari dari pemiliknya.

Dimulai dari bagian luar rumah, Verina menegaskan bahwa bagian penting itu mulai dari sisi keamanan. Oleh karena itu pada bagian luar Rumah Milenials PIK 2 ini telah dilengkapi dengan IT Smart Outdoor Camera W01-CCTV.

Perangkat CCTV ini hadir dengan dukungan resolusi 2 MP yang dapat merekam video berkualitas Full HD (1080p). Selain videonya dapat disimpan di penyimpanan cloud IT, terdapat juga slot microSD hingga 128 GB.

Verina menjelaskan bahwa IT Smart Outdoor Camera W01-CCTV ini telah didukung baterai 14.400mAh yang tahan hingga 18 bulan sehingga tidak memerlukan instalasi kabel yang merepotkan ketika memasangnya.

Sebagai perangkat luar ruangan, CCTV ini pun sudah dibekali sertifikasi IP65 yang tahan terhadap paparan cahaya matahari secara terus menerus, debu, serta hujan. Terdapat juga fitur Auto Tracking & Human Detection, komunikasi dua arah, dan fitur Night Vision.

IT - Smart Outdoor CCTV

Verina pun memperlihatkan CCTV ini dapat dikendalikan dan dipantau langsung dari aplikasi IT Smart yang dapat diinstal di Google Play Store untuk handphone Android dan Apple App Store untuk iPhone.

Berlanjutnya ke bagian pintu rumah telah terpasang IT Smart Wireless Doorbell WD01 dan IT Smart WiFi Doorlock X3. Dibekali dengan kamera 2 MP yang mampu menghasilkan video Full HD (1080p) dengan sudut pandang hingga 121 derajat, Doorbell besutan IT ini memungkinkan pengguna dapat melihat setiap tamu yang sedang berkunjung yang berada di depan pintu dengan jelas.

Doorbell ini juga telah dilengkapi dengan baterai yang tahan hingga 8 bulan sehingga fleksibel untuk ditempatkan dimanapun tanpa repot dengan instalasi kabel. Perangkat ini sudah dilengkapi dengan komunikasi dua arah sehingga memudahkan pemilik rumah untuk berbicara dengan tamu yang berada di depan pintu.

IT - DoorLock dan Doorbell

Selanjutnya IT Smart WiFi Doorlock X3 hadir dengan dukungan 8 metode membuka kunci mulai dari aplikasi IT Smart, akses sidik jari, password, dynamic password, temporary password, kartu akses, kunci manual, dan akses NFC.

Dengan adanya akses NFC ini memungkinkan penggunanya dapat membuka kunci pintu menggunakan e-KTP, e-money, hingga smartwatch jenis tertentu. Temporary password ini dapat dimanfaatkan untuk membuat password dengan waktu terbatas bagi tamu yang berkunjung.

IT Smart WiFi Doorlock X3 ini menggunakan 4 baterai AA sehingga mampu bertahan 1 tahun. Nantinya apabila baterai akan mulai habis, perangkat ini akan memberikan alarm peringatan agar kamu menggantinya dan masih mengizinkan hingga 200 kali buka tutup.

IT - Pintu

Apabila Doorlock ini benar-benar kehabisan baterai, maka penggunanya bisa menggunakan kunci manual untuk membuka kunci. Selain itu, penggunanya juga dapat menggunakan powerbank untuk mendapatkan energi sementara agar bisa membuka kunci dan mengganti baterainya.

Masuk ke dalam ruang tamu rumah, Verina memperkenalkan IT Smart 2 Gang Light Switch P04 yang terpasang di dinding, IT Smart Universal IR Remote M01, IT Smart Power Socket Extension PS01-4 Port, dan IT Smart Air Purifier P400 yang terpasang dekat meja televisi.

IT - Ruang Tamu

Verina mendemonstrasikan IT Smart 2 Gang Light Switch P04 sebagai sakral pintar yang dapat diakses melalui aplikasi IT Smart sehingga mampu menyalakan atau mematikan lampu-lampu di rumah dengan mudah dari jarak jauh.

Terdapat lampu indikator yang memudahkan penggunanya dapat mengetahui bahwa perangkat ini sedang menyala atau tidak. Sementara itu, pemilik rumah pun dapat menggunakan perintah suara Siri atau Google Assistant untuk memberikan kontrol pada saklar pintar ini.

IT - Smart Switch

Untuk IT Smart Universal IR Remote M01 ini dapat dimanfaatkan untuk mengendalikan beragam perangkat elektronik rumah yang berbasis Inframerah, seperti AC, TV, dan lainnya, agar bisa seperti produk smart home.

Universal IR Remote M01 ini dapat menjangkau seluruh sudut area hingga 360 derajat dengan jangkauan hingga 10 meter. Dengan begitu, pengguna bisa mengendalikan, mengaktifkan, maupun mematikan perangkat elektronik rumah berbasis Inframerah dengan menggunakan aplikasi IT Smart atau perintah suara dari handphone maupun tablet.

Apalagi pengguna juga dapat mengkombinasikan dengan Google Nest sehingga tanpa perlu membuka handphone atau laptop terlebih dulu ketika memberikan perintah suara agar membuat AC, TV, dan lainnya aktif atau mati.

IT - IR Universal dan Smart Plug

Terdapat juga lampu RGB Universal IR Remote M01 yang memungkinkan pengguna dapat mengetahui perangkat terkoneksi atau tidak. Lampu ini juga akan berkedip ketika kamu melakukan perintah terhadap perangkat yang terhubung.

IT Smart Power Socket Extension PS01-4 Port merupakan produk dengan empat colokan yang dapat membuat perangkat rumah tangga di rumah menjadi lebih pintar, seperti AC, Kipas angin, mesin air, mesin cuci, dan lainnya.

Colokan ini dapat diatur untuk membuat perangkat rumah tangga mana yang akan menyala atau mati dengan fitur individual socket control, schedule settings, kendali dari IT Smart App, dan perintah suara.

Colokan juga dilengkapi dengan Electricity Usage Record sehingga dapat memonitor penggunaan listrik dari setiap perangkat yang terhubung. Selain mempunyai 4 colokan, IT Smart Power Socket Extension PS01 ini juga hadir dengan 3 port USB 3,1A yang dapat digunakan untuk mengecas handphone atau perangkat elektronik lainnya.

IT - Smart Purifier Ruang Tamu

Dalam menyegarkan ruang tamu, IT Smart Air Purifier P400 White yang dipasang dapat menyaring bulu hewan, bau asap makanan atau rokok, debu, bulu-bulu halus, serat kapas, virus, dan bakteri serta alergen yang dapat mengganggu fungsi pernapasan.

Perangkat ini hadir dengan 5 tahap penyaringan untuk luas ruangan 50m2, memurnikan udara dengan tahapan Pre-Filter, Active Carbon, True HEPA Filter 13, Antibacterial Layer, dan Cold Cataylist.

Pada aplikasi IT Smart, kamu pun bisa mendapatkan informasi seputar udara, kondisi filter, dan mengendalikan Air Purifier. Perintah suara pun diizinkan untuk menyalakan maupun mematikan Air Purifier ini.

IT - Smart Gas

Dengan desain minimalis modern, ruang makan berada dekat dengan dapur pada Rumah Millenials PIK 2 ini. Pada ruangan ini sudah terpasang IT Smart 2 Gang Light Switch P04, IT Smart CCTV, dan IT Smart Alarm Gas Detector AGD01.

IT Smart CCTV berwarna hitam pun telah dipasang tepat di bagian langit-langit ruangan agar memudahkan pemantau dengan area yang luas. Dengan resolusi 2 MP, membuat video yang direkam memiliki kualitas Full HD.

Selain penyimpanan cloud, video dari CCTV ini dapat disimpan pada microSD hingga 128 GB. Terdapat fitur Zoom in atau Zoom Out pada titik yang diinginkan. Produk ini dapat melakukan rotasi  sesuai kebutuhan, baik secara manual maupun otomatis ketika mendeteksi gerakan maupun suara.

IT - Smart CCTV Black

IT Smart CCTV ini sudah dilengkapi dengan fitur komunikasi dua arah dan fitur Night Vision. Tentunya pengguna bisa mengendalikan dan mendapatkan informasi dari perangkat ini melalui aplikasi IT Smart.

Tepat pada bagian dinding di dekat kompor dan wastafel terdapat IT Smart Alarm Gas Detector AGD01 yang dapat digunakan untuk mendeteksi kebocoran gas dari tabung LPG, gas monoksida, gas dari AC, ataupun gas berbahaya lainnya.

IT Smart Gas - Close Up

Pada saat IT Smart Alarm Gas Detector AGD01 mendeteksi gas, maka alarm akan berbunyi kencang sehingga memberitahukan pada pemilik rumah bahwa kondisi sedang tidak aman dan dapat mencari solusi yang tepat.

Setelah semua produk IT yang berada di ruangan lantai pertama didemonstrasikan, Verina mengajak peserta yang hadir untuk menuju kamar yang berada di lantai kedua rumah.

Untuk kamar pertama yang dikunjungi terdapat IT Smart CCTV berwarna putih dan dan IT Smart Air Purifier S130. Verina ingin menunjukkan bahwa CCTV ini juga dapat dipasang di atas rak atau meja dengan mudah sehingga dapat memantau aktivitas anak.

IT - Kamar Pertama

Sementara IT Smart Air Purifier S130 dipilih karena memiliki pemurni udara dengan HEPA Filter dan Sterilisasi sinar UV-C kelas medis sehingga secara efektif menyaring partikel berbahaya dan membasmi bakteri serta virus untuk kesehatan penggunanya yang lebih baik.

Verina juga memperlihatkan informasi udara dan kondisi filter yang dimiliki IT Smart Air Purifier S130 melalui aplikasi IT Smart. Selanjutnya, mode dari Air Purifier ini pun dapat dikendalikan langsung sesuai kebutuhan dari aplikasi.

IT - Air Purifier Kamar Pertama

Berlanjut ke kamar kedua yang merupakan kamar utama, terdapat beberapa perangkat IT yang terpasang mulai dari IT Smart Air Purifier S280, IT Smart Power Socket Dual Plug PS02, IT Smart Universal IR Remote S06, IT Smart LED Bulb RGB + WW, IT Smart Power Socket Single Plug PS03, dan IT Smart Door Window Sensor S02.

IT Smart Air Purifier S280 ini dapat menjangkau ruangan hingga 35m2 dengan CADR sebesar 280m3/h untuk memurnikan udara satu kamar dengan 5 lapisan sistem filtrasi yang terdiri dari Pre-Filter, Active carbon, True HEPA Filter 13, Antibacterial Layer, dan Cold Catalyst.

Perangkat ini dapat terhubung dengan aplikasi IT Smart sehingga penggunanya dapat melihat informasi penting udara, kondisi filter, dan mengakses beberapa fitur, seperti Child Lock Mode, Voice Command, serta Speed & Schedule Setting.

IT - Kamar Utama

IT Smart Power Socket Dual Plug PS02 ini merupakan produk pintar dengan dua colokan dan dua port USB 2,4A. Bisa dibilang cara kerja perangkat ini hampir mirip dengan IT Smart Power Socket Extension PS01.

Pada IT Smart Power Socket Dual Plug PS02 ini pun terpasang IT Smart Universal IR Remote S06 yang dapat digunakan untuk menjadi remote control bagi perangkat rumah tangga berbasis Inframerah, seperti AC, TV, kipas angin, dan lainnya sehingga dapat dikendalikan melalui aplikasi IT Smart.

Untuk IT Smart Power Socket Single Plug PS03 dipasangkan pada lampu di pinggir kasur sehingga memudahkan pemilik rumah untuk menyalakan atau mematikan lampu secara manual maupun dijadwalkan melalui aplikasi IT Smart.

IT - Smart Plug 2 dan UR Universal

IT Smart LED Bulb merupakan lampu pintar yang dapat diatur langsung dari aplikasi IT Smart mulai dari menyalakan atau mematikan, tingkat kecerahan cahaya, temperature lampu, perubahan warna, hingga menyesuaikan lampu dengan irama musik.

IT Smart Door Window Sensor S02 berada tepat diposisikan di bagian tengah jendela kamar. Produk ini pun menggunakan 2 baterai AAA yang dapat diganti dengan mudah.

IT - Smart Window Sensor

Nantinya sensor jendela akan memberikan informasi ke aplikasi IT Smart ketika jendela sedang terbuka atau tertutup sehingga kamu dapat langsung mengetahui kondisi jendela ketika sedang bepergian.

Walaupun sudah melakukan bundling dengan perumahan, namun produk-produk Smart Home dari IT ini dapat dibeli secara satuan di Indonesia melalui Urban Republic, iBox, Erafone, Eraspace.com, LiveWithIT.id, dan official store IT di e-commerce.

Tinggalkan Komentar