ASUS ZenBook Pro 14 Duo OLED UX8402
Tips dan Trik Aplikasi

Cara Menyembunyikan Chat WA WhatsApp yang Penting Agar Tidak Terlihat

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp Header

Gadgetren – WhatsApp memiliki fitur yang memungkinkan penggunanya dapat menyembunyikan pesan secara bawaan. Fitur ini pertama kali hadir pada tahun 2023 dan sudah bisa dinikmati oleh pengguna di seluruh dunia termasuk Indonesia.

Kamu bisa menemukan fitur ini pada percakapan masing-masing kontak sehingga pengguna dapat melakukan penyetelan secara langsung. Fitur ini pun mudah digunakan dengan tinggal mengaktifkan tombol menu Kunci Chat yang ada di dekat tombol kunci sementara pada setiap profil kontak.

Lalu kamu hanya perlu memilih percakapan dengan siapa yang ingin disembunyikan. Setelah itu percakapan akan otomatis hilang pada barisan daftar chat dan akan berganti menjadi ikon simbol kunci bagian atas daftar chat.

Cara Menyembunyikan Chat WhatsApp

  1. Buka aplikasi WhatsApp di ponsel kamu.
  2. Pilih percakapan yang ingin disembunyikan.
  3. Kemudian geser tombol kunci chat di bawah menu Pesan Sementara. Chat-dikunci-
  4. Ketuk tombol Lanjut. Chat-dikunci-
  5. Pilih konfirmasi keamanan dengan sidik jari atau wajah. 
  6. Chat akan otomatis hilang dalam daftar chat.

Untuk membuka chat yang telah disembunyikan, kamu cukup mengetuk Chat yang dikunci. Setelah itu buka kunci dengan sidik jari atau face unlock sehingga nantinya chat akan terlihat kembali untuk kemudian kamu berkirim atau membaca pesan seperti biasa.

Kamu juga bisa menonaktifkan kembali kunci chat dengan menggeser tombol kunci chat pada halaman profil akun tersebut. Seluruh percakapan setelah itu akan kembali lagi bisa terlihat dalam daftar chat.

Selain untuk kunci chat, kamu juga sebenarnya bisa menggunakan sidik jari untuk mengunci WhatsApp secara keseluruhan. Kamu bisa menemukan fitur ini pada menu Privasi di halaman profil.

Nantinya orang yang meminjam ponsel kamu jadi tidak akan dapat sembarangan masuk ke WhatsApp untuk melihat percakapan kamu sama sekali. Namun tentu saja ini berarti kamu pun harus membuka kunci setiap kali ingin membaca pesan WhatsApp.

Oleh karena itu opsi keamanan yang diberikan oleh pihak WhatsApp tersebut bisa kamu gunakan sesuai kebutuhan, apa kamu ingin hanya chat tertentu saja yang dijaga atau aplikasi secara keseluruhan yang mana memiliki keunggulan masing-masing.

Tentang penulis

Ageng Wuri

Reporter Gadgetren yang aktif menulis seputar berita terbaru di dunia smartphone, tablet, IoT, laptop, hingga peralatan elektronik rumahan.

Tinggalkan Komentar