Berita

Fitur Enkripsi End-to-End di WhatsApp Bikin Percakapan Semakin Aman

Gambar Logo Aplikasi WhatsApp

WhatsApp baru saja merilis update fitur untuk penggunanya di platform Android. Setelah ada fitur centang biru dan fitur berbagi dokumen dalam format pdf, kini WhatsApp menghadirkan memiliki fitur Enkripsi End-to-End.

Fitur keamanan ini berfungsi setelah memperbarui versi WhatsApp. Secara otomatis WhatsApp akan mengirim notifikasi. Selanjutnya, setiap pesan baik yang dikirim maupun diterima akan diamankan oleh fitur enkripsi.

Enkripsi Whatsapp

Dengan menyentuh pemberitahuan akan muncul kotak yang bertuliskan keterangan untuk mempelajari fitur. Opsi Learn More, berisi tautan yang terhubung ke halaman resmi WhatsApp, sedangkan opsi Verify menampilkan kode keamanan sertifikasi berupa barcode dan angka.

Informasi lain dari The Verge mengungkap bahwa tingkat enkripsi WhatsApp merupakan yang terkuat dibandingkan yang ada pada aplikasi instant messenger yang lain. Sepertinya, WhatsApp belajar dari Apple, setelah enkripsinya berhasil dibuka oleh FBI beberapa waktu lalu.

Di satu sisi fitur ini memang memberikan privasi tersendiri, namun bisa jadi menyulitkan pihak keamanan untuk megungkap kasus tertentu. Sebab data rekaman percakapan tidak bisa dibuka, bahkan oleh pihak WhatsApp sendiri. Bagaimana menurut pendapat pembaca?

Leave a Comment