Review Tekno

Review Air Purifier Samsung AX40 – Membuat Udara Menjadi Lebih Bersih

Samsung Air Purifier AX40R

Belakangan ini saya lihat semakin banyak yang peduli dengan kualitas udara di sekitar terutama bagi mereka yang berada di area banyak polusi. Ini nampaknya mendorong adopsi air purifier di masyarakat umum.

Saya sendiri akhirnya membeli air purifier Samsung AX40R3030WM/SE atau singkatnya Samsung AX40. Alasan utama kenapa saya membeli barang ini adalah karena saya punya alergi debu.

Saya tinggal di kota Bogor sehingga tidak begitu khawatir soal polusi udara dari luar namun saya memelihara 3 kucing di dalam rumah sehingga otomatis debu dan bulu sering beterbangan. Ini membuat saya jadi sering bersin dan hidung tersumbat yang mana akhirnya menggangu aktivitas sehari-hari terutama ketika bekerja dari rumah.

Samsung AX40R3030WM/SE
  • Performa - 8/10
    8/10
  • Fitur - 7/10
    7/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8/10

Ringkasan

Di zaman sekarang yana mana semakin banyak yang peduli dengan kualitas udara di sekitar, air purifier sepertinya menjadi barang yang patut dimiliki di rumah dan Samsung AX40 bisa menjadi pilihan yang menarik.

Pros

  • Desain menarik
  • Mampu membersihkan udara dengan baik

Cons

  • Filter pengganti agak mahal
  • Tidak ada fitur “smart”

Setelah saya menggunakan air purifier Samsung AX40 selama seminggu lebih, gejala alergi debu saya akhirnya berkurang. Saya bisa bilang ini adalah salah satu barang yang saya tidak menyesal membelinya.

Desain

Samsung Air Purifier AX40R

Samsung AX40 terlihat minimalis dan tidak mencolok sehingga cocok di letakkan di berbagai area dalam rumah. Ditambah lagi ada lampu melingkar yang memperlihatkan kualitas udara melalui warna sekaligus memberikan kesan menawan untuk air purifier-nya.

Ukuran Samsung AX40 itu cukup besar, sekitar 1,5 kali galon air, dan juga cukup berat. Jadi jika ingin membeli produk ini pastikan ada ruang yang pas.

Di bagian atas Samsung AX40 terdapat area yang menonjol untuk penempatan tombol dan layar serta terdapat juga gagang untuk mempermudah pemindahan air purifier-nya.

Bagian pembuangan udaranya terlindungi dengan adanya kisi tambahan di bagian atas sehingga meminimalisir kejadian tidak sengaja memasukkan tangan ke dalam air purifier. Kisi ini juga dapat dengan mudah dicopot untuk dibersihkan.

Samsung Air Purifier AX40R

Di bagian sisi kanan Samsung AX40 terdapat sensor gas dan sensor PM10. Jika membeli air purifier ini pastikan untuk melepas plastik pelindung yang terpasang di sensor PM10 agar sensornya dapat bekerja dengan optimal.

Di bagian depan Samsung AX40 terdapat panel saluran udara yang dapat dicopot untuk keperluan penggantian filter. Proses pengisian atau penggantian filter dapat dilakukan dengan sangat mudah.

Satu hal yang agak sulit dalam menggunakan air purifier ini adalah meletakkannya di posisi yang pas. Samsung AX40 tidak disarankan diletakkan terlalu dekat dengan perangkat elektronik seperti TV atau komputer, perlu jarak sekitar 2 meter.

Air purifier ini juga perlu ruang kosong di sekitar sisinya agar bekerja dengan optimal. Ini membuat pemosisian Samsung AX40 agak rumit untuk rumah atau ruangan yang ukurannya tidak besar dan penuh barang.

Saya sendiri akhirnya meletakkan air purifier Samsung AX40 di tengah-tengah rumah dan di malam hari dipindahkan ke kamar tidur.

Performa dan Fitur

Samsung Air Purifier AX40R

Ada 3 lapis filter di Samsung AX40 yang masing-masing memiliki fungsi tertentu. Pre filter untuk menangkap bulu hewan dan serbuk sari, filter activated carbon untuk menangkap gas berbahaya, dan filter HEPA untuk menangkap hingga 99,97% debu berukuran 0,3 mikrometer .

Pre filter yang ada pada Samsung AX40 dapat dicuci jika sudah kotor namun untuk filter 2-in-1 activated carbon + HEPA perlu diganti setelah sekitar 6-12 bulan tergantung penggunaan.

Saya sendiri tidak dapat mengetes langsung performa HEPA filternya karena tidak memiliki alat yang memadai. Setidaknya Samsung sudah mengklaim menguji coba performa filter air purifier-nya di National Test Institute of Korea.

Manfaat lainnya dari HEPA filter terutama di masa pandemi seperti sekarang ini adalah dapat membantu mengurangi penyebaran virus di udara seperti yang pernah diutarakan oleh para ahli di Consumer Reports dan MD Anderson Cancer Center.

Untuk filter lainnya dapat lebih mudah saya rasakan efeknya. Pre filter-nya setelah saya gunakan agak lama terlihat dengan jelas banyak debu serta bulu hewan yang ditangkap filter tersebut dan filter activated carbon sukses menyerap bau tidak sedap di dalam rumah saya seperti contohnya bau kentut.

Ketika Samsung AX40 diaktifkan, lampu indikator akan menampilkan kondisi kualitas udara di sekitar melalui 4 jenis warna yaitu biru untuk bersih, hijau untuk agak bersih, kuning untuk agak terpolusi, dan merah untuk terpolusi.

Samsung Air Purifier AX40R

Sayang tidak ada indikator lebih detail yang membedakan kualitas udara dari sisi gas dan debu. Fungsi ini hanya tersedia di versi air purifier Samsung yang lebih mahal.

Biasanya ketika saya mengaktifkan air purifier Samsung AX40, lampu indikator menampilkan warna kuning atau merah. Dengan kecepatan kipas disetel secara otomatis tergantung kualitas udara, perlu waktu belasan menit agar lampu indikator berganti ke hijau.

Jika diinginkan kecepatan kipas dapat disetel secara manual di 3 mode kecepatan. Semakin cepat kipasnya semakin cepat udaranya bersih namun kipasnya menjadi lebih berisik.

Samsung AX40 dapat disetel untuk otomatis nonaktif setelah waktu yang ditentukan melalui tombol timer yang disediakan. Fitur ini bermanfaat ketika saya gunakan selagi tidur agar air purifier-nya tidak terus-terusan aktif.

Samsung Air Purifier AX40R

Ada juga mode Sleep yang dapat membuat air purifier-nya tidak berisik dan tidak terang lampunya sehingga tidak mengganggu kualitas tidur terutama bagi yang sensitif.

Kalau saya pribadi sih sangat jarang mengaktifkan fitur Sleep karena saya cukup menyetel kipas di mode auto dan mematikan lampu indikator yang melingkar melalui tombol Lighting.

Tombol Lighting di Samsung AX40 juga berfungsi untuk mengaktifkan fitur Child Lock dengan cara memencet tombolnya selama 3 detik. Fitur ini berfungsi agar tombol-tombol yang ada tidak sengaja terpencet terutama oleh anak-anak.

Setelah filter air purifier-nya sudah perlu diganti, Samsung AX40 akan menampilkan indikator Filter Change. Filternya cukup tinggal diganti dengan yang baru lalu tekan lama tombol Filter Reset untuk mengatur ulang filternya.

Kesimpulan

Samsung Air Purifier AX40R

Selama saya menggunakan air purifier Samsung AX40 di rumah saya, gejala alergi debu saya sudah jauh berkurang jadi bisa dibilang air purifier ini sukses melakukan tugasnya. Namun istri saya yang tidak memiliki alergi debu tidak merasakan perbedaan yang mencolok.

Satu hal lain yang membuat saya memilih membeli Samsung AX40 adalah ketersediaan filter penggantinya. Saya cek di beberapa toko online resmi Samsung filternya dijual secara umum dan jikalau pun tidak ada bisa ke service center Samsung yang tersebar di mana-mana.

Berhubung air purifier adalah produk jangka panjang yang mana filter perlu rutin diganti, ketersediaan filter menjadi sangat penting. Tidak lucu jika air purifier yang mana harganya mahal tidak dapat digunakan lagi setelah satu tahun karena tidak menemukan filter pengganti.

Air purifier Samsung AX40 ini cocok untuk yang memiliki alergi atau yang ingin merasa lebih aman dengan udara yang lebih bersih. Air purifier ini sepertinya akan menjadi teman pendamping saya untuk jangka panjang agar tidak lagi terganggu aktivitas sehari hari saya.

Tips Pembelian

Samsung AX40 harga resminya kini sudah turun menjadi Rp2.399.000 dan harga filternya relatif agak mahal yaitu sekitar 600ribuan. Air purifier ini sendiri dapat mencakup area sekitar 40m2.

Sebetulnya ada versi lebih murah yaitu Samsung AX34 namun versi tersebut memiliki fitur yang lebih minim dan hanya mencakup area 34m2. Filter yang digunakan oleh AX34 dan AX40 itu sama, jadi ya saran saya lebih baik membeli AX40 jika ada dana.

Untuk memilih kapasitas air purifier yang pas, tinggal dicek saja luas area bangunan yang ingin ditempatkan air purifier dan cocokkan dengan kapasitas air purifer-nya. Prinsip membeli air purifier agaknya mirip dengan AC , lebih baik beli kapasitas kebesaran daripada kekecilan.

Jika Samsung AX40 dirasa kekecilan, ada lagi versi yang kapasitasnya lebih besar yaitu Samsung AX60. Khusus untuk versi ini juga dapat terhubung dengan ekosistem smart home Samsung melalui Bixby.

Tinggalkan Komentar