Review Review Smartwatch

Review OASE Horizon W1 – Smartwatch Murah yang Bisa Pantau Suhu Tubuh

Review OASE Horizon W1

Gadgetren – OASE Horizon W1 merupakan smartwatch unggulan terbaru dari OASE yang telah hadir pada tahun 2021 di Indonesia.

Sebagai smartwatch dengan harga yang murah, OASE Horizon W1 telah dibekali dengan fitur pengukur suhu tubuh. Sementara itu, pemantau aktivitas kebugaran dan detak jantung pun telah dihadirkan pada perangkat ini.

Menariknya lagi, perangkat ini mempunyai dukungan layar sentuh untuk akses dan perpindahan antar menu. Berbekal fitur yang banyak, apakah OASE Horizon W1 mampu bersaing dengan smartwatch pada kelas yang sama di Indonesia?

Review OASE Horizon W1
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Baterai - 9/10
    9/10
  • Software - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
8.8/10

Kesimpulan

OASE Horizon W1 merupakan smartwatch murah unggulan OASE yang hadir di Indonesia dengan berbagai fitur mulai dari pengukur suhu tubuh, detak jantung, aktivitas tidur, aktivitas olahraga, dan masih banyak lagi.

Pros

  • Bisa mengukur suhu tubuh
  • Bisa memantau aktivitas tidur, tekanan darah, dan oksigen dalam darah
  • Daya tahan baterai lama
  • Harga murah
  • Tahan Air (IP67)

Cons

  • Noda dan debu mudah menempel pada tali
  • Pilihan warna hanya hitam

OASE-Horizon-W1-withBox

Secara kasat mata, smartwatch ini mempunyai desain yang membulat mirip arloji dengan dua tombol di bagian kanannya. Tombol pada bagian atasnya memiliki banyak fungsi seperti untuk menuju halaman Home, kembali ke bagian luar ketika sudah berada di dalam salah satu menu, dan menjadi tombol berhenti ketika sedang menjalankan aktivitas olahraga.

Sementara tombol pada bagian bawah digunakan untuk mengakses menu latihan aktivitas olahraga pada OASE Horizon W1. Bodi utama perangkat ini didominasi warna hitam dan berbahan Zinc Alloy yang terasa ringan sekaligus kokoh ketika disematkan pada pergelangan tangan saya.

Meskipun strap atau tali silikon smartwatch ini nyaman ketika menyentuh kulit, namun noda atau debu sangat mudah menempel pada talinya. Untuk itulah saya harus sering rajin membersihkan strap OASE Horizon W1 agar terlihat tetap menarik dan nodanya tidak menjadi permanen.

OASE-Horizon-W1-WatchFace

Selain itu, OASE Horizon W1 dilengkapi layar sentuh 1,28 inci dengan teknologi IPS LCD, resolusi 240 x 240 piksel, dan tempered glass yang mampu menampilkan konten berwarna dengan jelas baik dalam kondisi gelap, redup, maupun di bawah terik matahari sekalipun.

Pada halaman utama di layar OASE Horizon W1, terdapat Watch Face yang menampilkan beragam informasi mulai dari jam, tanggal, persentase baterai, detak jantung, jumlah langkah kaki, dan masih banyak lagi. OASE sendiri menyediakan lima Watch Face bawaan yang sudah dapat diganti-ganti langsung ddari smartwatch.

Namun apabila bosan dengan pilihan Watch Face tersebut, maka dapat mengunduh dan mendapatkan 36 Watch Face tambahan melalui aplikasi Glory Fit yang berada di handphone.

OASE Horizon W1 Glory FIt

Bahkan Watch Face dapat juga dikustomisasi dengan menggunakan gambar atau wallpaper yang terdapat di handphone. Meskipun ketersediaan Watch Face tidak sebanyak smartwatch merek lainnya, namun hal ini dapat dimaklumi mengingat produk ini mempunyai harga yang murah.

Untuk bisa menghubungkan smartwatch dengan handphone, saya pun mengunduh aplikasi Glory Fit yang tersedia di Google Play Store. Namun aplikasi ini juga tersedia di Apple App Store untuk handphone bersistem operasi iOS.

Setelah Glory Fit terpasang dan dibuka, maka saya mengaktifkan Bluetooth agar handphone langsung mendeteksi OASE Horizon W1. Setelah smartwatch muncul di aplikasi, maka saya hanya tinggal menghubungkannya dengan handphone.

Melalui aplikasi Glory Fit, saya sendiri dapat langsung melakukan banyak pengaturan mulai dari aktivasi pemantau detak jantung, suhu tubuh, notifikasi (pesan, SMS, aplikasi, maupun panggilan telepon), penghidup layar ketika memutar pergelangan tangan, alarm pintar, dan mode untuk tidak diganggu.

OASE-Horizon-W1-SensorBack

Saya pun dapat menavigasikan perpindahan dan pemilihan antar menu yang hadir pada OASE Horizon W1 sepenuhnya menggunakan sentuhan jari di layar. Saya langsung dihadapkan pada halaman pengukur suhu tubuh ketika melakukan swipe jari ke kiri dari halaman utama.

Nantinya smartwatch akan memantau suhu tubuh kita secara otomatis dan berkala yang ditampilkan langsung di layar. Namun apabila ingin menguji secara manual, maka dapat menggunakan aplikasi Glory Fit.

Selain pengukur suhu tubuh, terdapat juga menu yang memperlihatkan jumlah langkah kaki, kalori yang terbakar, jumlah detak jantung, tekanan darah, oksigen dalam darah, pemutar musik di handphone, latihan olahraga, cuaca, notifikasi pesan, stopwatch, pencarian handphone yang tersambung, dan pengaturan sistem.

OASE-Horizon-W1-DiagonalSide

Selain dapat mendeteksi otomatis, pemantau tekanan darah dan oksigen dalam darah pun dapat diaktifkan secara manual melalui aplikasi Glory Fit. Pada aplikasi ini, saya dapat menemukan hasil pemantauan aktivitas tidur dari OASE Horizon W1 yang memperlihatkan kualitas tidur (Deep, Light, dan Awake) serta saran untuk membuat tidur menjadi lebih baik.

Untuk smartwatch dengan harga murah, hasil pemantauan tekanan darah, oksigen dalam darah, suhu tubuh, maupun kualitas tidur dari OASE Horizon W1 bisa dibilang baik. Saya juga dapat mengaktifkan latihan olahraga menggunakan aplikasi Glory Fit atau langsung di layar smartwatch.

OASE Horizon W1 Monitor

Apabila saya mengaksesnya melalui smartwatch, maka hanya perlu menekan tombol di bagian bawah dan langsung memiliki mode latihan olahraga dengan menyentuh layar. Namun saya juga dapat langsung memilih beragam mode olahraga di aplikasi Glory Fit dan langsung menekan tombol Start untuk memulai aktivitas.

OASE pun menghadirkan 24 pilihan mode latihan pada smartwatch ini mulai dari Lari di dalam atau luar ruangan, Berjalan, Bersepeda, Yoga, Berenang, Bola Basket, Bola Voli, Kriket, Tenis Meja, Baseball, Sit Up, Hoki, Sepakbola, Rugbi, Bulu Tangkis, dan masih banyak lagi.

Setelah olahraga dirasa cukup, maka saya langsung menekan tombol bagian atas di OASE Horizon W1 untuk menghentikannya. Nantinya informasi hasil olahraga yang telah dilakukan akan tersinkronisasi dengan aplikasi Glory Fit dengan informasi mengenai waktu, kalori terbakar, detak jantung, jumlah langkah, peta rute, dan lainnya tergantung dari olahraga yang dilakukan.

Daya tahan baterai OASE Horizon W1

Dengan baterai 160mAh, OASE Horizon W1 diklaim mampu bertahan selama 7 hari dalam pemakaian normal dengan berbagai sensor dan GPS aktif. Pada saat saya menggunakannya untuk aktivitas sehari-hari, smartwatch ini mampu bertahan hampir 6 hari dengan periode pemakaian tanggal 31 Mei hingga 5 Juni 2021 dari kondisi 100% ke 9%.

OASE Horizon W1 bisa dibilang tahan lama mampu bertahan hampir seminggu untuk aktivitas sehari-hari. Sementara pengisian daya baterai dari perangkat ini memakan waktu antara 2 jam hingga 2,5 jam.

Berbekal sertifikat IP67, OASE mengklaim perangkat ini mampu bertahan hingga kedalaman 1 meter dengan waktu maksimal 30 menit. Meskipun tidak saya gunakan untuk menyelam, namun OASE Horizon W1 masih dapat berfungsi dengan baik ketika terkena air hujan.

OASE-Horizon-W1-DiagonalSide

Selama pemakaian beberapa minggu, saya puas menggunakan OASE Horizon W1 untuk digunakan dalam aktivitas sehari-hari. Apalagi smartwatch ini mempunyai keunggulan pada pengukur suhu tubuh yang dapat secara otomatis mengukur secara rutin.

Tak hanya itu saja, smartwatch ini juga telah dibekali dengan beberapa fitur yang cukup lengkap mulai dari pemantau detak jantung, oksigen dalam darah, tekanan dalam darah, dan aktivitas tidur.

Keunggulan lainnya, OASE Horizon W1 memiliki daya tahan baterai lama yang terbukti dengan mampu bertahan selama 6 hari hanya dalam sekali cas saja. Produk ini pun dilengkapi dengan sertifikat IP67 yang membuktikan bahwa telah tahan air.

OASE-Horizon-W1-Wear

Notifikasi pesan, aplikasi, SMS, maupun panggilan telepon dari handphone yang muncul pada smartwatch ini pun terasa cepat sehingga membuat saya dapat mengetahui beragam pesan penting ketika sedang tidak berada di dekat handphone.

Namun perangkat ini mempunyai kekurangan pada strap atau tali berbahan silikon yang mudah tertempel noda atau debu. Sementara itu, OASE Horizon W1 hanya memiliki warna hitam saja padahal smartwatch OASE H12W yang merupakan generasi sebelumnya hadir dengan dua pilihan warna yang terdiri dari hitam dan putih.

Meskipun memiliki kekurangan, namun masih lebih banyak fitur-fitur menarik yang ditawarkan oleh smartwatch ini. Apalagi OASE Horizon W1 hanya dijual dengan harga Rp 699.000 di Indonesia. Dengan kata lain, perangkat ini mampu bersaing dengan smartwatch pada kisaran harga yang sama di Tanah Air.

Tinggalkan Komentar