Review Smartwatch

Review OASE Watch H12W – Smartwatch Murah dengan Fitur Lengkap

Review OASE Watch H12W Header

Gadgetren – Melihat perkembangan positif penggunaan smartwatch di Indonesia, PT. OASE Teknologi Asia (OASE) secara resmi telah meluncurkan produknya yang bernama OASE Watch H12W.

Sebagai smartwatch yang hadir di tahun 2020, OASE Watch H12W memiliki harga yang murah dan fitur yang lengkap. Secara desain, perangkat ini hadir dengan desain bulat layaknya sebuah jam tangan.

Ditambah lagi layar sentuh untuk navigasi antar menu membuatnya mudah untuk digunakan. Dengan fitur dan spesikasi yang ditawarkannya, apakah OASE Watch H12W mampu bersaing dengan smartband merek lain pada kisaran harga yang sama di Indonesia?

OASE Watch H12W
  • Layar - 8/10
    8/10
  • Performa - 9/10
    9/10
  • Baterai - 10/10
    10/10
  • Software - 9/10
    9/10
  • Desain - 9/10
    9/10
9/10

Kesimpulan

Meskipun mempunyai harga yang terjangkau, namun OASE berusaha menghadirkan cukup banyak fitur untuk menunjang aktivitas pengguna OASE Watch H12W. Bahkan daya tahan baterainya pun tergolong lama.

Pros

  • Daya Tahan baterai lama
  • Sertifikat IP67 Tahan Air
  • Banyak pilihan Watch Face
  • Terdapat pemantau kadar oksigen dalam darah
  • Terdapat pengukur tekanan darah
  • Dapat memantau aktivitas tidur

Cons

  • Tali berbahan silikon yang mudah tertempel debu atau noda

OASE-H12W-Off-Closeup

Smartwatch yang satu ini hadir dengan desain membulat mirip arloji dengan garis-garis menit dan jam di bagian bezelnya. Sementara bodinya menggunakan bahan Zinc Alloy yang kokoh, namun terasa ringan ketika disematkan pergelangan tangan.

Strap atau talinya menggunakan bahan silikon yang terasa nyaman ketika menyentuh kulit tangan. Namun, bahan ini membuat noda atau debu sangat mudah menempel pada strap. Kamu dapat membeli tali lain yang lebih menarik dari OASE langsung atau pihak ketiga karena proses penggantiannya sangat mudah.

Smartwatch ini hadir dengan dua pilihan warna yang terdiri dari Hitam dan Perak. Saya sendiri berkesempatan mencoba yang berwarna Hitam dan terasa maskulin ketika sudah disematkan pada pergelangan tangan. Sementara itu, OASE Watch H12W hadir dengan bodi berdiameter 42mm dan layar sentuh 1,28 inci yang beresolusi 240 x 240 piksel.

OASE-H12W-Wear

Bagian pinggir kanan bezelnya terdapat satu tombol yang digunakan untuk back. Pada layarnya saya akan langsung menemukan Watch Face yang menghadirkan tampilan jam digital, tanggal, persentase baterai, jumlah langkah, jumlah kalori terbakar, hingga cuaca. Watch Face juga dapat diganti pada aplikasi FitCloud Pro yang menjadi pasangan OASE Watch H12W di handphone.

OASE sendiri sudah menghadirkan lebih dari 20 Watch Face di aplikasi FitCloud Pro yang dapat kita pilih sesuai selera. Proses penggantian Watch Face ini pun mudah, dimana saya cukup memilih salah satu dan langsung menekan tombol sinkronisasi untuk menyematkannya di smartwatch.

Sementara itu, OASE Watch H12W dapat terhubung dengan handphone menggunakan koneksi Bluetooth. Selanjutnya, kita dapat mengunduh dan menginstal aplikasi FitCloud Pro dari Google Play Store untuk perangkat bersistem operasi Android 4.4 atau di atasnya dan Apple App Store untuk perangkat iOS 8.0 atau di atasnya.

OASE-H12W-Display-On

Dalam aplikasi FitCloud Pro, saya juga bisa melakukan pengaturan smartwatch hingga melihat data aktivitas sehari-hari. Pada saat saya menggeser atau swipe layar dari kiri ke kanan setelah tampilan Watch Face, maka akan muncul beragam menu OASE Watch H12W.

Di antaranya data olahraga, jenis latihan olahraga, pengukur detak jantung, pemantau aktivitas tidur, pengukur kadar oksigen dalam darah, tekanan darah, pengendali pemutar musik di handphone, stopwatch, pesan, pencari handphone, dan pengaturan.

Terlihat bahwa smartwatch ini hadir dengan fitur yang lengkap dalam menunjang aktivitas kebugaran dan olahraga harian. Pada masa pandemi COVID-19 ini, fitur pengukur kadar oksigen dalam darah (spO2) menjadi penting karena dapat mengukur saturasi oksigen sehingga mengetahui bahwa paru-paru sedang sehat atau tidak.

Menurut British Lung Foundation, tingkat saturasi oksigen normal di dalam darah berada sekitar 95 hingga 100 persen. Apabila tingkat saturasi oksigen seseorang di bawah persentase tersebut, maka mempunyai masalah paru-paru.

OASE-H12W-BackBody

Pada saat mengukur dengan OASE Watch H12W, saya sendiri berhasil mendapatkan skor di kisaran 96 hingga 99 persen. Dengan kata lain, kondisi paru-paru saya bisa dibilang cukup sehat untuk melakukan aktivitas sehari-hari.

Tidak hanya pengukur detak jantung dan tekanan darah, smartwatch ini juga dapat memantau aktivitas tidur saya mulai dari tidur lelap (deep sleep) dan tidur ringan (light sleep). Pada saat menggunakannya, OASE Watch H12W dapat memonitor tidur saya dengan cukup akurat.

Saya juga mengaktifkan berbagai macam pemantau aktivitas olahraga pada smartwatch ini mulai dari berjalan, berlari, menanjak gunung, bersepeda, bulutangkis, bola basket, dan elliptical. Nantinya bisa melihat akumulasi data dari hasil pemantau aktivitas olahraga, detak jantung, kadar oksigen dalam darah, aktivitas tidur, dan tekanan darah di aplikasi FitCloud Pro.

OASE Watch H12W FitCloud Pro

Menariknya lagi, layar OASE Watch H12W akan kembali aktif ketika pergelangan saya diputar dan menuju posisi untuk melihat layar. Dengan kata lain, kita tidak perlu repot menekan layar agar tampilan Watch Face dapat muncul.

Sementara itu, saya juga dapat mengatur agar smartwatch ini memberikan peringatan bahwa saya telah lama duduk atau sudah saatnya minum. Selain itu terdapat juga fungsi untuk mencari smartwatch di aplikasi FitCloud Pro dan mencari handphone di OASE Watch H12W.

Tentu saja fitur ini cukup berguna ketika lupa meletakkan handphone atau smartwatch di rumah, kantor, atau tempat lainnya.

OASE-H12W-WatchFace

Saya juga dapat mengendalikan pemutar musik pada handphone langsung dari OASE Watch H12W dengan fungsi seperti Play, Pause, Stop, Next, dan Rewind. OASE sendiri telah menghadirkan sertifikat IP67 pada smartwatch ini sehingga memungkinkannya untuk dibawa olahraga air, berenang, atau mandi sekalipun.

Smartwatch ini mampu bertahan selama 9 hari dengan beragam fitur aktif, terutama notifikasi pesan yang terus menerus masuk. Sementara itu, pengisian daya baterainya mampu berjalan cukup cepat mencapai 1 jam 30 menit.

OASE Watch H12W dijual dengan harga resmi Rp 899.000 di Indonesia. Berkat fitur yang cukup lengkap, harga yang ditawarkan pada smartwatch ini bisa dibilang murah. Dengan kata lain, produk ini bisa menjadi pilihan smartwatch di kisaran harga kurang dari Rp 1 juta.

Tinggalkan Komentar

1 Komentar