Tips dan Trik

Apa Itu Twitter Space dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Apa Itu Twitter Space Header

Gadgetren – Popularitas aplikasi Clubhouse beberapa waktu lalu menggoda banyak perusahaan teknologi (khususnya yang bergerak di bidang jejaring sosial) untuk mengembangkan layanan serupa.

Twitter pun termasuk salah satu di antaranya. Mereka bahkan sudah terlihat memperkenalkan dukungan mirip ruang obrolan Clubhouse dalam bentuk sebuah fitur yang diberi nama Space ke dalam layanannya.

Dengan menggunakan fitur khusus ini, para pengguna Android maupun iOS dapat menempuh cara baru dalam menikmati layanan Twitter yang sebelumnya hanya terbatas pada tulisan, gambar, maupun video.

Penasaran mengenai bagaimana cara kerja fitur ini? Bagaimana cara menggunakannya? Yuk simak pembahasan tentang apa itu Twitter Space informasinya secara lebih rinci.

Apa Itu Twitter Space?

Sederhananya, Twitter Space merupakan fitur khusus yang akan mengizinkan para pengguna untuk melakukan konferensi, diskusi, atau sekedar mengobrol melalui percakapan audio langsung.

Para pengguna tidak perlu memasang aplikasi tambahan agar bisa menggunakan fitur ini. Karena didukung secara langsung oleh layanan melalui pembaruan, kita hanya perlu menginstall versi anyar aplikasi Twitter untuk menikmatinya.

Untuk sekarang, fitur ini sayangnya baru tersedia dengan sangat terbatas. Hanya sekelompok kecil pengguna iOS maupun Android yang bisa membuatnya, meskipun semua orang sudah bisa bergabung, mendengarkan, dan berbicara di dalam Space.

Tidak seperti Clubhouse, fitur ini menariknya tidak membutuhkan sistem undangan. Space yang telah dibuat bahkan akan tersedia secara umum sehingga bisa diikuti oleh orang-orang tanpa perlu mengikuti pembuatnya.

Terdapat tiga jenis pembagian peran di dalam Space meliputi Host sebagai pembuatnya, Speaker untuk para pembicara, dan Listener bagi mereka yang hanya bergabung untuk mendengarkan.

Host dapat mengatur hingga 11 orang yang dapat berbicara dalam sebuah Space, termasuk dia sendiri dan 10 Speaker. Sementara untuk Listener, tidak ada batasan khusus sehingga bisa menampung semua pengguna Twitter yang ingin bergabung.

Space yang telah dibuat akan tersedia untuk semua orang selama Host belum mengakhirinya. Namun setelah berakhir, pengguna Twitter tidak akan menemukannya di lini masa dalam bentuk apapun (baik rekaman atau media lain).

Membuat Space pun bisa dilakukan dengan cukup mudah. Bagi pengguna yang sudah memperoleh dukungan khusus ini, berikut cara untuk melakukannya.

Cara Membuat dan Menggunakan Twitter Space

  1. Klik tombol Plus (ikon +)
    Apa Itu Twitter Space 1
  2. Pilih Space (ikon beberapa lingkaran membentuk berlian)
    Apa Itu Twitter Space 2
  3. Ketuk tombol Get Started jika baru pertama kali menggunakannya
    Apa Itu Twitter Space 3
  4. Masukkan judul pada kolom Name your space jika diperlukan
    Apa Itu Twitter Space 4
  5. Klik Start your space
  6. Undang Speaker dengan menekan tombol Guest Management (ikon dua orang) lalu klik Add speakers
    Apa Itu Twitter Space 5
  7. Jangan lupa mengaktifkan mikrofon untuk Speaker
  8. Host dapat mengatur lebih lanjut Space dengan mengetuk More Options (ikon titik tiga)
    Apa Itu Twitter Space 6
  9. Jika ingin berbicara, klik tombol Mic is off (ikon mikrofon disilang
    Apa Itu Twitter Space 7
  10. Untuk mengakhiri Space, ketuk tombol End
    Apa Itu Twitter Space 8

Space yang tersedia akan muncul di bagian atas halaman lini masa, menjadi satu dengan konten-konten Twitter Fleets. Pengguna yang ingin bergabung dapat mengetuknya, lalu menekan tombol Join this space.

Setelah bergabung, orang-orang pun bisa meminta akses sebagai Speaker dengan mengetuk tombol Request (ikon mikrofon). Jika ingin menyimak dalam bentuk tulisan, mereka pun bisa menekan tombol View Captions dengan syarat Host mengaktifkan opsi ini.

Tinggalkan Komentar