Mading Tips dan Trik

Berkenalan dengan Twitter Tips – Fitur Baru Untuk Menggalang Dana

Apa Itu Twitter Tips Header[Ilustrasi Oleh Pixabay]

Gadgetren – Kreator konten kini bakal lebih mudah untuk memperoleh tambahan penghasilan soalnya Twitter telah meluncurkan fitur Tips yang bertujuan untuk mudahkan mendapat pendanaan dari para pengikut.

Fitur baru tersebut kini sudah mulai tersedia secara global diawali dari perangkat berbasis iOS setelah memperkenalkan diri pada Mei 2021 silam dan diuji coba selama berbulan-bulan kepada sebagian kecil pengguna.

Bagi yang belum tahu, kita secara umum dapat menggunakan fitur tersebut untuk menggalang dana atau mengumpulkan donasi dari para pengikut di Twitter melalui sejumlah layanan keuangan digital termasuk yang memakai mata uang kripto.

Apa Itu Twitter Tips?

Twitter Tips adalah sebuah fitur yang akan mengizinkan kita memasang tautan ke akun pembayaran digital pihak ketiga di halaman profil. Orang-orang yang mengikuti kita nanti bisa lebih mudah memberikan uang tip atau menyumbang melalui saluran itu.

Setelah mengaktifkan fitur tersebut, tombol Tips (ikon uang) akan muncul di halaman profil tepatnya di samping foto avatar dan sejajar dengan keterangan Following maupun DM (Direct Message). Pengikut hanya perlu mengetuknya untuk memberikan dana sesuai platform yang ditambahkan.

Sampai saat artikel ini terbit, ada lebih dari sepuluh platform pembayaran digital yang bisa ditambahkan di Twitter Tips. Termasuk di antaranya seperti Bandcamp, Cash App, Chipper, Patreon, Razorpay, Wealthsimple Cash, Venmo, GoFundMe, PicPay, dan Strike.

Namun perlu diingat, tidak semua sistem pembayaran di atas berlaku secara Global. Beberapa di antaranya hanya bisa dipakai di sejumlah wilayah seperti Strike yang kini baru tersedia di El Salvador maupun Amerika Serikat (kecuali Hawaii dan New York).

Apa Itu Twitter Tips

Menariknya, tidak ada persyaratan khusus agar bisa menggunakan Twitter Tips. Setiap pengguna yang terdaftar dengan umur di atas delapan belas tahun dapat menerima maupun mengirim dana melalui fitur tersebut.

Twitter sendiri berjanji tidak akan memotong sedikit pun dana dari transaksi di dalamnya. Hanya saja, mereka mengingatkan bahwa ketentuan setiap platform pembayaran akan berbeda-beda dan mungkin menerapkan biaya administrasi.

Cara Menggunakan Twitter Tips

Mengaktifkan Twitter Tips

  1. Login ke dalam aplikasi Twitter dengan akun yang dimiliki
  2. Buka profil pribadi
  3. Ketuk tombol Edit Profile
  4. Ketuk tombol Off pada bagian Tip Jar
  5. Aktifkan opsi Allow tips
  6. Pilih sistem pembayaran yang akan ditautkan
  7. Masukkan nama pengguna untuk akun pembayaran terkait

Untuk menampilkan tombol Tips di profil, kita hanya perlu menambahkan satu akun pembayaran saja. Kita pun bisa menambahkan semua yang dimiliki asalkan didukung oleh fitur tersebut.

Mengirim Dana Dengan Twitter Tips

  1. Kunjungi halaman profil dari akun yang dimaksud
  2. Klik tombol Tips (ikon uang) di sebelah foto avatar
  3. Pilih saluran pembayaran yang dimiliki
  4. Ikuti langkah-langkah pada jendela yang muncul sesuai platform pembayaran terkait

Kemungkinan besar akan ada beberapa perbedaan mendasar ketika menggunakan setiap layanan pembayaran seperti dalam menentukan nominal transfer atau konfirmasi transaksi. Kamu tentu perlu menyesuaikannya supaya berhasil.

Twitter Tips sendiri tidak akan membatasi jumlah nominal transaksi pengiriman dana. Kita hanya saja perlu mematuhi ketentuan masing-masing layanan pembayaran yang mungkin menerapkan kebijakan berbeda dalam hal ini.

Fitur baru dari Twitter tersebut tentu akan menjadi langkah mudah untuk mengelola pendanaan. Kita bisa memakainya untuk bermacam hal seperti menggalang donasi maupun menerapkan biaya tiket keikutsertaan di Twitter Spaces.

Tinggalkan Komentar