Tips dan Trik

Fitur Baru, Apa Itu Twitter Fleets dan Bagaimana Cara Menggunakannya?

Twitter Fleets dan Cara Menggunakannya Header

Gadgetren – Twitter pada bulan Maret 2020 kemarin tercatat sedang menguji coba sebuah dukungan baru bernama Fleets. Setelah sekian lama, fitur ini kini akhirnya mulai tersedia secara resmi untuk pengguna umum.

Aoa yang ditawarkan oleh Twitter Fleets sendiri sebenarnya bukan hal baru di dunia media sosial. Fitur ini merupakan sebuah dukungan yang memiliki banyak kesamaan dengan Instagram, Facebook, maupun Snapchat Stories.

Bagi kamu yang pernah menggunakan fitur Stories di salah satu layanan tersebut pasti akan langsung familiar dengan Twitter Fleets.

Penjelasan Tentang Twitter Fleets

Twitter Fleets adalah sebuah fitur baru yang memungkinkan para pengguna Twitter secara umum dapat menggunakannya untuk membuat cuitan sementara yang akan menghilang sendiri dari lini masa setelah terbit selama 24 jam.

Twitter Fleets mendukung beberapa jenis konten selayaknya cuitan biasa di antaranya tulisan, foto, video, maupun cuitan orang lain dengan menggunakan fitur ini. Berbeda dengan cuitan biasa, interaksi yang dapat terjadi di dalamnya akan bersifat pribadi karena akan berlangsung melalui DM (Direct Message) atau sekedar reaksi berbentuk emoji.

Dengan demikian, pengguna bisa lebih nyaman untuk berbagi pikiran, opini, dan perasaan pribadi. Apalagi dalam ketentuannya, Twitter Fleets juga hanya bisa terlihat oleh pengikut jika menggunakan akun terproteksi.

Selain itu, Twitter Fleets pun mendukung sejumlah pengeditan selayaknya fitur Stories di layanan lain. Pengguna bisa menyesuaikan unggahannya dengan berbagai macam opsi teks dan latar belakang.

Setelah terbit, Twitter Fleets akan terlihat pada bar baru yang muncul di lini masa atau pengguna bisa melihatnya pada halaman profil dengan mengetuk foto profil dan memilih opsi See Fleets.

Cara Menggunakan Fitur Twitter Fleets

Fitur Twitter Fleets bisa diakses secara langsung dari halaman lini masa aplikasi. Kamu dalam hal ini bahkan hanya perlu mengetuk foto profil miliknya yang terdapat pada bar khusus dari dukungan baru tersebut.

Twitter Fleets dan Cara Menggunakan - 1

Setelah muncul halaman pembuatan Twitter Fleets, kamu kemudian dapat memilih Text jika ingin membagikan tulisan, Gallery untuk mengunggah foto atau video yang sudah ada, maupun Capture atau Video guna membuat unggahan dari kamera.

Twitter Fleets dan Cara Menggunakan - 2

Pengguna selanjutnya dapat mengeksplorasi berbagai macam perlengkapan yang ada. Saat sudah selesai, kamu hanya perlu mengetuk tombol Fleet untuk membagikannya.

Cara Berbagi Cuitan dengan Twitter Fleets

Selain bisa digunakan untuk membuat unggahan pribadi, Twitter Fleets menariknya juga dapat dipakai untuk membagikan cuitan milik pengguna sendiri maupun orang lain.

Untuk hal tersebut, kamu hanya perlu mengetuk tombol Share pada cuitan yang akan dibagikan kemudian memilih opsi Share in a Fleet dari pilihan menunya.

Twitter Fleets dan Cara Menggunakan - 3

Kamu selanjutnya dapat menyesuaikan unggahan dengan perlengkapan seperti Text atau Background dan mengakhirinya dengan menekan tombol Fleet jika sudah selesai.

Setelah berhasil membagikannya, kamu dapat mengetahui siapa saja yang telah melihat unggahan dengan menekan tombol Seen By pada Twitter Fleets yang dimaksud.

Tinggalkan Komentar