Aplikasi Tips dan Trik

Punya Banyak Undangan? Begini Cara Invite Teman di Layanan Clubhouse

Cara Invite Teman di Clubhouse Header

Gadgetren – Berbeda dari layanan jejaring sosial pada umumnya, Clubhouse sekarang masih tersedia secara eksklusif untuk para pengguna perangkat seluler buatan Apple melalui sistem undangan.

Orang-orang yang ingin bergabung ke dalamnya harus menggunakan iPhone, iPod Touch, atau iPad dengan sistem operasi minimal iOS 13. Selain itu, mereka juga perlu sebuah undangan dari seseorang yang sudah menjadi pengguna layanan tersebut.

Pada umumnya, undangan akan dikirim melalui sebuah pesan. Pengguna yang mendapatkannya bisa mengetuk tautan di dalam pesan tersebut untuk mengunduh aplikasi Clubhouse dari App Store dan mengklaim nama pengguna.

Pengguna selanjutnya dapat memilih sejumlah topik yang diminati agar nanti mendapatkan rekomendasi perbincangan yang sesuai karena ada banyak jenis pembahasan di dalam aplikasi ini, mulai dari yang berat hingga ringan dan bahkan ruang tanpa obrolan.

Setelah berhasil menjadi anggota Clubhouse, pengguna menariknya juga berkesempatan untuk mengundang teman, kerabat, atau keluarga agar bisa ikut bergabung ke dalamnya. Caranya cukup mudah, tetapi kamu bisa mengikuti informasi berikut jika masih bingung.

Sistem Undangan di Aplikasi Clubhouse

Sama seperti seseorang yang mengundangnya, setiap pengguna baru di jejaring sosial milik Alpha Exploration Co. ini pada awalnya akan memperoleh dua kesempatan untuk mengundang orang lain ke dalam layanan.

Mereka dapat memanfaatkan undangan tersebut untuk mengajak lebih banyak orang menikmati berbagai macam pembahasan menarik di dalam ruang-ruang obrolan yang tersedia di dalam aplikasi Clubhouse.

Undangan uniknya dapat digunakan kepada siapa pun yang belum terdaftar ke dalam layanan ini, bahkan untuk orang asing. Namun dengan catatan, nomor teleponnya sudah tersimpan di dalam kontak handphone.

Karena masih tersedia bagi banyak orang melalui sistem undangan, Alpha Exploration Co. pun menyematkan fitur khusus ke dalam aplikasi Clubhouse agar pengguna bisa lebih mudah saat melakukannya.

Cara Mengundang Teman di Clubhouse

  1. Simpan nomor ke dalam buku telepon jika belum memilikinya
  2. Buka aplikasi Clubhouse
  3. Ketuk menu berikon Amplop yang terletak di bagian atas
  4. Jika aplikasi meminta akses ke buku telepon, ketuk tombol yang sesuai
  5. Cari kontak yang ingin diundang ke Clubhouse
  6. Klik Invite yang terletak di sebelah nama kontak terkait
  7. Kirim pesan yang terbentuk setelahnya

Di halaman undangan ini, pengguna akan menjumpai semua daftar kontak yang tersimpan. Untuk mempermudah pencarian, kamu pun dapat menggunakan fitur kolom penelusuran yang tersedia di dalamnya.

Setiap berhasil mengirimkan pesan, jumlah undangan yang tersisa pun akan berkurang. Para pengguna tentu tidak akan diizinkan untuk membuat pesan undangan lain ketika jatahnya sudah habis.

Cara Mendapatkan Lebih Banyak Undangan di Clubhouse

Para pengguna tak perlu khawatir akan kehabisan jatah undangan. Meskipun pada awalnya hanya punya dua kesempatan, pengguna bakal mendapatkannya lagi apabila mereka rajin dan aktif di dalam Clubhouse.

Hanya saja sampai pada saat tulisan ini diterbitkan, saya sendiri tidak mengetahui pasti berapa jumlah undangan yang akan diterima oleh pengguna saat aktif di layanan jejaring sosial berbasis audio ini. Untungnya, kamu bisa mengeceknya melalui aplikasi secara langsung.

Cara Mengecek Sisa Undangan di Clubhouse

  1. Buka aplikasi Clubhouse
  2. Klik tombol Amplop seperti saat ingin mengirim undangan
  3. Cek jumlah sisa undangan pada bagian atas halaman

Sisa undangan umumnya akan tertulis dengan format “You have xx invites” dimana xx menunjukkan jumlahnya. Sementara saat sudah habis, kamu akan menjumpai keterangan “You have no invites left” dan halaman tak akan menampilkan daftar kontak dari buku telepon.

Dengan limitasi jumlah undangan yang ada di dalamnya, Clubhouse uniknya mempunyai dukungan untuk mengundang kembali orang yang sama ketika mereka lupa mengetuk tautan atau pesannya sudah hilang sebelum menggunakannya.

Cara Mengirim Ulang Undangan di Clubhouse

  1. Jalankan kembali aplikasi Clubhouse
  2. Masuk ke bagian undangan dengan mengetuk tombol Amplop di bagian atas
  3. Cari dan tekan tombol See pending invites
  4. Di halaman yang muncul selanjutnya, kamu akan menjumpai daftar undangan yang masih tertunda
  5. Cari nama pengguna yang ingin dikirim ulang
  6. Klik tombol Send Reminder yang terletak di sebelah nama pengguna terkait
  7. Kirim pesan yang terbentuk selanjutnya

Dengan begitu, orang yang sebelumnya melewatkan undangan dapat kembali memperoleh pesan berisi tautan pendaftaran keanggotaan Clubhouse sehingga mereka bisa segera bergabung ke layanan.

Yang sangat menggoda, nama pengguna akan dicatut ke dalam profil orang lain jika mereka yang mengundangnya. Kamu bisa mengeceknya secara langsung ke halaman profil dari orang yang kamu undang bila penasaran.

Cara Melihat Nama Pengundang dari Pengguna Clubhouse

  1. Buka aplikasi Clubhouse
  2. Cari dan buka profil yang dimaksud
  3. Setelah profil terbuka, gulir ke bawah sampai menemukan bagian tanggal bergabung

Selain dapat melihat kapan akun tersebut mulai bergabung ke dalam layanan Clubhouse, kamu akan menjumpai keterangan Nominated by yang menunjukkan nama pengundangnya. Jika kamu yang melakukan hal itu, maka nama penggunamu yang akan tampil di bagian ini.

Clubhouse merupakan aplikasi media sosial yang cukup menarik untuk digunakan. Sayangnya, ketersediaannya masih terbatas di satu platform sehingga kamu pun tidak bisa mengundang semua orang.

Tinggalkan Komentar