ASUS Zenbook 14 OLED UM3406
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Suara dan Getar Keyboard HP Samsung

Cara Mematikan Suara dan Getar Keyboard Samsung - Header

Gadgetren – Berbekal antarmuka sistem One UI, berbagai ponsel buatan Samsung meluncur dengan dilengkapi sebuah keyboard bawaan yang menawarkan dukungan dan fitur semakin mutakhir.

Namun sama seperti keyboard bawaan ponsel pada umumnya, papan ketik Samsung tersebut biasanya membawa dukungan umpan balik berupa suara dan getar. Keduanya akan aktif secara mendasar sejak perangkat pertama kali digunakan.

Bagi mereka yang tidak terbiasa dengan umpan balik suara dan getar, kedua dukungan ini sayangnya akan terasa cukup mengganggu. Oleh karena itu, banyak di antara kita yang berusaha untuk menonaktifkan pengaturannya.

Cara Mematikan Suara Keyboard Samsung

  • Kunjungi halaman Settings.
  • Buka pengaturan Sounds and vibration.
  • Masuk ke menu System sound.
  • Matikan opsi Samsung Keyboard.

Pada sistem lawas Samsung, pengaturan keduanya dulu bisa ditemukan dalam sebuah menu yang disebut System sound/vibration control. Namun, kini sedikit berubah karena opsi untuk menonaktifkan suara dan getar dibuat terpisah meskipun sama-sama masih dalam bagian Sounds and vibration.

Kita kini dapat mematikan suara keyboard Samsung melalui menu System sound seperti ulasan di atas. Sementara untuk pengaturan suara, kita secara khusus dapat menemukannya di bagian System vibration.

Cara Mematikan Getar Keyboard Samsung

  • Masuk ke bagian Sounds and vibration di halaman Settings seperti ulasan sebelumnya.
  • Buka menu System vibration.
  • Nonaktifkan opsi Samsung Keyboard.

Selain dapat membuat pemakaian keyboard menjadi semakin nyaman, mematikan umpan balik suara dan getar secara teknis juga akan mengurangi konsumsi daya pada perangkat. Baterai ponsel Samsung pun bisa menjadi lebih awet.

Sebagai tambahan, kita dapat menyempurnakan pengaturan ini dengan mematikan umpan balik suara dan getar untuk dialpad atau papan tombol panggilan telepon. Opsi setelannya pun bisa ditemukan di halaman System sound maupun System vibration dengan nama Dialing keypad.

Walaupun sebagian orang lebih suka untuk mematikannya, umpan balik suara dan getar untuk keyboard maupun dialpad sebenarnya termasuk salah satu fitur yang dirancang untuk memudahkan para pengguna.

Dengan fitur ini, kita misalnya bisa lebih mudah untuk memastikan apakah tombol pada keyboard dan dialpad sudah tersentuh atau belum. Jadi nanti bisa mengetik tanpa melewatkan karakter apa pun.

ASUS Zenfone 11 Ultra

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar