ASUS TUF Gaming FX507
Tips dan Trik Handphone

Cara Mematikan Suara dan Getar Keyboard Samsung Agar Tidak Mengganggu

Cara Mematikan Suara dan Getar Keyboard Samsung - Header

Gadgetren – Suara dan getar yang muncul ketika kita menggunakan keyboard bawaan di ponsel-ponsel buatan Samsung sebenarnya termasuk salah satu fitur tambahan yang dirancang untuk memudahkan pengguna.

Dengan adanya fitur suara dan getar tersebut, kita soalnya bisa menerima umpan balik yang bisa digunakan untuk memastikan apakah tombol pada Keyboard Samsung sudah tersentuh atau belum. Jadi nanti tidak ada huruf yang terlewatkan ketika mengetik sesuatu.

Hanya saja, hal itu mungkin tidak berlaku untuk semua orang. Bahkan tidak menutup kemungkinan bahwa ada sebagian di antara kita yang justru merasa kalau kedua fitur keyboard bawaan Samsung tersebut cukup mengganggu ketika digunakan.

Suara dan getar yang dihasilkan dari keyboard memang dapat membuat proses mengetik terasa kurang nyaman jika belum terbiasa. Di samping itu, kedua dukungan tersebut juga dapat menyebabkan konsumsi daya pada perangkat semakin meningkat sehingga baterai pun lebih cepat habis.

Sama seperti kebanyakan antarmuka sistem Android, One UI untungnya juga dilengkapi dengan pengaturan khusus yang bisa dipakai untuk menonaktifkan kedua fitur tersebut. Kita pun bisa mengaksesnya dengan cukup mudah saat merasa terganggu.

Cara Mematikan Suara Keyboard Samsung

  • Buka halaman Settings.
  • Masuk ke bagian Sounds and vibration.
  • Ketuk menu System sound.
  • Matikan opsi di samping Samsung Keyboard.

Perlu diingat bahwa tata letak penempatan pengaturan suara keyboard Samsung lumayan berbeda untuk masing-masing model ponsel tergantung versi One UI yang digunakan. Pada antarmuka generasi baru, kita secara khusus bisa menemukannya seperti langkah-langkah di atas.

Sementara pada antarmuka One UI yang lebih lama, kita bisa menemukan setelan untuk mengaktifkan dan mematikannya menjadi satu dengan pengaturan getar. Kita pun bisa mengaksesnya pada halaman System sound/vibration control yang terletak di menu Sounds and vibration.

Cara Mematikan Getar Keyboard Samsung

  • Akses halaman Sounds and vibration di Settings.
  • Pilih menu System vibration.
  • Nonaktifkan opsi di sebelah Samsung Keyboard.

Karena perbedaan tata letak penempatan pengaturan ini, mematikan getar Keyboard Samsung pun memerlukan langkah-langkah yang lumayan berbeda. Kita kini bahkan akan menemukan setelan untuk mematikan dan mengaktifkannya pada submenu terpisah sebagaimana ulasan di atas.

Baik cara mematikan suara maupun getar di atas sayangnya hanya berlaku untuk kamu yang setia memakai keyboard bawaan Samsung. Apabila memakai aplikasi lain seperti SwiftKey atau Google Keyboard maka kamu dapat mengecek pengaturannya pada layanan terkait.

Tentang penulis

Sukindar

Penulis Gadgetren yang aktif membuat konten tentang panduan teknologi mulai dari cara menggunakan hingga membahas istilah-istilah khusus di dalamnya.

Tinggalkan Komentar